Pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan sistem pertidaksamaan (linear-kuadrat) dua variabel untuk siswa Kelas X SMAN 1 Lawang / Indah Susitya Sukmananda

Main Author: Sukmananda, Indah Susitya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/16171/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANSukmanandaIndahSusitya.2018.PengembanganUKBM(UnitKegiatanBelajarMandiri)BerbasisPendekatanSaintifikpadaPokokBahasanSistemPertidaksamaan(Linear-Kuadrat)DuaVariabeluntukSiswaKelasXSMAN1LawangKataKunciUKBMsaintifiksistempertidaksamaan(linear-kuadrat)duavariabelPengimplementasianSistemKreditSemester(SKS)menuntutpembelajaranberbasisUKBM(UnitKegiatanBelajarMandiri).UKBMinimerupakanbahanajaryangdigunakangurudansiswauntukmelaksanakanprosespembelajarandikelas.BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikaSMAN1LawangUKBMyangdigunakandisekolahtersebutdisusunolehgurumatematikayangmengajardiSMAN1Lawang.NamunpenyusunanUKBMtersebutmasihperlubanyakrevisikarenapenyusunanmateriyangdisajikanbelumsesuaidengankurikulumyangberjalansaatini.MateriyangdisajikandalamUKBMberupauraianmatericontohsoaldanlatihansoal.Siswabelumdiberikankesempatanuntukmenemukansendirikonsepmatematikayangadadidalamnya.PenggunaanUKBMjugabelummaksimaldikarenakantampilanUKBMyangkurangmenarikminatbelajarsiswa.SolusialternatifyangdapatdilakukanuntukmeningkatkanmutubelajardalamkelasyaitudenganmembuatUKBMberbasispendekatansaintifikyangdapatmeningkatkanaktivitassiswadalammenemukansendirikonsep-konsepmatematikadidalamnya.BerdasarkanhaltersebutmakapenelitimengembangkanUKBM(UnitKegiatanBelajarMandiri)berbasispendekatansaintifikpadapokokbahasansistempertidaksamaanlinear-kuadratduavariabel.Prosedurpenelitianinidilakukandenganmengacupadamodel4DolehThiagarajandanSemmel.Pengembangandalammodel4Dmeliputibeberapatahapyaitutahappendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)danpenyebaran(disseminate).Fokuspengembanganinihanyapadatahappertamahinggatahapketiga.Padapenelitianinidilakukantigatesujiyaituujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehduavalidatoryaitusatuorangdosenmatematikadansatuorangpraktisiyaitugurumatematikaSMAN1Lawang.SetelahUKBMdinyatakanvalidmakaUKBMdiujicobakanpadasembilansiswaSMAN1LawangkelasXyangmenempuhmateripertidaksamaanlinear-kuadratduavariabelsebagaisubjekujicoba.Ujikepraktisanprodukdilakukanmenggunakanlembarangketresponsiswayangdiisiolehsubjekujicoba.SedangkanujikeefektifanprodukdilakukanmelaluitestuliskepadasubjekujicobasetelahmenggunakanUKBMyangdikembangkan.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)ujikevalidandinyatakanvalidberdasarkanskorkevalidanUKBMyaitu9813%dengankriteriasangatvalid(2)ujikepraktisanmenggunakanlembarangketresponsiswadinyatakanpraktisberdasarkanskorkepraktisanUKBMyaitu883%(3)ujikeefektifandinyatakanefektifberdasarkanhasiltessiswayangmenunjukkan8889%siswamendapatkannilaidiatas75(KKM).DengandemikianpengembanganUKBM(UnitKegiatanBelajarMandiri)BerbasisPendekatanSaintifikpadaPokokBahasanSistemPertidaksamaan(Linear-Kuadrat)DuaVariabeluntukSiswaKelasXSMAN1Lawangdinyatakanvalidpraktisdanefektif.viDewanPengujiAnggotaAnggotaDrs.M.ShohibulKahfiM.Pd.LatifahMustofaLestyantoS.Si.M.PdNIP.195902191984031001NIP.198508162010122005KetuaDra.RiniNurhakikiM.Pd.NIP.195603201982032001