Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII C SMPN 8 Malang / Lukman Choirurijal

Main Author: Choirurijal, Lukman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16151/
Daftar Isi:
  • RINGKASANChoirurijalLukman.2018.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisPesertaDidikKelasVIIICSMPN8Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkandWrite(TTW)komunikasiMatematis.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelasVIIICSMPN8Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasimatematistertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Haliniberdasarkanhasilperkerjaansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikandandidukungjugaolehhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikabahwasiswamasihbelumdapatmerepresentasisuatupermasalahankontekstualdenganbenar.BerdasarkanpenelitianterdahulutipepembelajaraankooperatifyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswaadalahThinkTalkandWrite(TTW).PadapembelajarankooperatiftipeTTWmelibatkansiswadalamberpikirdanberkomunikasidengantemannyasebelummenuliskankembalipenyelesaiandarisuatupermasalahan.Daribeberapapermasalahandiataspenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTTWuntukmeningkatkankomunikasimatematissiswadalammenyelesaikansuatupermasalahan.Materiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmateribangunruangsisidatar.Halinikarenapadamateribangunruangseringmemunculkanpermasalahan-permasalahankontekstual.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaanpenelitiandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Datapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswasertahasiltesakhirtiapsiklus.HasilpelaksanaantesakhirsikluspadasiklusIdiperolehbahwadarikeempatkriteriameningkatnyakemampuankornunikasimatematissiswahanyaduakriteriayangterpenuhi.DalamhalinipenelitimelanjutkandenganpelaksanaansiklusIIdenganhasiltesakhirsiklusmemenuhisemuakriteriakomunikasimatematisyangtelahditentukanolehpeneliti.SelainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswatermasukdalamkategoriBaik.PengujiIIPengujiIDra.EtyTDCahyowatiM.PdDrs.EddyBudionoM.PdNIP196203181990022001NIP195703211988121001PengujiUtamaDr.EdyBambangIrawanM.PdNIP196002231985031003RINGKASANChoirurijalLukman.2018.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisPesertaDidikKelasVIIICSMPN8Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkandWrite(TTW)komunikasiMatematis.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelasVIIICSMPN8Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasimatematistertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Haliniberdasarkanhasilperkerjaansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikandandidukungjugaolehhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikabahwasiswamasihbelumdapatmerepresentasisuatupermasalahankontekstualdenganbenar.BerdasarkanpenelitianterdahulutipepembelajaraankooperatifyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswaadalahThinkTalkandWrite(TTW).PadapembelajarankooperatiftipeTTWmelibatkansiswadalamberpikirdanberkomunikasidengantemannyasebelummenuliskankembalipenyelesaiandarisuatupermasalahan.Daribeberapapermasalahandiataspenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTTWuntukmeningkatkankomunikasimatematissiswadalammenyelesaikansuatupermasalahan.Materiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmateribangunruangsisidatar.Halinikarenapadamateribangunruangseringmemunculkanpermasalahan-permasalahankontekstual.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaanpenelitiandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Datapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswasertahasiltesakhirtiapsiklus.HasilpelaksanaantesakhirsikluspadasiklusIdiperolehbahwadarikeempatkriteriameningkatnyakemampuankornunikasimatematissiswahanyaduakriteriayangterpenuhi.DalamhalinipenelitimelanjutkandenganpelaksanaansiklusIIdenganhasiltesakhirsiklusmemenuhisemuakriteriakomunikasimatematisyangtelahditentukanolehpeneliti.SelainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswatermasukdalamkategoriBaik.PengujiIIPengujiIDra.EtyTDCahyowatiM.PdDrs.EddyBudionoM.PdNIP196203181990022001NIP195703211988121001PengujiUtamaDr.EdyBambangIrawanM.PdNIP196002231985031003RINGKASANChoirurijalLukman.2018.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisPesertaDidikKelasVIIICSMPN8Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkandWrite(TTW)komunikasiMatematis.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelasVIIICSMPN8Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasimatematistertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Haliniberdasarkanhasilperkerjaansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikandandidukungjugaolehhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikabahwasiswamasihbelumdapatmerepresentasisuatupermasalahankontekstualdenganbenar.BerdasarkanpenelitianterdahulutipepembelajaraankooperatifyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswaadalahThinkTalkandWrite(TTW).PadapembelajarankooperatiftipeTTWmelibatkansiswadalamberpikirdanberkomunikasidengantemannyasebelummenuliskankembalipenyelesaiandarisuatupermasalahan.Daribeberapapermasalahandiataspenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTTWuntukmeningkatkankomunikasimatematissiswadalammenyelesaikansuatupermasalahan.Materiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmateribangunruangsisidatar.Halinikarenapadamateribangunruangseringmemunculkanpermasalahan-permasalahankontekstual.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaanpenelitiandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Datapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswasertahasiltesakhirtiapsiklus.HasilpelaksanaantesakhirsikluspadasiklusIdiperolehbahwadarikeempatkriteriameningkatnyakemampuankornunikasimatematissiswahanyaduakriteriayangterpenuhi.DalamhalinipenelitimelanjutkandenganpelaksanaansiklusIIdenganhasiltesakhirsiklusmemenuhisemuakriteriakomunikasimatematisyangtelahditentukanolehpeneliti.SelainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswatermasukdalamkategoriBaik.PengujiIIPengujiIDra.EtyTDCahyowatiM.PdDrs.EddyBudionoM.PdNIP196203181990022001NIP195703211988121001PengujiUtamaDr.EdyBambangIrawanM.PdNIP196002231985031003RINGKASANChoirurijalLukman.2018.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisPesertaDidikKelasVIIICSMPN8Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkandWrite(TTW)komunikasiMatematis.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelasVIIICSMPN8Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasimatematistertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Haliniberdasarkanhasilperkerjaansiswadalammenyelesaikanpermasalahanyangdiberikandandidukungjugaolehhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikabahwasiswamasihbelumdapatmerepresentasisuatupermasalahankontekstualdenganbenar.BerdasarkanpenelitianterdahulutipepembelajaraankooperatifyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswaadalahThinkTalkandWrite(TTW).PadapembelajarankooperatiftipeTTWmelibatkansiswadalamberpikirdanberkomunikasidengantemannyasebelummenuliskankembalipenyelesaiandarisuatupermasalahan.Daribeberapapermasalahandiataspenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTTWuntukmeningkatkankomunikasimatematissiswadalammenyelesaikansuatupermasalahan.Materiyangdigunakandalampenelitianiniadalahmateribangunruangsisidatar.Halinikarenapadamateribangunruangseringmemunculkanpermasalahan-permasalahankontekstual.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaanpenelitiandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Datapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswasertahasiltesakhirtiapsiklus.HasilpelaksanaantesakhirsikluspadasiklusIdiperolehbahwadarikeempatkriteriameningkatnyakemampuankornunikasimatematissiswahanyaduakriteriayangterpenuhi.DalamhalinipenelitimelanjutkandenganpelaksanaansiklusIIdenganhasiltesakhirsiklusmemenuhisemuakriteriakomunikasimatematisyangtelahditentukanolehpeneliti.SelainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswatermasukdalamkategoriBaik.