Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII / Mitafatul Inayah
Main Author: | Inayah, Mitafatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16108/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANInayahMitafatul.2018.PengembanganLembarKerjaPesertaDidik(LKPD)BerbasisContextualTeachingLearning(CTL)padaMateriLingkaranuntukPesertaDidikSMP/MTsKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.M.ShohibulKahfiM.Pd.KataKunciContextualTeachingLearning(CTL)LembarKerjaPesertaDidik(LKPD)LingkaranPembelajaranyangberlakudiIndonesiamenekankanpembelajaranstudent-centered.Peranguruyangtadinyahanyapendidikdankorektorsekarangberkembangpulamenjadifasilitatormediatorinspiratorinformatordanevaluator.Olehkarenaitugurumembutuhkanbahanajaragarsiswaterlibatsecaraaktifdalampembelajaran.BahanajaryangdisediakanolehsekolahpadaumumnyahanyabukupaketMatematikayangditerbitkanolehkemendikbud.Mayoritaspesertadidikdangurubelumbisamendapatkanbukupaketyangsesuaikurikulumkarenakurikulummasihtergolongbaru.GurudapatmembuatbahanajardalambentukLKPDberbasisContextualTeachingandLearning(CTL)sebagaisolusi.BeberapahalyangmembuatLKPDberbasisContextualTeachingandLearning(CTL)cocokdenganpesertadidikyaitupesertadidikdapatbekerjaaktifmembangunketerkaitandanmengembangkansetiapindividumasing-masing.Pesertadidikakandilatihsecarasistematisdalammenyelesaikanmasalahmatematikayangberkaitandengankehidupansehari-hari.BerdasarkanhaltersebutmakapenelitimengembangkanLKPDberbasisContextualTeachingandLearning(CTL)padamaterilingkaranKelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.Prosedurpenelitianinidilakukandenganmengacupadamodel4-D(Hobri2010)yangterdiridariempattahap.Keempattahaptersebutadalahtahappendefinisian(define)tahapperancangan(design)tahappengembangan(development)dantahappenyebaran(disseminate).Namunpenelitimemodifikasimodeltersebutmenjadi3Dsehinggatahappenyebaran(disseminate)tidakdilakukanolehpenelitikarenaketerbatasantenagadanbiaya.Padapenelitianiniakandiadakantigatesujiyakniujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehtigavalidatoryaknisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisiyaitugurumatematikaSMP.SetelahLKPDdinyatakanvalidmakaLKPDdiujicobakanpadasembilanpesertadidikSMPkelasVIIIyangakanmenempuhmaterilingkaransebagaisubjekujicoba.Ujikepraktisanprodukdilakukanmenggunakanlembarobservasikegiatanpesertadidikyangdiisiolehduamahasiswamatematikadanlembarangketpesertadidikyangdiisiolehsembilanpesertadidiksebagaisubjekujicoba.Sedangkanujikeefektifanprodukdilakukanmelaluitestuliskepadasubjekujicobasetelahmenggunakanprodukyangdikembangkan.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)ujikevalidandinyatakanvalidberdasarkanskorkevalidanLKPDyaitu367dengankriteriavalid(2)ujivikepraktisandinyatakanpraktisberdasarkanlembarobservasipesertadidikdenganskor331dengankriteriapraktisdanangketpesertadidikdenganskor354dengankriteriapraktis(3)ujikeefektifanberdasarkanhasiltesmenunjukkan8889%pesertadidikmendapatkannilaidiatas77(KKM).DengandemikianLembarKerjaPesertaDidik(LKPD)BerbasisContextualTeachingLearning(CTL)padaMateriLingkaranuntukPesertaDidikSMP/MTsKelasVIIIdinyatakanvalidpraktisdanefektif.