Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa kelas X SMAN 3 Wera Kabupaten Bima / Anas Munandar

Main Author: Munandar, Anas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/161908/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelPembelajaranproblembasedlearning(PBL)KemampuanBerfikirKreatifhasilbelajar.Pendidikanmerupakandasardariperubahanperilakumanusia.Sebabmanusiadilahirkandiduniadengankeadaanpengatahuanyangkosongatautidakmemilikipengetahuanapapun.Ketikamanusiaberprosesmelaluipendidikanmakaakanbisamenentukanpolapikirdalamkehidupandanakanmembawamanusiapadasifatkematanganya.PerankemampuanberfikirkreatifyaitumeningkatkanHasilbelajarsiswa.KemampuanberfikirkreatifsiswadiIndonesiamasihtergolongrendah.HasilsurveiTIMMSmenunjukanhanya2%siswamampumengerjakansoalkategorihighdanadvancedandataPISAmenunjukanberfikirkreatifsiswapadaurutan64dari65negara.Kemampuanberpikirkreatifsiswaditandaidenganindikatorantaralain1.kefasihan2.fleksibilitas3.orisinalitas4.elaborasi.Gayaberfikirsuatuketerampilanyangmelekatpadadirisiswa.Hasilbelajaradalahprestasidarisuatukegiatanyangtelahdikerjakandiciptakanbaiksecaraindividumaupunteam.ModelpembelajaranPBLmerupakansebuahmodelyangmemilikikeunggulandankelebihandalamprosespembelajaranuntukditerapkanpadapesertadidik.PBLterbuktidapatmelatihsiswauntukmelakukanprosesberpikirkreatif.SintaksPBLyangdijalankansesuaidenganlangkah-langkahyangbenarakanmenjadikanprosespembelajaranyangefektifdanefisien.TujuanpenelitianuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranPBLterhadapberpikirkreatifdanpengaruhmodelpembelajaranPBLterhadapHasilbelajar.Metodepenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifterhadapanalisishasilpublikasipenelitianilmiahpadaartikelnasional.Pengaruhpenelitian-penelitianyangmenerapkanpembelajaranPBLdianalisisdenganteknikmeta-analisis..PenelitianinidilakukanpadaduakelasyaitukelaseksperimenyangdiberikanmodelPBLdankelaskontrolyangtidakdiberikanperlakuanmodelkonvensional.SubyekdalampenelitiansiswakelasXSMAN3WeraKab.Bima.Hasilpenelitiandiperolehbahwa(1)ModelPBLberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatif(2)ModelPBLtidakberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa(3)ModelberpengaruhsecarasimultanantarkemampuanberfikirkreatifterhadaphasilbelajarsiswaSMAN3WeraKabupatenBimakemampuanbepikirkreatif.BerdasarkanhasilmetaanalisisdatamenunjukkanbahwaadapengaruhantaramodelpembelajaranproblembasedlearningberbasisterhadapkemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarsiswadiSMAN3WeraKabupatenBima.Haltersebutdilihatdarinilairhitungdannilairtabelpadametaanalisisyangmenunjukanbahwarat-ratanilairhitunggtdarirtabel