Pengembangan lembar kerja siswa pada materi peluang dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa kelas VIII / NiÔÇÖmatul Istiqomah
Main Author: | Istiqomah, NiÔÇÖmatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16134/ |
Daftar Isi:
- ivRINGKASANIstiqomahNimatul.2018.PengembanganLembarKerjaSiswapadaMateriPeluangdenganPendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)untukSiswaKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.DwiyanaM.PdPh.D.KataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)RealisticMathematicsEducation(RME)materipeluangSalahsatucarauntukmelibatkansiswasecaraaktifdalampembelajaranialahdenganmenggunakansuatubahanajarsepertiLembarKerjaSiswa(LKS).NamunmenuruthasilobservasiLKSyangseringdipakaiolehsiswakelasVIIIDSMPN2Malanghanyamemuatringkasandanlatihansoalsaja.Halinisangatdisayangkankarenakurikulum2013menginginkanpembelajaranyangterkonstruk.Khususnyapadamateripeluangyangseringmenggunakanpermasalahannyatayangsusahdibayangkanolehsiswa.Siswaharusmemahamidasarpeluangsebelummulaimengerjakansoal.Mengonstrukadalahsalahsatucaraagarsiswadapatmemahamidasarpeluang.PendekatanRMEdapatdigunakanuntukmengonstrukkarenamemilikikarakteristiksebagaiberikut1)penggunaankonteks2)penggunaanmodel3)penggunaanhasilstrategisiswa4)interaktivitasdan5)keterkaitan.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanLKSdenganpendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)padamateripeluanguntuksiswaSMPkelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelPlomp(200715)dengantigafaseyaitu1)preliminaryresearch(penelitianawal)2)prototypingphase(fasepengembanganprototipe)dan3)assessmentphase(fasepenilaian).Padapenelitianpengembanganinidilakukanujikevalidankepraktisandankeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehduavalidatoryaituvalidatorahlidanvalidatorpraktisi.Ujikepraktisandidapatkandarihasilobservasikegiatansiswayangdilakukanolehduaorangobserverdandarihasilangketsiswa.Sedangkanujikeefektifandidapatkandarihasiltessiswa.vBerdasarkananalisisdatadiperolehhasilbahwa1)LKSdinyatakanvaliddenganskorakhir3562)LKSdinyatakanpraktisdenganskorakhir328darilembarobservasikegiatansiswadanskorakhir331dariangketsiswa3)LKSdinyatakanefektifdengantingkatketuntasansiswayangmencapai8571%.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.DewanPengujiAnggotaAnggotaDrs.DwiyanaM.PdPh.DDr.Ir.HendroPermadiM.SiNIP.195403061982031005NIP.196612241999031001KetuaDr.INengahPartaS.PdM.SiNIP.196612291993021001