Perbedaan kreativitas belajar antara siswa yang tergabung dalam kelompok ilmiah remaja (KIR) dengan siswa yang tidak tergabung dalam kelompok ilmiah remaja (KIR) di SMA Negeri 1 Purwosari / Yoevy Prasetyo
Main Author: | Prasetyo, Yoevy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1614/ |
Daftar Isi:
- Kreativitasadalahkemampuanseseoranguntukmelahirkansesuatuyangbarubaikberupagagasanmaupunkaryanyatayangrelatifberbedadenganapayangadasebelumnya.Secarapsikologispengertiankreativitasadalahsatuanpotensiyangadapadadirimanusia.KelompokIlmiahRemajaberartisuatukelompokyanganggotanyaterdiripararemajayangmempunyaikegiatanutamayangbersifatilmiah.DalamduniapendidikanaktivitasKelompokIlmiahRemajamerupakansuatukegiatanaktivitasekstrakurikuleryangberusahamenggalipotensiyangadapadaremajaatausiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)Untukmengetahuitingkatkreativitasbelajarsiswayangtergabungdalamkelompokilmiahremaja(KIR)(2)UntukmengetahuitingkatkreativitasbelajarsiswayangtidaktergabungdalamkelompokilmiahremajadiSMANegeri1Purwosari(3)Untukmengetahuiperbedaankreativitasbelajarantarasiswayangtergabungdalamkelompokilmiahremaja(KIR)dengansiswayangtidaktergabungdalamkelompokilmiahremajadiSMANegeri1PurwosariJenispenelitianiniadalahdeskriptifkomparatif.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXISMANegeri1PurwosariTahunAjaran2007/2008yangberjumlah357orangsiswa.SampelpenelitianiniadalahsiswakelasXIyangberjumlah56orangsiswa.TeknikpengambilansampelyangdigunakanadalahTotalSamplingdanProporsionalRandomSampling.InstrumenyangdigunakanuntukKreativitasBelajaradalahangketterstrukturyangterdiridariitemPositifdanNegatif.Teknikyangdigunakanadalahpersentaseujinormalitasujihomogenitasdanujitdankorelasiproductmomentdengantarafkepercayaan95%dantingkattoleransikesalahan5%.HasilpenelitianyangmengkutiKIRmenunjukkanbahwaSangatSedikit(125%)siswamempunyaitingkatkreativitasbelajardalamkategoriSangatTinggiCukupBanyak(4464%)siswamempunyaitingkatkreativitasbelajardalamkategoriTinggiSedikit(3928%)siswamempunyaitingkatkreativitasbelajardalamkategoriSedangSangatSedikit(357%)siswamempunyaitingkatkreativitasbelajardalamkategoriRendahdanyangtidakmengikutiKIRSangatSedikit(1126%)siswamempunyaitingkatkreativitasbelajardalamkategoriSangatTinggiSedikit(3098%)siswamempunyaitingkatkreativitasbelajardalamkategoriTinggiCukupBanyak(4507%)siswamempunyaitingkatkreativitasbelajardalamkategoriSedangSangatSedikit(1267%)siswamempunyaitingkatkreativitasbelajardalamkategoriRendah.Hasilanalisisdiperolehperhitunganuji-tvariabelkreativitasbelajarsiswayangmengikutikegiatanKIRdanyangtidakmengikutikegiatanKIRdiSMUNegeri1PurwosaridenganmenggunakanprogamSPSSversi1200diperolehkoefisient-hitung(t-value)yaitusebesar2395dengankoefisienprobabilitasnya0000.Berdasarkanhasilpenelitianmakapeneltimanyarankankepadabeberapapihakyaitu(1)Paraguruperlumemberikanrangsangandandukungandalammenumbuhkankreativitasbelajarsiswadengancaramenciptakanpelayananpembelajaranyangmenjadikansiswamerasabebasmengemukakanpikiranataupendapatsertagagasan.(2)ParasiswayangmengikutikegiatanKelompokIlmiahRemajamaupunyangtidakmengikutikegiatanKelompokIlmiahRemajaperlumenambahaktivitasyangmenumbuhkankreativitas.(3)Parakonselorsupayasenantiasaaktifuntukmemberikanbimbingansertamemberikankesempatandanpeluanguntukberkreativitassecaratepat.