Pengembangan media pembelajaran matku berbasis android pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Achmad Syaiful Inka Hanggaryani

Main Author: Hanggaryani, Achmad Syaiful Inka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16158/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANHanggaryaniA.S.I.2018.PengembanganMediaPembelajaranMATKUberbasisAndroidpadaMateriLuasPermukaandanVolumeBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMP/MTsKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingSyaifulHamzahNasutionS.SiM.Pd.KataKunciAndroidBangunRuangSisiDatarMediaPembelajaranSaatinimemilikismartphonebukanmerupakanbarangmewahlagisehinggabanyakpesertadidikyangmemilikinya.Namunpemanfaatansmartphonedalampembelajaranmasihbelumterlalubanyakdipergunakan.Olehkarenaituperludikembangkanmediapembelajaranberbasisandroidyangmampumemvisualisasikanmateripembelajaransertadapatdijalankanpadasmartphone.Sehinggatujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuiposespengembanganMediaPembelajaranMATKU(MatematikaSaku)padaMateriLuasPermukaandanVolumeBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMP/MTsKelasVIIIyangvalidpraktisdanefektifdan(2)menghasilkanMediaPembelajaranMATKUpadaMateriLuasPermukaandanVolumeBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMP/MTsKelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.MetodepenelitianyangdigunakanadalahResearchandDevelopment(RD)ataupenelitiandanpengembangan.Prosedurpenelitianinimengacupadamodelplompyangterdiridari5faseyangkemudianolehpenelitidimodifikasimenjadi4faseyaitu(1)FaseInvestigasiAwal(PrelimenaryInvestigation)(2)FaseDesain(Design)(3)FaseRealisasi/Konstruksi(Realization/Construction)dan(4)FaseTesEvaluasiDanRevisi(TestEvaluationAndRevision).HasilpenelitianyangdilakukandiSMPN2Kalidawirterdahap15siswakelasVIIImenunjukkanbahwa(1)mediapembelajaranyangdikembangkanvaliddenganskorkevalidan408berdasarkanahlimedia(2)mediapembelajaranyangdikembangkanvaliddenganskorkevalidan408berdasarkanahlimaterivii(3)mediapembelajaranyangdikembangkanpraktisdenganskorkevalidan471berdasarkanresponpenggunadenganpengisianangketdan(4)mediapembelajaranyangdikembangkanefektifberdasarkantingkatketuntasanbelajar15siswasebagaisubjekujisebesar8667%.Berdasarkanhasilujimediapembelajaranyangdikembangkanpenelitivalidpraktisdanefektifsehinggadapatdipergunakandalampembelajaranmatematikakhususnyamateriluaspermukaandanvolumebangunruangsisidatar.