Pembelajaran model kooperatif Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP / Vitya Lusiana Andriany
Main Author: | Andriany, Vitya Lusiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16136/ |
Daftar Isi:
- vABSTRAKAndrianyVityaLusiana.2018.PembelajaranModelKooperatifTipeGroupInvestigation(GI)untukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisSiswaSMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SudirmanM.Si.KataKuncigroupinvestigationkemampuankomunikasimatematisKemampuankomunikasimatematisadalahkemampuansiswadalammengemukakandanmenjelaskangagasanmatematisyangdimilikisecaratertulis.Kemampuankomunikasitertulisadalahkemampuansiswadalammerepresentasikangagasanmatematisdanmenguraikanpemecahanmasalahsecaratertulis.Siswayangmemilikikomunikasiyangbaikakandapatmenggunakanbahasamatematisuntukmengekspresikangagasanmatematissertadapatberargumendengantepatsingkatdanlogis.Komunikasimatematisjugamembantusiswamengembangkanpemahamanmerekaterhadapmatematikadanmempertajamberfikirmatematissertaberperandalammemahamiide-idematematikasecarabenar.Kemampuankomunikasimatematisyangdimilikisiswaakanberhubungandenganhasilbelajaryangdimilikisiswatersebut.Siswayangmemilikikemampuankomunikasimatematisyangbaikakanberdampakpositifpadahasilbelajarsiswatersebut.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendiskripsikanpembelajaranmodelkooperatiftipeGroupInvestigation(GI)yangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematisSMP.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)dengansubjeksiswakelasVIII-DSMPNegeri2Malangyangberjumlah30siswa.Intrumenyangdigunakandalampenelitianadalahlembarobservasiaktivitasgurulembarobservasiaktivitassiswasoaltesyangberdasarkanaspekkomunikasimatematisdancatatanlapangan.vi