Pembelajaran model kooperatif Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP / Vitya Lusiana Andriany

Main Author: Andriany, Vitya Lusiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16136/
Daftar Isi:
  • vABSTRAKAndrianyVityaLusiana.2018.PembelajaranModelKooperatifTipeGroupInvestigation(GI)untukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisSiswaSMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SudirmanM.Si.KataKuncigroupinvestigationkemampuankomunikasimatematisKemampuankomunikasimatematisadalahkemampuansiswadalammengemukakandanmenjelaskangagasanmatematisyangdimilikisecaratertulis.Kemampuankomunikasitertulisadalahkemampuansiswadalammerepresentasikangagasanmatematisdanmenguraikanpemecahanmasalahsecaratertulis.Siswayangmemilikikomunikasiyangbaikakandapatmenggunakanbahasamatematisuntukmengekspresikangagasanmatematissertadapatberargumendengantepatsingkatdanlogis.Komunikasimatematisjugamembantusiswamengembangkanpemahamanmerekaterhadapmatematikadanmempertajamberfikirmatematissertaberperandalammemahamiide-idematematikasecarabenar.Kemampuankomunikasimatematisyangdimilikisiswaakanberhubungandenganhasilbelajaryangdimilikisiswatersebut.Siswayangmemilikikemampuankomunikasimatematisyangbaikakanberdampakpositifpadahasilbelajarsiswatersebut.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendiskripsikanpembelajaranmodelkooperatiftipeGroupInvestigation(GI)yangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematisSMP.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)dengansubjeksiswakelasVIII-DSMPNegeri2Malangyangberjumlah30siswa.Intrumenyangdigunakandalampenelitianadalahlembarobservasiaktivitasgurulembarobservasiaktivitassiswasoaltesyangberdasarkanaspekkomunikasimatematisdancatatanlapangan.vi