Pengembangan media plastik transparan untuk pembelajaran transformasi refleksi untuk SMP kelas IX semester 1 / Galuh Navalis Yuliantiko

Main Author: Yuliantiko, Galuh Navalis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16183/
Daftar Isi:
  • viABSTRAKYuliantikoGaluhNavalis.2019.PengembanganMediaPlastikTransparanUntukPembelajaranTransformasiRefleksiUntukSMPKelasIXSemester1.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc.KataKuncimediapembelajaranmatematikaplastiktransparantransformasirefleksi.TransformasirefleksimerupakansalahsatumateriyangsangatpentinguntuktopicyangdiajarkandalamsekolahdiIndonesiakhusunyauntuksiswaSMPolehkarenaitutransformasirefleksimerupakansalahsatumateriyangpentinguntukdikuasaisiswaSMPdiIndonesia.Akantetapimasihterdapatbeberapakekuranganyangtimbulsehinggasiswamenjadisusahmemahamimateritersebut.Salahsatucontohyangmenjadikansiswasusahmemahamimaterigeometritransformasiadalahmasihkurangnyapenggunaanmedia.PenelitianterdahulutelahdilakukanolehSofiSelawati(2018)yangberjudulPengembanganMediaPembelajaranManipulatifTRANSMETRIUntukPembelajaranSiswaTentangTransformasiGeometridiSMPhasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmediamanipulatifTRANSMETRIuntukmateritransformasimendapatresponpositifdarisiswadandapatmembantusiswamemahamkanmateritersebutakantetapiterdapatkekurangandalamhalpendalamansubmaterigeometritransformasi.Olehkarenaitutujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukmediaplastiktransparanyangdapatmembantusiswadalammemahamkanmateritransformasirefleksidimanarefleksimerupakansubmateridarigeometritransformasi.viiPenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganPlomp.TahapdalampengembanganPlompadalah(1)penelitianawal(2)prototipe(3)penilaian.ModelPlompdipilihkarenasesuaidengankarakteristikpenelitianyangmenggunakantahapansistematisyangmenghasilkansuatuprodukuntukmemecahkanmasalahmateritransformasirefleksiselanjutnyaproduktersebutdiimplementasikankepadasiswa.Padapenelitianinidilakukanujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehduavalidatoryaituseorangdosenmatematikadanseoranggurumatematikaSMP.Setelahdinyatakaninstrumentersebutvalidprrodukdiujicobakankepada20siswaSMPkelasVIIIdiSMPNegeri2Kasembon.Ujikepraktisandilakukanmelaluipemberianangketresponsiswa.Ujikeefektifandilakukanmelaluipemberiantesevaluasikepadasiswapadaakhirpembelajaran.Hasilujikeefektifandiperolehdaripersentasesiswayangmemenuhiketuntasanbelajarminimal80.viiiBerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehtotalskorhasilujikevalidanmedia318dantotalskorhasilujikepraktisanadalah369.Padaujikeefektifanmenunjukkan75%subjekujicobatelahmemenuhiketuntasanbelajarminimalyaitumendapatkannilai80ataulebihsertatidakadanyasiswayangmengalamimasalahfatalyangterkaitdenganmateritrnsformasirefleksi.BerdasarkanuraiantersebutmediapembelajaranplastiktransparanpadamateritransformasirefleksidiSMPkelasIXsemester1telahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifuntukmemahamkansiswa.