Pengembangan pop-up book sebagai media pembelajaran untuk memahamkan siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII / Putri Ariningtyas
Main Author: | Ariningtyas, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16137/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANAriningtyasPutri.2018.PengembanganMediaPembelajaranPop-UpBookSebagaiMediaPembelajaranuntukMemahamkanSiswapadaMateriBangunRuangSisiDatarKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.TotoNusantaraM.Si.KataKuncipop-upbookmediapembelajaranbangunruangsisidatarMatematikaadalahsalahsatumatapelajaranyangdiberikanketikadisekolahmenengahpertama(SMP).BerdasarkanwawancarayangdilakukandengansalahsatugurumatematikaSMPN9Malangdiketahuibahwasiswamengalamikesulitanpadamateribangunruangsisidatarkhususnyapadatopikmenentukanrumusluaspermukaandanvolume.Siswamasihsulituntukmembayangkanbentukkonkretbangunruangdansiswalebihbanyakmenghafalkanrumusyangdiberikanolehguru.DalampembelajarangurumenggunakanmetodeceramahdilengkapidenganLembarKerjaSiswa(LKS)belumadanyamediapembelajarandisekolahuntukmendukungmateripembelajarantersebut.Pop-upadalahsebuahkartuataubukuyangketikadibukabisamenampilkanbentuk3dimensiatautimbulpop-upmerupakanterobosanberbedadimanadapatmembuatobjekmenjaditampaknyata.Penelitianinibertujuanmengembangkanmediapembelajaranpop-upbooksebagaimediapembelajaranuntukmemahamkansiswapadamateriBangunRuangSisiDatarsiswaKelasVIIIyangvalidpraktissertaefektif.ModelyangdigunakandalampengembanganadalahmodelPlomp.Pengembanganiniterdapattigalangkahpenelitianyaitu(1)Penelitianawal(2)Faseprototypedan(3)Fasepenilaian.ProdukyangtelahdikembangkandivalidasiolehvalidatoryaituseorangdosenmatematikaUniversitasNegeriMalangdanseoranggurumatematikaSMPN9Malang.Ujicobalapangankepada12orangsiswakelasVIIISMPN9Malangdengankemampuanheterogen.Berdasarkanhasilujikevalidanmediaolehkeduavalidatordiperolehskor358validasimateri366validasisoal367validasilembarkerjasiswa367danvalidasiangketresponsiswa358.Skorrata-ratahasilujikepraktisanadalah348sertakomentardarisiswayangmenyatakanbahwamediapembelajaraninimembatumerekasaatprosespembelajaran.viiSedangkanhasilujikeefektifandidapatkan8333%siswamemperolehnilaidiatasKKMyaitu75sehinggamediapembelajaranpop-upbookyangtelahdikembangkandinyatakanvalidpraktisdanefektifsehinggalayakdigunakansebagaimediapembelajaransiswa.