Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif TRANSMETRI untuk Membelajarkan Siswa tentang Transformasi Geometri di SMP / Sofi Selawati

Main Author: Selawati, Sofi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16145/
Daftar Isi:
  • RINGKASANSelawatiSofi.2018.PengembanganMediaPembelajaranManipulatifTRANSMETRIuntukMembelajarkanSiswatentangTransformasiGeometridiSMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc.KataKuncimediapembelajaranmanipulatifmediapembelajaranmatematikatransformasigeometriTransformasigeometrimerupakansalahsatumateridalammatapelajaranmatematikadisekolahmenengah.Siswasekolahmenengahmasihbanyakmengalamimiskonsepsidankesulitandalammemahamikonsepdasarpadamateritransformasigeometri(Ozerem201231).Pembelajaranmatematikasebaiknyadidesainmenggunakanbahanmanipulatifsehinggadapatmerangsangsiswauntukmengembangkangagasandanmemanfaatkansumberbelajaryangada.NamunsaatinitidakbanyakterdapatmediapembelajaranmanipulatifuntukmateritransformasigeometridiSMPyangsederhananamundapatmemfasilitasisiswauntukmengonstruksisendirikonseptransformasigeometri.PenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmengkajiprosesdanmenghasilkanprodukmediapembelajaranmanipulatifTRANSMETRIpadamateritransformasigeometridiSMPyangvalidpraktisdanefektif.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganADDIEyaituAnalyze(TahapAnalisis)Design(TahapPerencanaan)Develop(TahapPengembangan)Implement(TahapImplementasi)danEvaluate(TahapEvaluasi).Modelinidipilihkarenasesuaidengankebutuhanpenelitidalampenelitianpengembanganyangakandilakukan.Padapenelitianinidilakukanujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehduavalidatoryaituseorangdosenmatematikadanseoranggurumatematikadiSMP.Setelahmediadinyatakanvalidmakamediadiujicobakankepada10siswaSMPkelasVIII.Ujikepraktisandilakukanmelaluipemberianangketresponsiswa.Ujikeefektifandilakukanmelaluipemberiantesevaluasipadaakhirpembelajaran.Hasilujikeefektifandiperolehdaripresentasesiswayangmemenuhiketuntasanbelajarminimal75.