Pengembangan media pembelajaran matku berbasis android pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Achmad Syaiful Inka Hanggaryani
Main Author: | Hanggaryani, Achmad Syaiful Inka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16158/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANHanggaryaniA.S.I.2018.PengembanganMediaPembelajaranMATKUberbasisAndroidpadaMateriLuasPermukaandanVolumeBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMP/MTsKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingSyaifulHamzahNasutionS.SiM.Pd.KataKunciAndroidBangunRuangSisiDatarMediaPembelajaranSaatinimemilikismartphonebukanmerupakanbarangmewahlagisehinggabanyakpesertadidikyangmemilikinya.Namunpemanfaatansmartphonedalampembelajaranmasihbelumterlalubanyakdipergunakan.Olehkarenaituperludikembangkanmediapembelajaranberbasisandroidyangmampumemvisualisasikanmateripembelajaransertadapatdijalankanpadasmartphone.Sehinggatujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuiposespengembanganMediaPembelajaranMATKU(MatematikaSaku)padaMateriLuasPermukaandanVolumeBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMP/MTsKelasVIIIyangvalidpraktisdanefektifdan(2)menghasilkanMediaPembelajaranMATKUpadaMateriLuasPermukaandanVolumeBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMP/MTsKelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.MetodepenelitianyangdigunakanadalahResearchandDevelopment(RD)ataupenelitiandanpengembangan.Prosedurpenelitianinimengacupadamodelplompyangterdiridari5faseyangkemudianolehpenelitidimodifikasimenjadi4faseyaitu(1)FaseInvestigasiAwal(PrelimenaryInvestigation)(2)FaseDesain(Design)(3)FaseRealisasi/Konstruksi(Realization/Construction)dan(4)FaseTesEvaluasiDanRevisi(TestEvaluationAndRevision).HasilpenelitianyangdilakukandiSMPN2Kalidawirterdahap15siswakelasVIIImenunjukkanbahwa(1)mediapembelajaranyangdikembangkanvaliddenganskorkevalidan408berdasarkanahlimedia(2)mediapembelajaranyangdikembangkanvaliddenganskorkevalidan408berdasarkanahlimaterivii(3)mediapembelajaranyangdikembangkanpraktisdenganskorkevalidan471berdasarkanresponpenggunadenganpengisianangketdan(4)mediapembelajaranyangdikembangkanefektifberdasarkantingkatketuntasanbelajar15siswasebagaisubjekujisebesar8667%.Berdasarkanhasilujimediapembelajaranyangdikembangkanpenelitivalidpraktisdanefektifsehinggadapatdipergunakandalampembelajaranmatematikakhususnyamateriluaspermukaandanvolumebangunruangsisidatar.