Implementasi pembelajaran jarak jauh daring mata pelajaran sejarah indonesia terhadap kesiapan guru dan kemandirian belajar siswa kelas x di smk telkom sandhy putra malang tahun pelajaran 2020-2021 / Fajar Setiyawan

Main Author: Setiyawan, Fajar Setiyawan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/161916/
Daftar Isi:
  • Pembelajaranjarakjauhdaringmerupakancarayangdigunakanuntukmenyampaikanpembelajaransecaratatapmukalangsungkemudiandituangkankedalambentukvirtualmelaluiinternet.Pembelajarandaringmerupakanmediapembelajaran.yangdapatdigunakanguru.untukmenyampaikanmateri.pelajarankepadapeserta.didikselamamasapandemicovid-19.ini.Pelaksanaanpembelajaran.jarakjauhdaringdiSMKTelkomSandhyPutraMalangmasihdilakukankarenasekolahberadadiareawilayahzonamerah80%pesertadidikberasaldariluarkotaprosespembelajaranharustetapberlangsung.Penelitianbertujuanuntukmendeskripsikanbagaimanaimplementasipembelajaran.jarakjauhdaringpadamatapelajaranSejarah.IndonesiaterhadapkesiapangurudankemandirianbelajarsiswakelasXdiSMKTelkomSandhyPutraMalangTahunPelajaran.2020-2021.Penelitian.ini.menggunakan.jenispendekatan.kualitatif.deskriptif.Penelitisebagai.instrumen.kunciyaitu.pengamatdanpenggumpuldata..Lokasi.penelitianiniberadadiSMK.TelkomSandhyPutra.Malang.SubjekpenelitianiniyaituKepalaSekolah/.WakaKurikulum.GuruMataPelajaran.SejarahIndonesiadan2.pesertadidik.Teknikpenggumpulan.datayangdilakukanyaituobservasiwawancara.dandokumentasi.AnalisadatamenggunakanMilesandHubermanterdiridarireduksidatapenyajiandatadanverifikasi/.penarikankesimpulan.Padakeabsahan.datadilakukandenganmenggunakanperpanjangankeikutsertaanyaitutriangulasi.sumber.Hasil.penelitianyaitumenunjukkanbahwakesiapanguruberjalandenganbaikdalammengimplementasikanpembelajaranjarakjauhdaringdibuktikandari.perencanaan.pelaksanaan.danevaluasiyangdilakukanolehguru.Kemandirianbelajarsiswacukupmenunjukkanindikatoryangbaikdibuktikandenganadanyasikappercayadiriaktifdisiplindantanggungjawabselamaprosespembelajaranjarakjauhdaring.Kendalateknisyangmunculyaituadanyagangguanjaringan/koneksiinternetpemborosankuotadelaygambartidakmunculdankesulitanberkoordinasidalammengerjakantugassecarakelompok.Pembelajaran.jarakjauhdaringmenggunakanaplikasiCiscoWebexMeetingLearningManagemenSystemmiliksekolahGoogleClassroomdanWhatsappGroup.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadasekolahsebagaibahandalammengambil.keputusanterkait.penyelenggaraan.pembelajaran.secaradaring(online)..Kepadagurupengajardiharapkanmampumenciptakansuasanabelajaryangkondusif.danmenyenangkan.sepertipembelajaransecaralangsungdikelas.Kepadapemangku.kebijakanmampu.membuatdanmempertimbangkan.keputusanmengenai.pemberian.subsidikuotakepadapesertadidikyang.memilikikondisiekonomilemahsemasapandemi.Covid-19supayamerekatetapdapatmengikutikegiatan.pembelajaransecaradaringtanpamemikirkanterbebaniadanyapemborosan.kuota.Kepadapenelitiselanjutnyamampumengembangkan.penelitianlanjutanyangdapat.memberikanmanfaatpraktisterhadappengajaran.matapelajaranSejarahIndonesiadisekolahselamamasihditerapkannya.belajardarirumah(schoolfromhome).semasaadanyapandemiCovid-19.