pengaruh strategi inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari perbedaan motivasi belajar muatan ipa kelas v sd / dhia suprianti

Main Author: Suprianti, Dhia Suprianti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/161938/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSupriantiDhia.2020.PengaruhStrategiinkuiriterbimbingBerbantuanMultimediaInteraktifterhadapHasilbelajarDitinjaudariPerbedaanMotivasiBelajarMuatanIPAKelasVSekolahDasar.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)Dr.MunzilM.Si.KatakuncistrategiinkuiriterbimbingmotivasimultimediainteraktifhasilbelajarIPAIPAmerupakansalahsatumatapelajarandisekolahyangmemilikiperananpentingdalammembangunpengetahuandansikapsiswa.PadajenjangsekolahdasarPembelajaranIPAlebihmengutamakanaktivitasbelajarsiswauntukmendukungpemahamankonsepprinsipdancarakerjayangberkaitandengankehidupansiswadapatmenjawabrasakeingintahuansiswayangbesar.BerdasarkanobservasiawaldanwawancaradiketahuibahwabeberapakelemahanpadapembelajaranIPAdisekoahdasarsepertipembelajaranyangmasihberpusatpadasiswapenggunaanbahanajarkonvensionalmasihrendahnyapartisipasisiswa.AnalisismaterimuatanIPApadatema8tentangairterdapatkonsepberupafaktayangharusdiamatisecaralangsungmelaluikegiatanpengamatandanpraktikumdikelasnamunpadapembelajaranlangsungseringtidakdilakukan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhstartegipembelajaraninkuiriterbimbingdenganmultimediaterhadaphasilbelajarsiswadenganmotivasibelajaryangberbedadalampembelajaran.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemu.Subjekpenelitiansebanyak60siswadisalahsatuSDNegeridiKotaMalang.SubyekpenelitianditetapkandengancaranonrandomizedyaituseluruhsiswakelasVadanVbtanpadiacak.Instrumenyangdigunakanyaitukuesioneruntukmengukurtingkatperbedaanmotivasibelajarsiswadengantingkatreliabilitycroanbachrsquosalpha0891daninstrumenpenilaianhasilbelajarberupapilihangandadengantingkatreliabilitycronbachrsquosalpha0872.UjiyangdigunakanyaituujitwowayANOVAujiinidigunakanuntukmenganalisisdatanya.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranyangdilakukandengannontatapmukamenggunakanplatformwhatsappdapatmengimplementasikansintakinkuiriada6langkahyangdigunakandalamsetiappembelajaran.Siswamelaksanakankegiatandenganmengikutipanduangurumelaluivideoyangdisharegurudiwhatsappkemudiansiswamelanjutkankegiatanpembelajaransesuailembarkerjasiswainteraktifyangdikembangkan.AnalisishasilbelajarmenunjukkanbahwaadaperbedaansignifikanantarasiswayangdibelajarkandenganstrategiinkuiriterbimbingterbimbingberbantuanmultimediainteraktifdengansiswayangmengikutikegiatanbelajarkonvensionalnilaiSig.(2-tailed)0000dant-hitunggtt-tabelyaitut-hitung9446sedangkant-tabel200172.(2)terdapatperbedaanyangsignifikanhasilbelajarantarasiswakelompokeksperimendankontrolyangmemilikitingkatmotivasiberbedanilaiF-hitung20545danF-tabel316dengansignifikan0000.(3)InteraksiterjadiantarastrategibelajarinkuiriberbantuanmultimediainteraktifdanmotivasibelajarterhadapHasilbelajarF-hitung3722danF-tabel316.