Implementasi pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 4 Malang / Imrohma
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
---|---|
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16400/ |
Daftar Isi:
- 4ABSTRAKImrohma.2009.ImplementasiPembelajaranMatematikaRealistikIndonesia(PMRI)UntukMeningkatkanAktivitasBelajarMatematikaPadaSiswaKelasVIIISMPN4Malang.SkripsiJurusanMatematikaProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyanaM.Pd(II)Drs.H.A.R.AsariM.PdM.A.KatakunciPembelajaranMatematikaRealistikIndonesia(PMRI)AktivitasBelajarSiswaBerdasarkanhasilobservasiawaldanwawancaradengangurumatematikakelasVIIIDSMPNegeri4MalangdiperolehinformasibahwagurumenerapkanpendekatanpembelajaranMatrmatikaRealistikIndonesia(PMRI)dalampembelajaranMatematika.DalampelaksanaanpembelajarandenganpendekatanPMRIinisiswapasifdansedikitsekaliaktivitasbelajaryangdilakukan.Siswayangaktifhanyadidominasiolehsiswayangtergolongpandai.Olehkarenaitupenelititertarikuntukmenemukanbagaimanacaraagarsiswayanglainjugaikutterlibataktifdalampembelajaranmatematika.Permasalahandalampenelitianiniadalahuntukmemecahkanmasalahpenelitian.BagaimanaImplementasiPembelajaranMatematikaRealistikIndonesia(PMRI)untukmeningkatkanaktivitasbelajarmatematikasiswakelasVIIIDSMPN4Malang.Penelitimenerapkanpenelitiantindakankelas(PTK)untukpemecahanpermasalahanpenelitianini.Sikluspertamapenelitimenerapkankuponbertanyadalampembelajaranyaitusetiapsiswamempunyaiduakuponbertanya.Akantetapihasilpenelitianpadasikluspertamainitidakmemenuhikriteriakeberhasilansuatutindakan.Meskipunaspekkeaktifan80%dengantarafkeberhasilanbaiktetapiaspekpenyelesaiantugashanya50%dengantarafkeberhasilancukupdanaspekdiskusi60%dengantarafkeberhasilancukup.Sehinggasiklustersebutbelumdapatdikatakanberhasilmakadiadakansiklus2untukperbaikan.Aktivitasbelajarsiswameningkatpadasiklus2yaituaspekkeaktifan933%dengantarafkeberhasilansangatbaikaspekpenyelesaiantugas90%dengantarafkeberhasilansangatbaikdanaspekdiskusi84%dengantarafkeberhasilanbaik.BerdasarkanuraiandiatasdapatdisimpulkanbahwapemecahanmasalahpenelitianBagaimanaImplementasiPembelajaranMatematikaRealisticIndonesia(PMRI)untukmeningkatkanaktivitasbelajarmatematikasiswakelasVIIIDSMPN4Malangyaitudenganmenerapkankartukuponbertanyapadasetiapsiswadalampembelajaran.KuponiniakanmembatasidominasianggotakelompokdanmendorongsiswalainuntukaktifdalampenerapanPembelajaranMatematikaRealistikIndonesia(PMRI).