Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII / Mitafatul Inayah

Main Author: Inayah, Mitafatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16108/
Daftar Isi:
  • RINGKASANInayahMitafatul.2018.PengembanganLembarKerjaPesertaDidik(LKPD)BerbasisContextualTeachingLearning(CTL)padaMateriLingkaranuntukPesertaDidikSMP/MTsKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.M.ShohibulKahfiM.Pd.KataKunciContextualTeachingLearning(CTL)LembarKerjaPesertaDidik(LKPD)LingkaranPembelajaranyangberlakudiIndonesiamenekankanpembelajaranstudent-centered.Peranguruyangtadinyahanyapendidikdankorektorsekarangberkembangpulamenjadifasilitatormediatorinspiratorinformatordanevaluator.Olehkarenaitugurumembutuhkanbahanajaragarsiswaterlibatsecaraaktifdalampembelajaran.BahanajaryangdisediakanolehsekolahpadaumumnyahanyabukupaketMatematikayangditerbitkanolehkemendikbud.Mayoritaspesertadidikdangurubelumbisamendapatkanbukupaketyangsesuaikurikulumkarenakurikulummasihtergolongbaru.GurudapatmembuatbahanajardalambentukLKPDberbasisContextualTeachingandLearning(CTL)sebagaisolusi.BeberapahalyangmembuatLKPDberbasisContextualTeachingandLearning(CTL)cocokdenganpesertadidikyaitupesertadidikdapatbekerjaaktifmembangunketerkaitandanmengembangkansetiapindividumasing-masing.Pesertadidikakandilatihsecarasistematisdalammenyelesaikanmasalahmatematikayangberkaitandengankehidupansehari-hari.BerdasarkanhaltersebutmakapenelitimengembangkanLKPDberbasisContextualTeachingandLearning(CTL)padamaterilingkaranKelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.Prosedurpenelitianinidilakukandenganmengacupadamodel4-D(Hobri2010)yangterdiridariempattahap.Keempattahaptersebutadalahtahappendefinisian(define)tahapperancangan(design)tahappengembangan(development)dantahappenyebaran(disseminate).Namunpenelitimemodifikasimodeltersebutmenjadi3Dsehinggatahappenyebaran(disseminate)tidakdilakukanolehpenelitikarenaketerbatasantenagadanbiaya.Padapenelitianiniakandiadakantigatesujiyakniujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehtigavalidatoryaknisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisiyaitugurumatematikaSMP.SetelahLKPDdinyatakanvalidmakaLKPDdiujicobakanpadasembilanpesertadidikSMPkelasVIIIyangakanmenempuhmaterilingkaransebagaisubjekujicoba.Ujikepraktisanprodukdilakukanmenggunakanlembarobservasikegiatanpesertadidikyangdiisiolehduamahasiswamatematikadanlembarangketpesertadidikyangdiisiolehsembilanpesertadidiksebagaisubjekujicoba.Sedangkanujikeefektifanprodukdilakukanmelaluitestuliskepadasubjekujicobasetelahmenggunakanprodukyangdikembangkan.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)ujikevalidandinyatakanvalidberdasarkanskorkevalidanLKPDyaitu367dengankriteriavalid(2)ujivikepraktisandinyatakanpraktisberdasarkanlembarobservasipesertadidikdenganskor331dengankriteriapraktisdanangketpesertadidikdenganskor354dengankriteriapraktis(3)ujikeefektifanberdasarkanhasiltesmenunjukkan8889%pesertadidikmendapatkannilaidiatas77(KKM).DengandemikianLembarKerjaPesertaDidik(LKPD)BerbasisContextualTeachingLearning(CTL)padaMateriLingkaranuntukPesertaDidikSMP/MTsKelasVIIIdinyatakanvalidpraktisdanefektif.