Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Malang / Ika Ramadhani Permatasari
Main Author: | Permatasari, Ika Ramadhani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16117/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANPermatasariIkaRamadhani.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningPadaMataPelajaranMatematikaMateriSistemPersamanLinearDuaVariabelUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidikKelasIXdiSMPNegeri2Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.H.M.ShohibulKahfiM.Pd.KataKunciProblembasedlearningsistempersamaanlinearduavariabelhasilbelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri2MalangdiketahuihasitespesertadidikkhususnyapadakelasIXdisemestergenapyangpalingrendahterdapatpadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV)khususnyapadamasalahkonstektualdibandingmateripeluangbidangkartesiusdanfungsikuadratyangterdapatpadakelasIXdisemestergenap.HaltersebutmembuatpenelititertarikuntukmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)perangurudalampembelajaraniniadalahmenyajikansuatumasalahyangadadikehidupansehari-haripesertadidikberperanaktifuntukmempresentasikanide-idedanketerampilanyangmerekamiliki.PenelitianinidilaksanakanmelaluipendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).PTKinidilaksanakandalam2siklus.SiklusIdilaksanakanpadatanggal26Februari2018sampaidengan1Maret2018sedangkansiklusIIdilaksanakanpadatanggal5Maret2018sampaidengan13Februari2018.Setiapsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelasIXJdiSMPNegeri2Malangpadatahunajaran2017/2018sebanyak32pesertadidikyangterdiridari11pesertadidiklaki-lakidan21pesertadidikperempuan.Datayangdikumpulkanpadapenelitianinimeliputi1)hasillembarobservasikegiatangurudanpesertadidik2)hasilcatatanlapangan3)pretestdan4)posttest.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningyangdilakukandenganlangkah-langkahsebagaiberikut1)mengarahkanpesertadidikpadamasalah2)mengorganisasikanpesertadidikuntukbelajar3)membantupenyelidikanindividudankelompok4)mengembangkandanmenyajikanhasilkerjadan5)menganalisisdanmengevaluasiprosespenyelesaianmasalahdapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikpadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabelpadakelasIXdiSMPNegeri2Malang.KeterlaksanaanmodelpembelajaranproblembasedlearningpadasiklusIhasilpretestImenunjukkanpesertadidikyangtuntasataupesertadidikyangtuntaskemudianmeningkatpadahasilposttestImenunjukkanpesertadidikyangtuntasataupesertadidikyangtuntas.viKeterlaksanaanpadasiklusIIhasilpretestIImenunjukkanpesertadidikyangdiatasKKMataupesertadidikyangdiatasKKMkemudianmeningkatpadahasilposttestIImenunjukkanpesertadidikyangdiatasKKMataupesertadidikyangdiatasKKM.PadasiklusIskorrata-ratahasilketerlaksanaanmodelpembelajaranterhadaplembarobservasigurumenunjukkankemudianmeningkatpadasiklusIImenunjukkan94.89.SedangkanpadasiklusIskorrata-ratahasilketerlaksanaanmodelpembelajaranterhadaplembarobservasipesertadidikmenunjukkankemudianmeningkatpadasiklusIImenunjukkan.Sesuaidengankriteriakeberhasilanlebihdari77%pesertadidiksudahmencapainilaiKKMyaitu77sertahasillembarobservasikegiatangurudanlembarpesertadidikyangberadapadakategorisangatbaik.DengandemikianpenelitianinidikatakanberhasildandihentikanpadasiklusII.