Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat untuk siswa kelas VII / Elsa Marreta Mega Rakasiwi
Main Author: | Rakasiwi, Elsa Marreta Mega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16160/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANRakasiwiElsa.2018.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPenemuanTerbimbingPadaMateriLuasdanKelilingBangunDatarSegitigadanSegiempatuntukKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDwiyanaDrs.M.PdPh.D.KataKunciperangkatpembelajaranpenemuanterbimbingluasdankelilingbangundatarsegitigadansegiempat.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikaSMPBrawijayaSmartSchoolbahanajaryangdigunakansiswaberupaLKSyangmenuntutsiswauntukmenghafalkanrumus.KeberadaanLKSdalamkegiatanpembelajaranbertujuanuntukmembantusiswadalambelajardanmemahamisuatumateri.DisampingkeberadaanLKSmetodepembelajaranyangdigunakanjugadiharapkandapatmendukungsiswadalammemahamisuatumateri.Alternatifmetodeyangdapatdigunakanadalahmetodepenemuanterbimbing.Penemuanterbimbingmerupakanmetodeyangmenekankanpadaprosesdanmenemukan.Pengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingyangvalidpraktisdanefektifpadamateriluasdankelilingbangundatarsegitigadansegiempat.Modelpengembanganyangdigunakandalampengembanganadalahmodelpengembanganplomp.ProdukyangtelahdikembangkanberupaLKSRPPsoalteslembarobservasigurulembarobservasisiswalembarangketresponsiswabesertasemualembarvalidasinya.Ujikepraktisandilakukanuntukmengetahuitingkatkepraktisandariprodukyangdihasilkandenganmenggunakanlembarobservasikegiatangurulembarobservasikegiatansiswadanangketresponsiswa.Ujikeefektifandilakukanuntukmengetahuisejauhmanaperangkatpembelajarandapatmembantudanmemudahkansiswadalammemahamimateriluasdankelilinglingkaranbangundatarsegitigadansegiempatdenganmelihatperolehannilaitessiswa.vii