Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat untuk siswa kelas VII / Elsa Marreta Mega Rakasiwi

Main Author: Rakasiwi, Elsa Marreta Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/16160/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANRakasiwiElsa.2018.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPenemuanTerbimbingPadaMateriLuasdanKelilingBangunDatarSegitigadanSegiempatuntukKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDwiyanaDrs.M.PdPh.D.KataKunciperangkatpembelajaranpenemuanterbimbingluasdankelilingbangundatarsegitigadansegiempat.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikaSMPBrawijayaSmartSchoolbahanajaryangdigunakansiswaberupaLKSyangmenuntutsiswauntukmenghafalkanrumus.KeberadaanLKSdalamkegiatanpembelajaranbertujuanuntukmembantusiswadalambelajardanmemahamisuatumateri.DisampingkeberadaanLKSmetodepembelajaranyangdigunakanjugadiharapkandapatmendukungsiswadalammemahamisuatumateri.Alternatifmetodeyangdapatdigunakanadalahmetodepenemuanterbimbing.Penemuanterbimbingmerupakanmetodeyangmenekankanpadaprosesdanmenemukan.Pengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingyangvalidpraktisdanefektifpadamateriluasdankelilingbangundatarsegitigadansegiempat.Modelpengembanganyangdigunakandalampengembanganadalahmodelpengembanganplomp.ProdukyangtelahdikembangkanberupaLKSRPPsoalteslembarobservasigurulembarobservasisiswalembarangketresponsiswabesertasemualembarvalidasinya.Ujikepraktisandilakukanuntukmengetahuitingkatkepraktisandariprodukyangdihasilkandenganmenggunakanlembarobservasikegiatangurulembarobservasikegiatansiswadanangketresponsiswa.Ujikeefektifandilakukanuntukmengetahuisejauhmanaperangkatpembelajarandapatmembantudanmemudahkansiswadalammemahamimateriluasdankelilinglingkaranbangundatarsegitigadansegiempatdenganmelihatperolehannilaitessiswa.vii