Penerapan pembelajaran problem solving model Polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa SD pada pokok bahasan luas permukaan, volume balok dan kubus / Irawati Dwi Anggraeni
Main Author: | Irawati Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16390/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggraeniIrawatiDwi.2009.PenerapanPembelajaranProblemSolvingModelPolyaUntukMeningkatkanKemampuanMemecahkanMasalahBagiSiswaSDpadaPokokBahasanLuasPermukaanVolumeBalokDanKubus.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.CholisSadijahM.PdM.A(II)Drs.AskuryM.Pd.KataKunciproblemsolvingmodelPolyaLangkah-langkahdalampembelajaranproblemsolvingmenurutPolyaada4yaitumemahamimasalahmenentukanstrategipenyelesaianmasalahmenyelesaikanstrategipenyelesaianmasalahdanmemeriksakembalijawabanyangdiperoleh.Pembelajaraninidimulaidenganpemberianmasalahkemudiansiswaberlatihmemahamimenyusunstrategidanmelaksanakanstrategisampaidenganmenarikkesimpulan.Gurumembimbingsiswapadasetiaplangkahproblemsolvingdenganmemberikanpertanyaanyangmengarahpadakonsep.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanpembelajaranproblemsolvingmodelPolyasertapeningkatanhasilbelajarsiswasetelahmengikutikegiatanpembelajaran.PenelitianinidilaksanakandiSDNegeri01TawangrejoMadiuntanggal14Meisampai5Juni2009.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianiniterdiridarisiklusIdansiklusII.TingkatkeberhasilanpadapenelitianinidapatdilihatdaripeningkatanhasilbelajarsiswadalammenyelesaikansoalpemecahanmasalahsertaketuntasanbelajarsiswadarisiklusIkesiklusII.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswaadalahtespadaakhirmasing-masingsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranproblemsolvingmenurutPolyadapatmeningkatkankemampuansiswadalammemecahkanmasalahmatematika.HasilbelajarsiswapadasiklusImeningkatsebesar17yaitudari724menjadi741.SedangkanpadasiklusIImeningkatsebesar39yaitudari741menjadi78.Denganpembelajaraninisiswalebihtelitidalammengerjakansuatusoalsehinggatingkatkesalahandalammengerjakansoaljugaberkurang.