Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis penemuan terbimbing untuk membelajarkan sistem pertidaksamaan dua variabel (kuadrat-kuadrat) di SMA / Yatim Ardika Yanti

Main Author: Yanti, Yatim Ardika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/16126/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANYantiYatimArdika.2018.PengembanganUnitKegiatanBelajarMandiri(UKBM)BerbasisPenemuanTerbimbinguntukMembelajarakanSistemPertidaksamaanDuaVariabel(Kuadrat-Kuadrat)diSMA.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc.KataKunciUKBMpenemuanterbimbingsistempertidaksamaanduavariabelPerkembanganduniapendidikanIndonesiabelakanganinimeningkatcepathalinikarenakebijakanpemerintahdalampembaruanpendidikanyangsemakinditingkatkan.Sepertihalnyapemberlakuankurikulum2013yangterusmenerusdiperbaharuidanjugamunculnyainovasi-inovasidalampelaksanaanpembelajarantidakterkecualidalampembelajaranmatematika.DirektoratPembinaSMAmenyuguhkaninovasibarudenganpenyusunanUnitKegiatanBelajarMandiriyangselanjutnyadisebutUKBMsebagaiperangkatbagiajarpesertadidik.UKBMinibarudiberlakukanpadajenjangSMAtahunajaran2017/2018danhanyaditerapkandisekolahyangmemberlakukanSistemKreditSemester.BerdasarkansurveiyangpenulislakukanUKBMyangdigunakanmasihbelummengarahpadapembelajaranyangbersifatpenemuan.SehinggapenulismengembangkanUKBMberbasispenemuanterbimbingpadapokokbahasansistempertidaksamaanduavariabel.PengembanganUKBMberbasispenemuanterbimbinginimenggunakanmetodepenelitianpengembanganyangdiadaptasidandimodifikasidaripenelitianpengembanganmodelPlomp(1997).Adapunfase-faseyangtelahdimodifikasiyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi(4)fasetes/evaluasi/revisi.UKBMyangdihasilkaninimeliputibeberapakomponenyakni(1)identitas(2)petakonsep(3)kegiatanpembelajaranyangmencakuppenyajianstimulusberupaceritakontekstualtigakegiatanbelajarmateridenganprosespenemuandanpenutup.UKBMberbasispenemuanterbimbingdiujikevalidankepraktisandankeefektifannyagunamengetahuikelayakannyasebagaiperangkatpembelajaran.SkorkevalidanuntukUKBM352RPP344soaltes350danangketresponpesertadidik350.Skoruntukkepraktisanyaitu328yangmenyatakanUKBMtersebutpraktis.Tingkatkeefektifannya8636%pesertadidiktuntasbelajar.SehinggaberdasarkandatakevalidankepraktisandankeefektifanmakaUKBMberbasispenemuanterbimbinglayakdigunakansebagaiperangkatajaryangmembantumembelajarkanmaterisistempertidaksamaanduavariabel.