Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis penemuan terbimbing untuk membelajarkan sistem pertidaksamaan dua variabel (kuadrat-kuadrat) di SMA / Yatim Ardika Yanti
Main Author: | Yanti, Yatim Ardika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16126/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANYantiYatimArdika.2018.PengembanganUnitKegiatanBelajarMandiri(UKBM)BerbasisPenemuanTerbimbinguntukMembelajarakanSistemPertidaksamaanDuaVariabel(Kuadrat-Kuadrat)diSMA.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc.KataKunciUKBMpenemuanterbimbingsistempertidaksamaanduavariabelPerkembanganduniapendidikanIndonesiabelakanganinimeningkatcepathalinikarenakebijakanpemerintahdalampembaruanpendidikanyangsemakinditingkatkan.Sepertihalnyapemberlakuankurikulum2013yangterusmenerusdiperbaharuidanjugamunculnyainovasi-inovasidalampelaksanaanpembelajarantidakterkecualidalampembelajaranmatematika.DirektoratPembinaSMAmenyuguhkaninovasibarudenganpenyusunanUnitKegiatanBelajarMandiriyangselanjutnyadisebutUKBMsebagaiperangkatbagiajarpesertadidik.UKBMinibarudiberlakukanpadajenjangSMAtahunajaran2017/2018danhanyaditerapkandisekolahyangmemberlakukanSistemKreditSemester.BerdasarkansurveiyangpenulislakukanUKBMyangdigunakanmasihbelummengarahpadapembelajaranyangbersifatpenemuan.SehinggapenulismengembangkanUKBMberbasispenemuanterbimbingpadapokokbahasansistempertidaksamaanduavariabel.PengembanganUKBMberbasispenemuanterbimbinginimenggunakanmetodepenelitianpengembanganyangdiadaptasidandimodifikasidaripenelitianpengembanganmodelPlomp(1997).Adapunfase-faseyangtelahdimodifikasiyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi(4)fasetes/evaluasi/revisi.UKBMyangdihasilkaninimeliputibeberapakomponenyakni(1)identitas(2)petakonsep(3)kegiatanpembelajaranyangmencakuppenyajianstimulusberupaceritakontekstualtigakegiatanbelajarmateridenganprosespenemuandanpenutup.UKBMberbasispenemuanterbimbingdiujikevalidankepraktisandankeefektifannyagunamengetahuikelayakannyasebagaiperangkatpembelajaran.SkorkevalidanuntukUKBM352RPP344soaltes350danangketresponpesertadidik350.Skoruntukkepraktisanyaitu328yangmenyatakanUKBMtersebutpraktis.Tingkatkeefektifannya8636%pesertadidiktuntasbelajar.SehinggaberdasarkandatakevalidankepraktisandankeefektifanmakaUKBMberbasispenemuanterbimbinglayakdigunakansebagaiperangkatajaryangmembantumembelajarkanmaterisistempertidaksamaanduavariabel.