Meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair square / Septi Triwahyu
Main Author: | Septi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16382/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTriwahyuSepti.2009.MeningkatkanMotivasiBelajarMatematikaSiswamelaluiPembelajaranKooperatifTipeThinkPairSquare.SkripsiMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyanaM.Pddan(II)INengahPartaS.PdM.Si.KatakuncimeningkatkanmotivasibelajarpembelajarankooperatiftipeThinkPairSquareMotivasibelajarsiswamerupakansesuatuyangsangatpentinguntukkegiatanbelajarsiswa.Halinikarenadenganadanyamotivasibelajarakantimbulkegiatanbelajardalamdirisiswadanmenjaminkeberlangsungankegiatanbelajartersebut.Motivasibelajarsiswaakanmeningkatjikasiswadilibatkansecaraaktifdalamprosespembelajaran.ThinkPairSquareadalahtipepembelajarankooperatifyangmengoptimalkanpartisipasisiswadalamprosespembelajaran.Dengandemikiansiswadituntutuntukaktifselamaprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmemperolehlangkah-langkahpembelajarankooperatifdengantipeThinkPairSquareyangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasXIIPA4SMANegeri1Kepanjen.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatif.Jenispenelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas(PTK).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPA4SMANegeri1Kepanjen.PenelitiandilakukanpadabulanMaretsampaidenganMei2009dalam2tahapyaitutahappratindakandantahappelaksanaantindakan.Tahappelaksanaantindakandilaksanakandalam2siklussiklus1dilaksanakandalamempatkalipertemuandansiklus2dilaksanakandalamduakalipertemuan.Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwalangkah-langkahpembelajarankooperatifdengantipeThinkPairSquareyangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasXIIPA4SMANegeri1Kepanjenadalah(1)tahapThink(berpikirindividu)yaitutahapsaatsiswamenyelesaikanpermasalahanyangdiberikangurusecaraindividudenganmenuliskanhasilpenyelesaiannyapadaLKSnyamasing-masing(2)tahapPair(berpikirsecaraberpasangan)yaitutahapsaatsiswaberpasangandengansiswalaindalamkelompokberempatnyadanmendiskusikanpenyelesaianpermasalahanyangdiberikangurupasangansiswaditentukanolehwarnasampulpadaLKSnyamasing-masingpadatahapinisiswalevelrendahdipasangkandengansiswalevelsedangsedangkansiswaleveltinggidipasangkandengansiswalevelsedang(3)tahapSquare(sharing/berbagidalamkelompokberempat)yaitutahapsaatsiswasharing(berbagi)dansalingmengemukakanpendapatdalamkelompokberempatnyadan(4)tahappresentasihasilkerjakelompokyaitutahapsaatsiswamempresentasikanhasilkerjakelompokberempatnyadidepankelaspadatahapinisiswayangmenjawabpertanyaankelompoklainmemberikankontracontohdanbertanyaakanmendapatkanpoin.PenguranganaktivitaspadaLKSyangbersifatlatihansoaldapatmemberikanwaktuyanglebihbanyakpadasiswauntukmendiskusikanpenyelesaianmasalahyangdiberikangurusehinggamotivasisiswadapatmeningkat.ABSTRACTTriwahyuSepti.2009.ImprovingStudentsMathematicsLearningMotivationbyCooperativeLearningwithThinkPairSquareType.SarjanasthesisMathematicsMathematicsandScienceFacultyStateUniversityofMalang.Advisor(I)Drs.DwiyanaM.Pdand(II)INengahPartaS.PdM.Si.KeyWordsimprovinglearningmotivationcooperativelearningThinkPairSquaretypeStudentslearningmotivationisimportantthinginlearningprocess.Itsbecauselearningmotivationcancausethestudentslearningbythemselfandthisactivitywillbedonecontinually.Studentslearningmotivationwillbeincreasedifthestudentsdothelearningprocessactively.ThinkPairSquareiscooperativelearningtypethatcanmakethestudentsdotheactivitymaximallyinlearningprocess.Sothatthestudentsmustbeactiveduringthelearningprocess.ThisresearchwantstogettheprocedureofcooperativelearningwithThinkPairSquaretypethatcanimprovethestudentslearningmotivationofXIIPA4classinSMANegeri1Kepanjen.Thisresearchusesqualitativeandquantitativeapproach.Thetypeofthisresearchisclassroomactionresearch.ThesubjectofthisresearchisthestudentsofXIIPA4SMANegeri1Kepanjen.ThisresearchwasdoneonMarchuntilMay2009withtwostepsthatisthepreactionstepandtheactionstep.Theactionstepwasdoneintwocyclesthefirstcycleconsistof4meetingsandthesecondcycleconsistof2meetings.TheresultofthisresearchcanbeconcludedthattheproceduresofcooperativelearningwithThinkPairSquaretypethatcanimprovethestudentslearningmotivationofXIIPA4classinSMANegeri1Kepanjenare(1)Thinkstep(thinkbythemself)inthisstepthestudentsmustsolvetheproblemsthataregivenbytheirteacherindividuallywithwrittentheresultintheirownworksheet(2)Pairstep(thinkwiththeircouple)inthisstepthestudentsmustdiscusstheresultoftheproblemsthataresolvedinthinkstepwiththeircouplethecoupleisthestudentthathastheworksheetwiththesamecolorthestudentwiththelowlevelwillbepairedwiththestudentwithmediumlevelandthestudentwithhighlevelwillbepairedwiththestudentwithmediumlevel(3)Squarestep(sharingingroup)inthisstepthestudentscanshareanddiscusstheresultoftheproblemsintheirgroupand(4)presentationoftheresultgroupstepinthisstepthestudentscanpresenttheirresultoftheproblemswiththeirgroupinfrontoftheclassthestudentsthatcananswerthequestionfromtheothergroupgiveanalternativeexampleandgivequestionwillgetpoint.Theevaluationactivitiesintheworksheetarereducedsothatthestudentswillhavemuchtimetosharethesolutionoftheproblemswhicharegivenbytheteachersothatthestudentslearningmotivationcanincrease.