Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa berbasis discovery learning pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) untuk siswa kelas VII SMP Miftahul Huda Kabupaten Blitar / Amalia Okky Sismahendra
Main Author: | Sismahendra, Amalia Okky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16175/ |
Daftar Isi:
- viiRINGKASANSismahendraAmaliaOkky.2019.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)BerbasisDiscoveryLearningpadaMateriPersamaanLinearSatuVariabel(PLSV)untukSiswaKelasVIISMPMiftahulHudaKabupatenBlitar.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.MuhammadShohibulKahfiM.Pd.KataKunciLembarKegiatanSiswa(LKS)discoverylearningpersamaanlinearsatuvariabel.Matematikamerupakansalahsatumatapelajaranwajibyangadadalamkurikulum2013.Matematikamerupakansalahsatupelajaranyangdianggapsulitolehsiswapenyebabnyayaiturendahnyapemahamankonsepmatematikapadasiswa.Olehkarenaitudilakukanpenelitianpengembanganuntukmenghasilkanprodukyangdapatmengkonstruksipengetahuansiswa.UntukmenunjangtujuanpembelajarandenganmeningkatkankeaktifansiswadiperlukansumberbelajaryaituLembarKegiatanSiswa(LKS).Salahsatumetodeyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanpemahamansiswayaitumetodediscoverylearning.OlehkarenaitupenelitimengembangkanLKSberbasisdiscoverylearningpadamateripersamaanlinearsatuvariabel.LKSberbasisdiscoverylearningdapatmenuntunsiswauntukmenemukankonsepsecaramandiridanmemberikankesempatankepadasiswauntukmengamatisuatuinformasimengajukanpertanyaanbesertahipotesismengumpulkaninformasimenalardanmenyimpulkan.TujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanLKSberbasisdiscoverylearningpadamateripersamaanlinearsatuvariabelyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganmengacupadamodelpengembanganADDIEyangterdiridarianalisisdesain/perancanganpengembanganimplementasidanevaluasi.Untukmengujikualitasprodukdilakukantigaujiyaituujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehduavalidatoryaitusatugurubesarpendidikanmatematikayangtelahmenempuhS3dansatugurumatematikaSMPMiftahulHuda.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmengujicobaprodukkepada9siswakelasVIIsebagaisubjekujicoba.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaLKSberbasisdiscoverylearningpadamateripersamaanlinearsatuvariabeldinyatakanvaliddenganskorkevalidanLKS354skorkevalidanangketresponsiswa333danskorkevalidansoaltes325.LKSyangdikembangkanjugamemenuhikriteriapraktisberdasarkanwawancaradengangurumatematikadanjugahasilangketresponsiswayangdiisioleh9siswamenghasilkanskorrata-rata367.DisampingituLKSyangdikembangkanjugamemenuhikriteriaefektifdenganpresentase8889%siswa(8dari9siswa)mendapatnilaidiatasKKM.DengandemikianLKSyangdikembangkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.