Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII C SMPN 8 Malang / Lukman Choirurijal
Main Author: | Choirurijal, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16151/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANChoirurijalLukman.2018.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisPesertaDidikKelasVIIICSMPN8Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkandWrite(TTW)komunikasiMatematis.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelasVIIICSMPN8Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasimatematistertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Haliniberdasarkanhasilperkerjaansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikandandidukungjugaolehhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikabahwasiswamasihbelumdapatmerepresentasisuatupermasalahankontekstualdenganbenar.BerdasarkanpenelitianterdahulutipepembelajaraankooperatifyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswaadalahThinkTalkandWrite(TTW).PadapembelajarankooperatiftipeTTWmelibatkansiswadalamberpikirdanberkomunikasidengantemannyasebelummenuliskankembalipenyelesaiandarisuatupermasalahan.Daribeberapapermasalahandiataspenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTTWuntukmeningkatkankomunikasimatematissiswadalammenyelesaikansuatupermasalahan.Materiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmateribangunruangsisidatar.Halinikarenapadamateribangunruangseringmemunculkanpermasalahan-permasalahankontekstual.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaanpenelitiandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Datapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswasertahasiltesakhirtiapsiklus.HasilpelaksanaantesakhirsikluspadasiklusIdiperolehbahwadarikeempatkriteriameningkatnyakemampuankornunikasimatematissiswahanyaduakriteriayangterpenuhi.DalamhalinipenelitimelanjutkandenganpelaksanaansiklusIIdenganhasiltesakhirsiklusmemenuhisemuakriteriakomunikasimatematisyangtelahditentukanolehpeneliti.SelainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswatermasukdalamkategoriBaik.PengujiIIPengujiIDra.EtyTDCahyowatiM.PdDrs.EddyBudionoM.PdNIP196203181990022001NIP195703211988121001PengujiUtamaDr.EdyBambangIrawanM.PdNIP196002231985031003RINGKASANChoirurijalLukman.2018.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisPesertaDidikKelasVIIICSMPN8Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkandWrite(TTW)komunikasiMatematis.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelasVIIICSMPN8Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasimatematistertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Haliniberdasarkanhasilperkerjaansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikandandidukungjugaolehhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikabahwasiswamasihbelumdapatmerepresentasisuatupermasalahankontekstualdenganbenar.BerdasarkanpenelitianterdahulutipepembelajaraankooperatifyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswaadalahThinkTalkandWrite(TTW).PadapembelajarankooperatiftipeTTWmelibatkansiswadalamberpikirdanberkomunikasidengantemannyasebelummenuliskankembalipenyelesaiandarisuatupermasalahan.Daribeberapapermasalahandiataspenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTTWuntukmeningkatkankomunikasimatematissiswadalammenyelesaikansuatupermasalahan.Materiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmateribangunruangsisidatar.Halinikarenapadamateribangunruangseringmemunculkanpermasalahan-permasalahankontekstual.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaanpenelitiandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Datapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswasertahasiltesakhirtiapsiklus.HasilpelaksanaantesakhirsikluspadasiklusIdiperolehbahwadarikeempatkriteriameningkatnyakemampuankornunikasimatematissiswahanyaduakriteriayangterpenuhi.DalamhalinipenelitimelanjutkandenganpelaksanaansiklusIIdenganhasiltesakhirsiklusmemenuhisemuakriteriakomunikasimatematisyangtelahditentukanolehpeneliti.SelainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswatermasukdalamkategoriBaik.PengujiIIPengujiIDra.EtyTDCahyowatiM.PdDrs.EddyBudionoM.PdNIP196203181990022001NIP195703211988121001PengujiUtamaDr.EdyBambangIrawanM.PdNIP196002231985031003RINGKASANChoirurijalLukman.2018.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisPesertaDidikKelasVIIICSMPN8Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkandWrite(TTW)komunikasiMatematis.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelasVIIICSMPN8Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasimatematistertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Haliniberdasarkanhasilperkerjaansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikandandidukungjugaolehhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikabahwasiswamasihbelumdapatmerepresentasisuatupermasalahankontekstualdenganbenar.BerdasarkanpenelitianterdahulutipepembelajaraankooperatifyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswaadalahThinkTalkandWrite(TTW).PadapembelajarankooperatiftipeTTWmelibatkansiswadalamberpikirdanberkomunikasidengantemannyasebelummenuliskankembalipenyelesaiandarisuatupermasalahan.Daribeberapapermasalahandiataspenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTTWuntukmeningkatkankomunikasimatematissiswadalammenyelesaikansuatupermasalahan.Materiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmateribangunruangsisidatar.Halinikarenapadamateribangunruangseringmemunculkanpermasalahan-permasalahankontekstual.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaanpenelitiandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Datapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswasertahasiltesakhirtiapsiklus.HasilpelaksanaantesakhirsikluspadasiklusIdiperolehbahwadarikeempatkriteriameningkatnyakemampuankornunikasimatematissiswahanyaduakriteriayangterpenuhi.DalamhalinipenelitimelanjutkandenganpelaksanaansiklusIIdenganhasiltesakhirsiklusmemenuhisemuakriteriakomunikasimatematisyangtelahditentukanolehpeneliti.SelainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswatermasukdalamkategoriBaik.PengujiIIPengujiIDra.EtyTDCahyowatiM.PdDrs.EddyBudionoM.PdNIP196203181990022001NIP195703211988121001PengujiUtamaDr.EdyBambangIrawanM.PdNIP196002231985031003RINGKASANChoirurijalLukman.2018.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisPesertaDidikKelasVIIICSMPN8Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkandWrite(TTW)komunikasiMatematis.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelasVIIICSMPN8Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasimatematistertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Haliniberdasarkanhasilperkerjaansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikandandidukungjugaolehhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikabahwasiswamasihbelumdapatmerepresentasisuatupermasalahankontekstualdenganbenar.BerdasarkanpenelitianterdahulutipepembelajaraankooperatifyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswaadalahThinkTalkandWrite(TTW).PadapembelajarankooperatiftipeTTWmelibatkansiswadalamberpikirdanberkomunikasidengantemannyasebelummenuliskankembalipenyelesaiandarisuatupermasalahan.Daribeberapapermasalahandiataspenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTTWuntukmeningkatkankomunikasimatematissiswadalammenyelesaikansuatupermasalahan.Materiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmateribangunruangsisidatar.Halinikarenapadamateribangunruangseringmemunculkanpermasalahan-permasalahankontekstual.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaanpenelitiandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Datapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswasertahasiltesakhirtiapsiklus.HasilpelaksanaantesakhirsikluspadasiklusIdiperolehbahwadarikeempatkriteriameningkatnyakemampuankornunikasimatematissiswahanyaduakriteriayangterpenuhi.DalamhalinipenelitimelanjutkandenganpelaksanaansiklusIIdenganhasiltesakhirsiklusmemenuhisemuakriteriakomunikasimatematisyangtelahditentukanolehpeneliti.SelainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswatermasukdalamkategoriBaik.