Pengembangan inventori tipe kepribadian dalam bentuk software untuk siswa Sekolah Menengah Atas di Blitar / Agustin Dana Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Agustin Dana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/1637/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPratiwiAgustinDana.2009.PengembanganInventoriTipeKepribadianDalamBentukSoftwareUntukSiswaSekolahMenengahAtasDiBLITAR.SkripsiJurusanBimbinganKonselingdanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.WidadaM.Si(II)Drs.HariadiKusumaKatakuncitipekepribadianinventorisoftwarePsikologikepribadianmerupakansebuahilmupengetahuanyangsangatkuatberdasarpadapengalamankehidupansehari-hari.Didalamkehidupansehari-harisetiaporangkuranglebihmemperolehpengetahuantentangmanusiaatauoranglain.Karenasetiapharikitabergauldenganbanyakorangdengandirikitasendiridandenganoranglain.Dengandemikiankitamemperolehpengalaman-pengalaman.Sampaitaraftertentukitamengenaldirikitasendiridanmengenaloranglain.Apabilatidakdemikiankitatidakmungkindapathidupnormal.Karenasituasikehidupanmintamisalbahwakitaharusmempunyaiperasaanterhadapreaksioranglain.Tetapikadangkitatidakdapatmemahamiperasaandanreaksioranglain.Halinimerupakanhalyangspontanyangadadalamkehidupankeluargapergaulansekolahdanlainsebaginya.Didalamkehidupansehari-hariitukitatidakhanyamemahamioranglaintetapijugadirikitasendiri.Didalamsetiaptindakankitatanpasadarkitaselalumemperhitungkanapayangdapatkitaselesaikanapayangbaikbagikitadanlainsebagainya.Jadikitajugamempunyaipengetahuantentangdirikitasendiri.Pengetahuantentangmanusiayangmenyangkutdirikitadanoranglainitusangatlahmembantukitauntukmenyelaraskandanmenyeimbangkandirikitadidalamberbagaimacamsituasi.UntukitupenelitimengembangkaninventoritipekerpibadiandalambentuksoftwaredimanaataudapatdikatakansaatinibelumadainventoritentangkpribadiaansiswakhususnyasiswaSMAmaupunyangsederajat.TipekepribadianyangdigunakandalampenelitianiniadalahtipekepribadianmenurutHippocrates-Gallenusyangdibagimenjadiempatyaitusanguinis(kepribadianpopular)melankholis(kepribadiansempurna)koleris(kepribadiankuat)phlegmatis(kepribadiandamai.Inventoriadalahalatpengumpuldatayangberisisejumlahpernyataan-pernyataanyangharusdipilihdandiisiolehindividusesuaidengankedaandirinya(Oppenheim1966).Sedangkansoftwareadalahsekumpulandariperintah/fungsiyangditulisdenganaturantertentuuntukmemerintahkomputeruntukmelaksanakantugastertentu.Softwaredapatdigolongkandalambeberapajenisantaralainsisteminformasiaplikasiutilitasdanbahasa(Leman1998).Softwaremerupakanbagiandarisebuahsisteminformasiyangbertujuanuntukmenyajikandata/informasi.TujuanpengembangandilakukanuntukmenghasilkaninventoritipekepribadiandalambentuksoftwarebagisiswaSekolahMenengahAtasyangmemilikivaliditasdanreabilitasyangbaiksehinggadapatdigunakankonselordalammemberikanlayananbimbinganpribadisosial.MetodepengembanganinventoritipekepribadianinimenggunakanmodelpengembanganyangdikembangkanolehBorgGall(1983).Modelinidinamakanpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopment)yangterdiriidari10langkahpengembanganyaitu1)penelitiandanpengumpulaninformasi2)perencanaan3)pengembangan4)ujipermulaanyaitudenganahli5)revisiprodukutama6)ujilapanganutama7)revisiprodukoperasional8)ujilapanganoperasional9)revisiprodukakhirdan10)implementasiSubjekdalampenelitianiniadalahsiswaSMANegeri2BLITAR.SMANegeri2BLITAR.PopulasiyangdijadikansubjekpengembanganadalahsiswaSMAN2BlitarkelasXI.HalinididasarkanpadapertimbanganbahwakelasXItelahmampumenyesuaikandiridengankeadaandilingkungansekolahdanmemilikirealisasiyangbaikdalamkehidupandisekolahnya.BagisiswakelasXtidakdimasukkanpopulasisebabkelasXdianggapmasihdalamtarafpenyesuaiandiripadalingkungansekolahyangakanmempengaruhirealisasiterhadapeksistensidirinya.SedanguntukkelasXIIdalampersiapanmenghadapiujianakhir.PengembanganinventoritipekepribadiandalambentuksoftwareyangdikembangkanolehpenelitiinimemilikimanfaatsebagaiberikutSecarateoritiskonselordapatmemanfaatkaninventoritipekepribadiansebagaiinstrumenpengumpuldatauntukmengungkapdanmengetahuikarakteristikdarisiswadalamhaliniadalahtipekepribadiandarisiswa.Secarapraktis1)denganmenggunakansoftwarekonselordapatmeningkatkanefektifitasdanefisiensikerjanyakhususnyadalammelancarkandanmenganalisistipekepribadiansiswa2)inventoritipekerpibadiandapatmenjadisalahsatudasaruntukmenyusunprogramlayananpribadisosialbagisiswa3)siswalebihmudahuntukmengetahuitipekepribadianyangdimilikidaninventoritipekepribadianinidapatmembantusiswamemahamidirinyadalammengembangkankepribadiannya.Berdasarkanujivaliditasdariujilapanganutamadiketahuitingkatsignifikasidarisetiapitempernyataanyangada.Dari80itempernyataanyangsubyekpenelitiansebanyak62siswadiperolehbahwasemuanyavalidkarenaitempernyataandinyatakanvalidapabilap8804005ataurHitung8805rTabel.Sedangkanreliabilitasdinyatakandengankoefisienreliabilitasyangangkanyaberadadalamrentang0(nol)sampaidengan0.99.Semakintinggikoefisienreliabilitasnyamendekati100makasemakintinggireliabilitasnya.Sebaliknyakoefisienyangsemakinrendahmendekatiangka0(nol)berartisemakinrendahreliabilitasnya.Bagipenelitianselanjutnyakhususnyamengenaitipekepribadianhendaknyamenindaklanjutidenganterusdiadakannyapengembanganbaikdalamkonstrukteoritispenulisanbutir-butirpernyataanisibutirpernyataansubyekyangdigunakandanteknikanalisisnyasehinggadapatmenggambarkansebagaiseperangkatalatukurpsikologis.Dalampengembanganinventoripenelitiperlulebihmemperhatikanmengenaivaliditasdanreliabilitasnyasertaintrumenyangdikembangkanperludiujiahlikanberulangkalisupayamendapatkanhasilyanglebihbaikdaninventorilayakdipakai.