Pengembangan model supervisi artistik dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di Surabaya / Nafiah
Main Author: | Nafiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/161964/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANNafiah.2019.PengembanganModelSupervisiArtistikdalamPeningkatanKompetensiPedagogikGuruSekolahDasardiSurabaya.DisertasiProdiS3ManajemenPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.IbrahimBafadalM.PdPembimbing(2)Dr.H.ASupriyantoM.Pd.M.SiPembimbing(3)Dr.H.ImronArifinM.PdKataKunciSupervisiArtistikKompetensiPedagogikGuruSekolahDasarModelsupervisiartistikmerupakanpelaksanaansupervisiyangholistikyangmenekankanpadasensitivitasperseptivitasdanpengetahuansupervisoruntukmelihatseluruhkegiatanpembelajaranyangterjadidikelas.Kompetensipedagogikgurumerupakankemampuangurumengelolapembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalah(1)menghasilkanbukumodelsupervisiartistikdalammeningkatkankompetensipedagogikgurusekolahdasar(2)menghasilkanbukupanduanmodelsupervisiartistikuntukkepalasekolahdalammeningkatkankompetensipedagogikgurusekolahdasar(3)menghasilkanbukupendukungmaterikompetensipedagogikgurusekolahdasaruntukkepalasekolah(4)mengetahuitingkatkeefektifanmodelsupervisiartistikdalammeningkatkankompetensipedagogikgurusekolahdasar(5)mengetahuipengaruhmodelsupervisiartistikterhadapkompetensipedagogikgurusekolahdasar.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatifdenganmenggunakandesainpenelitiandanpengembangan(RD).Langkah-langkahpenelitiandanpengembanganyangpenelitilakukanadalahmelakukananalisiskebutuanprodukyangakandikembangkanmengembangkanprodukawalvalidasiahlidanrevisiujicobalapanganskalakecildanrevisiprodukujicobalapanganskalabesardanrevisiprodukakhir.PenelitianinidilakukandibeberapaSDdiSurabayayaitu1)untukpenelitianawaldilakukandiSDIslamWachidHasyimSDIslamTarbiyatulAthfalSDNMargorejoVISDIslamJiwaNalaSDYamassaSDNKendangsariIIIMIAl-BukhoriSDLabSchoolUNESASDIslamRadenPatahSDNTropodoII2)untukujicobaskalakecildilakukandiSDKhadijahSurabayadanSDMuhammadiyah7Surabaya3)untukujicobaskalabesardilakukandiSDNMargorejo1SurabayaSDNSidosermo1SurabayaSDNMargorejoIIISurabayaSDNTaqumaSurabayaSDNProklamasiSurabayaSDNNgagelrejoIIISurabayaSDNJagir1Surabaya.Teknikpengumpulandatapadapenelitianiniadalahmenggunakanangketdokumentasilembarobservasidanwawancara.Teknikanalisisdatayangdigunakanpadapenelitiandanpengembanganiniadalahsecarakualitatifdansecarakuantitatif.Padadatakualitatifdipaparkanbentukfieldnotekemudiandilakukankondensasidatadisplaydatadanverivikasidata.Untukpenelitianawaldianalisisdenganmenggunakanregresiliniersederhanavalidasiahlidianalisissecarakuantitatifdeskriptifdankualitatifdeskriptif.Padaujiskalakecildanujiskalabesardianalisisdengankuantitatifdenganmenggunakanrumust-testsatusampelujit-berpasangan.AnalisisdatainimenggunakanbantuanSPSSversi23.Hasilpenelitianmenunjukkanpertamapadabukumodelsupervisiartistiklangkahmodelsupervisiartistikiniterdiridariempatlangkahyaitu(1)pengamatanpembelajaran(2)identifikasipermasalahanguruterkaitkompetensipedagogik(3)Pengecekanhasilsupervisi(4)penyampaianhasilsupervisidanpemberianbantuanpadaguru(mentoring).Keduaesensipadabukupanduanmodelsupervisiartistikdalampeningkatankompetensipedagogikguruadalahbagaimanacarasupervisormenggunakanmodelsupervisiartistikdenganbenarkarenapanduanmodelsupervisiartistikyangtelahdiujicobakanberkali-kalijugamengalamirevisiagarkepalasekolah/supervisordapatmenggunakannyadenganbaik.Ketigabukumaterikompetensipedagogikyangdigunakansebagaibukupendukunguntukmenambahpengetahuankepalasekolah/supervisorkarenaseorangkepalasekolahyangmenggunakanmodelsupervisiartistikdalampeningkatankompetensipedagogikguruharusmenguasaimaterikompetensipedagogik.Denganadanyabukumaterikompetensipedagogikdiharapkankepalasekolahdapatmeningkatkankompetensipedagogikgurupadasaatmemberikanbantuankepadaguru.KeempatmodelsupervisiartistikefektifdalammeningkatkankompetensipedagogikguruSekolahDasardarihasilujicobaskalakecildanujicobaskalabesar.KompetensipedagogiksebelumdilakukansupervisimodelartistikmemilikikriteriaCukupBaiksetelahdilakukansupervisimodelartistikkompetensipedagogikgurumemilikikriteriaSangatBaik.Perbedaannilaikompetensipedagogikgurusebelumdansetelahdilakukanmodelsupervisiartistikpadaujicobaskalakecilsebesar114375dengankenaikansebesar1906%.Selisihperbedaannilaikompetensipedagogikgurupadaujicobaskalabesarsekitar43665terjadipeningkatannilaisekitar2079%.Kelimamodelsupervisiartistikhasilpengembanganinimemilikipengaruhyangsangatkuatdansignifikanterhadappeningkatankompetensipedagogikguru.Hasilujiskalakecilnilaiujitberpasangannilaikorelasisebelumdansetelahdilakukansupervisimodelartistikadalah0880dengansignifikansisebesar00210005artinyahubungankompetensipedadogiksebelumdansetelahdilakukansupervisimodelartistikadalahsangatkuatdansignifikan.Padaujicobaskalabesarhasilujit-berpasangan/ujit-pairedpadadiperolehnilaikorelasikompetensipedagogikgurusebelumdansetelahdilakukanmodelsupervisiartistikadalah0606dengansignifikansisebesar0004artinyaadaperbedaankuatdansignifikankompetensipedadogiksebelumdansetelahdilakukansupervisimodelartistik.Adatigasaranpentingyangdirekomendasikanyaitu(1)saranuntukkeperluanpemanfaatanprodukprodukinibisadimanfaatkanolehDinasPendidikandanKebudayaankepalasekolahdangurusekolahdasar(2)saranuntukdesiminasiproduksasaranyanglebihluasdenganmengHAKIkan3produkyangdihasilkan(sertifikatsudahterbit)(3)saranuntukkeperluanpengembanganlebihlanjut.Saraninidimaksudkanagarprodukyangdihasilkandaripengembanganmodelsupervisiartistikdalampeningkatankompetensipedagogikgurulebihbernilaigunaataumenjadidasarpengembanganselanjutnya.