Penerapan metode discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi sistem persamaan linear dua variabel SMP Laboratorium UM / Dita Annisa Wilujeng

Main Author: Wilujeng, Dita Annisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16179/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANWilujengDitaAnnisa.2019.PenerapanMetodeDiscoveryLearningUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIIMateriSistemPersamaanLinearDuaVariabelSMPLaboratoriumUM.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciDiscoveryLearningHasilBelajarSistemPersamaanLinearDuaVariabelSalahsatupermasalahanyangdialamiolehsiswakelasVIII-ASMPLaboratoriumUMadalahrendahnyahasilbelajarsiswa.Berdasarkanhasilobservasipenelitipadasaatpraktikpengalamanlapanganmenyatakanbahwapadasaatpembelajaranyangdilakukanpenelitipadasaatmaterirelasidanfungsipenelitimelihatbahwamasihadabeberapasiswayangmengalamikesulitanuntukmencarinilaifungsiyangadakaitannyadengansalahsatumetodepadasistempersamaanlinearduavariabel(SPLDV)yaitumetodesubstitusi.Selainitujugapadasaatpenelitimelakukanpretesmengenaimaterirelasidanfungsihasilbelajarsiswajugatergolongrendahiniterbuktidaridatayangdiperolehpenelitidari26siswasebanyak5769%atau15siswamasihmemperolehnilaidibawahKKM.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK).Datayangdigunakandalampenelitianiniberupadatakuantitatifdankualitatif.Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.Datayangdigunakandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiaktivitasgurudansiswadan2)hasiltesakhirsiklus.Langkahlangkahpembelajarandenganmenggunakanmetodediscoverylearningdalampenelitianiniterdiridaristimulasi/pemberianrangsangidentifikasimasalahpengumpulandatapengolahandatapembuktiandanmenarikkesimpulan.PeningkatanhasilbelajarsiswadapatdilihatmelaluihasiltesakhirpadasiklusIdanhasiltesakhirpadasiklusII.Berdasarkanlangkahlangkahpenerapandiscoverylearningdalamtahap1)stimulasi.PenelitimemberikansuatupermasalahanmelaluikegiatanpadaLKS.DalamtahapinipenelitimemintasalahsatusiswadariperwakilankelompokuntukmembacakansoalpermasalahanyangadadalamLKS.Halinimembuatsiswalebihfokusterhadappermasalahanyangdiberikan.2)identifikasimasalah.PenelitimemberikaninstruksikepadasiswauntukmembuathipotesismengenaipermasalahanyangadapadaLKS.Selainitujugapenelitimemberikanbimbingankepadasiswayangmasihbelummemahamiinstruksiyangdiberikanolehgurusehinggamembuatsiswalebihmudahuntukmenyelesaikanpermasalahan.3)pengumpulandata.PenelitimemberikaninstruksikepadasiswauntukmembacadanmencermatipermasalahanyangadapadaLKS.KemudianpenelitimemintasiswauntukmenyusundanmenganalisisdatadaripermasalahantersebutuntukmenentukanmodelmatematikayangadapadaLKS.4)pengolahandata.Penelitimembagisiswakedalambeberapakelompokyangterdiridarisiswaviberkemampuantinggisedangdanrendahuntukmemudahkansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikangurumelaluidiskusikelompok.Halinimembuatpenyelesaiantugaskelompoklebihcepatdikarenakandalamkelompoktersebutterdapatsiswadalamberbagaimacamkemampuan.5)verifikasi.Penelitimemintasiswauntukmemeriksakembalijawabanyangtelahmerekadiskusikandengananggotakelompoknya.Dalamhaliniseluruhsiswaberperanaktifuntukmemeriksajawabanyangtelahmerekatuliskansudahbenarataubelum.6)generalisasi.Penelitimemberikaninstruksikepadaseluruhkelompokuntukmembuatkesimpulanuntukdipresentasikandidepankelas.Dalamhaliniseluruhsiswaberperanaktifuntukmengemukakanpendapatnyadidepankelas.SelainituberdasarkanhasiltessiklusIdiperolehsebesar7307%danuntukhasiltesakhirpadasiklusIIdiperolehhasilsebesar8846%.BerdasarkanpaparanhasiltespadasiklusIdansiklusIIhasiltessiswamengalamipeningkatan.Jikamerujukpadakriteriakeberhasilanketuntasanhasilbelajarsiswaharus75%.Sehinggapenelitianinidapatdikatakanberhasil.