Kesalahan siswa kelas VII SMPN 6 Malang dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan tahapan Newman ditinjau dari gaya belajar / Yessi Rosalina
Main Author: | Rosalina, Yessi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16162/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANRosalinaYessi.2018.KesalahanSiswaKelasVIISMPN6MalangdalamMenyelesaikanSoalCeritaPecahanBerdasarkanTahapanNewmanDitinjaudariGayaBelajar.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SubanjiM.Si.KataKuncikesalahansiswatahapannewmangayabelajar.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbentukkesalahanyangteridentifikasiberdasarkantahapanNewmandalammenyelesaikansoalceritaditinjaudarigayabelajardanmendeskripsikanperbedaankesalahanyangdilakukansiswapadagayabelajarvisualauditoridankinestetikdalammenyelesaikansoalceritapecahanberdasarkantahapanNewman.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Pengumpulandatadilakukandenganmemberikaninstrumenlembartespenggolongangayabelajarlembartesmatematikadanwawancarakepadasubjek.Subjekterdiridarienamorang.Subjekdipilihberdasarkannilaiyangpalingtinggidiantarasetiapgayabelajar.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwabentuk-bentukkesalahanyangdilakukansiswaadalahsebagaiberikut(1)padatahapmembacasiswatidakmelakukankesalahankarenasiswadapatmembacasoalsertasimbolyangterdapatdidalamnyadenganbenar(2)padatahapmemahamisiswatidakmelakukankesalahankarenasiswadapatmenjelaskaninformasiyangterdapatdidalamsoaldenganbenardanlengkap(3)padatahaptransformasisiswamelakukankesalahancontohnyaadalahsiswatidaklengkapdalammengubahinformasipadasoalmenjadisuatuoperasimatematika(4)padatahapketerampilanprosessiswamelakukankesalahancontohnyaadalahsiswamelakukankesalahandalammenghitungdan(5)padatahappenulisanjawabanakhirsiswamelakukankesalahancontohnyaadalahsiswamenuliskanjawabanyangtidaksesuaidenganmaksudsoal.TidakterdapatperbedaankesalahanyangsignifikanpadasiswadengangayabelajarvisualauditoridankinestetikdalammenyelesaikansoalceritapecahanpadatahapanNewman.