Pengembangan media plastik transparan untuk pembelajaran transformasi refleksi untuk SMP kelas IX semester 1 / Galuh Navalis Yuliantiko
Main Author: | Yuliantiko, Galuh Navalis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16183/ |
Daftar Isi:
- viABSTRAKYuliantikoGaluhNavalis.2019.PengembanganMediaPlastikTransparanUntukPembelajaranTransformasiRefleksiUntukSMPKelasIXSemester1.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc.KataKuncimediapembelajaranmatematikaplastiktransparantransformasirefleksi.TransformasirefleksimerupakansalahsatumateriyangsangatpentinguntuktopicyangdiajarkandalamsekolahdiIndonesiakhusunyauntuksiswaSMPolehkarenaitutransformasirefleksimerupakansalahsatumateriyangpentinguntukdikuasaisiswaSMPdiIndonesia.Akantetapimasihterdapatbeberapakekuranganyangtimbulsehinggasiswamenjadisusahmemahamimateritersebut.Salahsatucontohyangmenjadikansiswasusahmemahamimaterigeometritransformasiadalahmasihkurangnyapenggunaanmedia.PenelitianterdahulutelahdilakukanolehSofiSelawati(2018)yangberjudulPengembanganMediaPembelajaranManipulatifTRANSMETRIUntukPembelajaranSiswaTentangTransformasiGeometridiSMPhasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmediamanipulatifTRANSMETRIuntukmateritransformasimendapatresponpositifdarisiswadandapatmembantusiswamemahamkanmateritersebutakantetapiterdapatkekurangandalamhalpendalamansubmaterigeometritransformasi.Olehkarenaitutujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukmediaplastiktransparanyangdapatmembantusiswadalammemahamkanmateritransformasirefleksidimanarefleksimerupakansubmateridarigeometritransformasi.viiPenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganPlomp.TahapdalampengembanganPlompadalah(1)penelitianawal(2)prototipe(3)penilaian.ModelPlompdipilihkarenasesuaidengankarakteristikpenelitianyangmenggunakantahapansistematisyangmenghasilkansuatuprodukuntukmemecahkanmasalahmateritransformasirefleksiselanjutnyaproduktersebutdiimplementasikankepadasiswa.Padapenelitianinidilakukanujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehduavalidatoryaituseorangdosenmatematikadanseoranggurumatematikaSMP.Setelahdinyatakaninstrumentersebutvalidprrodukdiujicobakankepada20siswaSMPkelasVIIIdiSMPNegeri2Kasembon.Ujikepraktisandilakukanmelaluipemberianangketresponsiswa.Ujikeefektifandilakukanmelaluipemberiantesevaluasikepadasiswapadaakhirpembelajaran.Hasilujikeefektifandiperolehdaripersentasesiswayangmemenuhiketuntasanbelajarminimal80.viiiBerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehtotalskorhasilujikevalidanmedia318dantotalskorhasilujikepraktisanadalah369.Padaujikeefektifanmenunjukkan75%subjekujicobatelahmemenuhiketuntasanbelajarminimalyaitumendapatkannilai80ataulebihsertatidakadanyasiswayangmengalamimasalahfatalyangterkaitdenganmateritrnsformasirefleksi.BerdasarkanuraiantersebutmediapembelajaranplastiktransparanpadamateritransformasirefleksidiSMPkelasIXsemester1telahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifuntukmemahamkansiswa.