Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Malang / Ika Ramadhani Permatasari

Main Author: Permatasari, Ika Ramadhani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16117/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANPermatasariIkaRamadhani.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningPadaMataPelajaranMatematikaMateriSistemPersamanLinearDuaVariabelUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidikKelasIXdiSMPNegeri2Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.H.M.ShohibulKahfiM.Pd.KataKunciProblembasedlearningsistempersamaanlinearduavariabelhasilbelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri2MalangdiketahuihasitespesertadidikkhususnyapadakelasIXdisemestergenapyangpalingrendahterdapatpadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV)khususnyapadamasalahkonstektualdibandingmateripeluangbidangkartesiusdanfungsikuadratyangterdapatpadakelasIXdisemestergenap.HaltersebutmembuatpenelititertarikuntukmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)perangurudalampembelajaraniniadalahmenyajikansuatumasalahyangadadikehidupansehari-haripesertadidikberperanaktifuntukmempresentasikanide-idedanketerampilanyangmerekamiliki.PenelitianinidilaksanakanmelaluipendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).PTKinidilaksanakandalam2siklus.SiklusIdilaksanakanpadatanggal26Februari2018sampaidengan1Maret2018sedangkansiklusIIdilaksanakanpadatanggal5Maret2018sampaidengan13Februari2018.Setiapsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelasIXJdiSMPNegeri2Malangpadatahunajaran2017/2018sebanyak32pesertadidikyangterdiridari11pesertadidiklaki-lakidan21pesertadidikperempuan.Datayangdikumpulkanpadapenelitianinimeliputi1)hasillembarobservasikegiatangurudanpesertadidik2)hasilcatatanlapangan3)pretestdan4)posttest.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningyangdilakukandenganlangkah-langkahsebagaiberikut1)mengarahkanpesertadidikpadamasalah2)mengorganisasikanpesertadidikuntukbelajar3)membantupenyelidikanindividudankelompok4)mengembangkandanmenyajikanhasilkerjadan5)menganalisisdanmengevaluasiprosespenyelesaianmasalahdapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikpadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabelpadakelasIXdiSMPNegeri2Malang.KeterlaksanaanmodelpembelajaranproblembasedlearningpadasiklusIhasilpretestImenunjukkanpesertadidikyangtuntasataupesertadidikyangtuntaskemudianmeningkatpadahasilposttestImenunjukkanpesertadidikyangtuntasataupesertadidikyangtuntas.viKeterlaksanaanpadasiklusIIhasilpretestIImenunjukkanpesertadidikyangdiatasKKMataupesertadidikyangdiatasKKMkemudianmeningkatpadahasilposttestIImenunjukkanpesertadidikyangdiatasKKMataupesertadidikyangdiatasKKM.PadasiklusIskorrata-ratahasilketerlaksanaanmodelpembelajaranterhadaplembarobservasigurumenunjukkankemudianmeningkatpadasiklusIImenunjukkan94.89.SedangkanpadasiklusIskorrata-ratahasilketerlaksanaanmodelpembelajaranterhadaplembarobservasipesertadidikmenunjukkankemudianmeningkatpadasiklusIImenunjukkan.Sesuaidengankriteriakeberhasilanlebihdari77%pesertadidiksudahmencapainilaiKKMyaitu77sertahasillembarobservasikegiatangurudanlembarpesertadidikyangberadapadakategorisangatbaik.DengandemikianpenelitianinidikatakanberhasildandihentikanpadasiklusII.