Representasi dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa / Devinta Reza Prasanti
Main Author: | Prasanti, Devinta Reza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16113/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANPrasantiDevintaReza.2018.RepresentasidalamMenyelesaikanMasalahBarisanBerdasarkanTingkatKemampuanSiswa.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SusiwoM.Si.KataKuncirepresentasimatematisbarisantingkatkemampuansiswaKemampuanrepresentasimerupakansalahsatukemampuanmatematisyangharusdimilikiolehsiswa.Representasiyangdimunculkanolehsiswamerupakanungkapandarigagasanatauide-idematematisyangditampilkansiswadalamupayanyauntukmencarisolusidarimasalahyangdihadapinya.Hadirnyarepresentasidianggapsebagaisumberyangpentingdalammengurangikesulitanpenyelesaianmasalahmatematika.Dengandemikianrepresentasimatematisberperanbesardalampenyelesaianmasalahmatematika.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanrepresentasimatematisdalammenyelesaikanmasalahbarisanberdasarkantingkatkemampuansiswa.Haliniditinjaudarikeberagamanrepresentasiyangdigunakansiswapadalembarjawabandalammenyelesaikanmasalahbarisan.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Instrumendalampenelitianiniadalahtespengetahuanprasyaratteskemampuanrepresentasimatematisdanpedomanwawancara.Subjekpenelitianditentukanberdasarkanhasiltespengetahuanprasyaratsedangkandatadiperolehdarihasilteskemampuanrepresentasimatematisdanwawancara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadalammenyelesaikanmasalahbarisansiswaberkemampuantinggimenggunakanrepresentasiverbalvisualdansimbolik.Siswaberkemampuantinggimelakukankeempattahappenyelesaianmasalahsehinggamemperolehjawabanyangbenar.Sedangkansiswaberkemampuansedanghanyamenggunakanrepresentasiverbaldansimbolik.Siswaberkemampuansedangtidakmelakukantahapmemeriksakembalipadasalahsatusoalsaatmenyelesaikanmasalahtetapijawabanyangdiperolehbenar.Sementarasiswaberkemampuanrendahmenggunakanrepresentasiverbalvisualdansimbolik.Padasaatmenyelesaianmasalahsiswaberkemampuanrendahtidakmelakukantahapmemeriksakembalipadakeduasoaldanjawabanyangdiperolehsalah.