Representasi dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa / Devinta Reza Prasanti

Main Author: Prasanti, Devinta Reza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/16113/
Daftar Isi:
  • RINGKASANPrasantiDevintaReza.2018.RepresentasidalamMenyelesaikanMasalahBarisanBerdasarkanTingkatKemampuanSiswa.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SusiwoM.Si.KataKuncirepresentasimatematisbarisantingkatkemampuansiswaKemampuanrepresentasimerupakansalahsatukemampuanmatematisyangharusdimilikiolehsiswa.Representasiyangdimunculkanolehsiswamerupakanungkapandarigagasanatauide-idematematisyangditampilkansiswadalamupayanyauntukmencarisolusidarimasalahyangdihadapinya.Hadirnyarepresentasidianggapsebagaisumberyangpentingdalammengurangikesulitanpenyelesaianmasalahmatematika.Dengandemikianrepresentasimatematisberperanbesardalampenyelesaianmasalahmatematika.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanrepresentasimatematisdalammenyelesaikanmasalahbarisanberdasarkantingkatkemampuansiswa.Haliniditinjaudarikeberagamanrepresentasiyangdigunakansiswapadalembarjawabandalammenyelesaikanmasalahbarisan.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Instrumendalampenelitianiniadalahtespengetahuanprasyaratteskemampuanrepresentasimatematisdanpedomanwawancara.Subjekpenelitianditentukanberdasarkanhasiltespengetahuanprasyaratsedangkandatadiperolehdarihasilteskemampuanrepresentasimatematisdanwawancara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadalammenyelesaikanmasalahbarisansiswaberkemampuantinggimenggunakanrepresentasiverbalvisualdansimbolik.Siswaberkemampuantinggimelakukankeempattahappenyelesaianmasalahsehinggamemperolehjawabanyangbenar.Sedangkansiswaberkemampuansedanghanyamenggunakanrepresentasiverbaldansimbolik.Siswaberkemampuansedangtidakmelakukantahapmemeriksakembalipadasalahsatusoalsaatmenyelesaikanmasalahtetapijawabanyangdiperolehbenar.Sementarasiswaberkemampuanrendahmenggunakanrepresentasiverbalvisualdansimbolik.Padasaatmenyelesaianmasalahsiswaberkemampuanrendahtidakmelakukantahapmemeriksakembalipadakeduasoaldanjawabanyangdiperolehsalah.