Pengembangan modul "situs kubur kalang" untuk meningkatkan pemahaman dan inovasi pembelajaran sejarah pada MGMP sejarah Kabupaten Bojonegoro / Awalu Rochmatin

Main Author: Rochmatin, Awalu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/161913/
Daftar Isi:
  • Gurumenjadirujukanpertamasiswadidalamprosespembelajaransehinggapemahamanpadamaterisangatlahdibutuhkanolehguru.Gurudituntuttidakhanyamenguasaimateritetapijugaharusmampuuntukmengembangkansuatubahanajarmediametodedanmodelpembelajaranyanginovatif.TujuandaripenelitianiniadalahuntukMenghasilkansebuahprodukuntukMeningkatkanPemahamandaninovasipembelajaransejarahpadagurudalamforumMGMPSejarahKabupatenBojonegoroyangmemenuhikelayakanprodukbahanajaryaituvaliddanpraktis..PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianmodelDickampCarey(2001)yangterdiridarisepuluhlangkahkemudianprosedurtersebutdisederhanakanmenjadidelapanlangkahpengembangan.Dalampenelitianinidatadiperolehdarihasilangketdanhasilteskognitif.Padapenelitianawalmasihdilakukansecaralangsungnamunpadaobservasilapanganterjadiwabahpandemicyangtidakterprediksisebelumnyasehinggapenelitiandilanjutkansecaraonline.Hasilvalidasimenunjukkan1)ahlivalidasimaterimendapatkanskor666%yangmenunjukkankriterialdquovalidrdquo2)validasiahlimedia/produkmendapatkanskor98%yangmenunjukkankriterialdquosangatvalidrdquo3)hasilujicobakelompokterbatas/kecilmendapatkanreratakepraktisanolehguru83%dengankriterialdquosangatpraktisrdquo4)hasilujicobakelompokbesarmendapatkanreratakepraktisanolehguru83%dengankriterialdquosangatpraktisrdquo5)hasilujicobauntukpeningkatanpemahamanmenunjukkanbahwagurumengalamipeningkatandalammemahamimaterireratapresentasemengalamipeningkatandari75%meningkatmenjadi87%6)hasilujicobauntukmengukurtingkatinovasipembelajaranpadagurudenganpresentaseskor79%sehinggatingkatinovasipembelajarandenganpenggunaanmodulsituskuburkalangefektifdandapatdigunakanolehguruhalinimenunjukkanresponyangpositifdaripenggunaanmodulsituskuburkalangdiBojonegoro.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapengembanganmodulldquosituskuburkalangrdquodiBojonegorodapatmembantugurudalammenyampaikanmateritentangpeninggalankebudayaantradisimegalitikyangberadadisekitarlingkungantempattinggalnyakarenamemenuhikriteriakevalidandankepraktisansebagaibahanajarberbentukmodul.Haltersebutkarenadapatmenjadisalahsatureferensibahanajarpadamateriprasejarah.