Pengembangan modul "situs kubur kalang" untuk meningkatkan pemahaman dan inovasi pembelajaran sejarah pada MGMP sejarah Kabupaten Bojonegoro / Awalu Rochmatin
Main Author: | Rochmatin, Awalu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/161913/ |
Daftar Isi:
- Gurumenjadirujukanpertamasiswadidalamprosespembelajaransehinggapemahamanpadamaterisangatlahdibutuhkanolehguru.Gurudituntuttidakhanyamenguasaimateritetapijugaharusmampuuntukmengembangkansuatubahanajarmediametodedanmodelpembelajaranyanginovatif.TujuandaripenelitianiniadalahuntukMenghasilkansebuahprodukuntukMeningkatkanPemahamandaninovasipembelajaransejarahpadagurudalamforumMGMPSejarahKabupatenBojonegoroyangmemenuhikelayakanprodukbahanajaryaituvaliddanpraktis..PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianmodelDickampCarey(2001)yangterdiridarisepuluhlangkahkemudianprosedurtersebutdisederhanakanmenjadidelapanlangkahpengembangan.Dalampenelitianinidatadiperolehdarihasilangketdanhasilteskognitif.Padapenelitianawalmasihdilakukansecaralangsungnamunpadaobservasilapanganterjadiwabahpandemicyangtidakterprediksisebelumnyasehinggapenelitiandilanjutkansecaraonline.Hasilvalidasimenunjukkan1)ahlivalidasimaterimendapatkanskor666%yangmenunjukkankriterialdquovalidrdquo2)validasiahlimedia/produkmendapatkanskor98%yangmenunjukkankriterialdquosangatvalidrdquo3)hasilujicobakelompokterbatas/kecilmendapatkanreratakepraktisanolehguru83%dengankriterialdquosangatpraktisrdquo4)hasilujicobakelompokbesarmendapatkanreratakepraktisanolehguru83%dengankriterialdquosangatpraktisrdquo5)hasilujicobauntukpeningkatanpemahamanmenunjukkanbahwagurumengalamipeningkatandalammemahamimaterireratapresentasemengalamipeningkatandari75%meningkatmenjadi87%6)hasilujicobauntukmengukurtingkatinovasipembelajaranpadagurudenganpresentaseskor79%sehinggatingkatinovasipembelajarandenganpenggunaanmodulsituskuburkalangefektifdandapatdigunakanolehguruhalinimenunjukkanresponyangpositifdaripenggunaanmodulsituskuburkalangdiBojonegoro.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapengembanganmodulldquosituskuburkalangrdquodiBojonegorodapatmembantugurudalammenyampaikanmateritentangpeninggalankebudayaantradisimegalitikyangberadadisekitarlingkungantempattinggalnyakarenamemenuhikriteriakevalidandankepraktisansebagaibahanajarberbentukmodul.Haltersebutkarenadapatmenjadisalahsatureferensibahanajarpadamateriprasejarah.