Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Lisa Novela Putri
Main Author: | Putri, Lisa Novela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16090/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPutriLisaNovela.2017.PenerapanModelPembelajaranKooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)padaMateriPersamaanNilaiMutlakLinearSatuVariabeluntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXBahasaSMANegeri7Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingAningWidaYantiS.SiM.Pd.KataKunciPTKTGTpersamaannilaimutlaklinearsatuvariabelPenelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyanilaiulanganharian1MatematikaSMANegeri7Malang.HaliniditandaidenganketidaktuntasansiswakelaskelasXBahasasebesar3928%XA1sebesar3235%kelasXA2sebesar40%dankelasXA5sebesar3825%.Menurutgurupelajaranmatematikasuatukelasdikatakantuntasjikaketuntasanklasikaldiatas70%.DemikianpulaberdasarkanhasilwawancaradanobservasiterhadapsalahsatugurumatematikadansiswakelasXMIPAdiketahuibahwakegiatandiskusikelompoktidakberjalanmaksimalkarenaanggotakelompokkurangheterogen.Disampingituprosespembelajaranmasihdidominasiolehgurudansiswatidakdilibatkansecaraaktifdalamprosespembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournaments)denganmenjawabsoal-soalyangberkaitandenganmateripersamaannilaimutlaklinearsatuvariabelpadatahapturnamenyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajarkelasXBahasadiSMANegeri7Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangberlangsungselama2siklusdenganmasing-masingsiklusyaitu2kalipertemuan.Datayangdikumpulkanmerupakandatakuantitatifyangmeliputiskorturnamendanhasiltessiklussertadataobservasiaktivitassiswadanguru.Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalah(1)lebihdariatausamadengan70%siswakelasXBahasamendapatkannilailebihdariatausamadengan75dimana75adalahSKMyangtelahditetapkanolehpihaksekolahdan(2)hasilobservasiaktivitasgurudansiswamencapaikriteriabaikatausangatbaik.Hasildaripenelitianiniyaituterjadinyapeningkatanketuntasanklasikalsiswa.PresentaseketuntasaanklasikalsiswakelasXBahasamencapai5333%padasiklus1danmeningkatmenjadi7667%padasiklus2.Sedangkanhasilobservasikegiatangurudansiswamencapaikriteriabaikpadasiklus1danmencapaikriteriasangatbaikpadasiklus2.HasilpenelitianmenyimpulkanbahwapembelajarandenganTGTdalampenelitianinidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateri.Langkah-langkahpenerapanpembelajaranTGTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayaitu(1)pengajarangurumengingatkanmateriyangtelahdipelajaridanmemberikanmotivasiterkaitmasalahsehari-harikemudianmemberikanpengantarmaterikepadasiswa(2)belajartimkelasdibagimenjadi8kelompokdengananggotayangheterogenberdasarkannilaiyangtelahdimilikisebelumnyakemudiansecaraberkelompokmengerjakanLKS(LembarKegiatanSiswa)(3)gamedanturnamensiswaterpisahdengankelompoknyamasing-masinguntukbermainmonopolimelawansiswadarikelompoklaindengankemampuanyangsetaradimanaskoryangdiperolehsetiapsiswapadaturnamenakanmenjadiskorkelompok(4)rekognisitimgurumemberikanpenghargaankepadakelompoksesuaidenganjumlahskorkelompokyangdiperolehpadasaatturnamen.ABSTRACTPutriLisaNovela.2017.ApplicationofCooperativeLearningModeltypeTGT(TeamsGamesTournament)onMaterialEquationofLinearAbsoluteValueofOneVariabletoIncreaseStudyAchievementofStudentofClassXBahasaSeniorHighSchool7Malang.MiniThesisMathematicsDepartmentFacultyofMathematicsandScienceStateUniversityofMalang.AdvisorAningWidaYantiS.SiM.Pd.KeywordsClassActionResearchTeamsGamesTournaments(TGT)StudyAchievementEquationofAbsoluteValueLinearOneVariableThisresearchismotivatedbylowdailytestscore1MathematicsSeniorHighSchool7Malang.Itischaracterizedbynon-completenessofclassXBahasa3928%studentsXA1students3235%classXA2equalto40%andclassXA5equalto3825%.Accordingtothemathematicsteacheraclassissaidtobecompleteifclassicalcompletenessisabove70%.SimilarlybasedontheresultsofinterviewsandobservationsofoneofthemathematicsteacherandstudentsofclassXMIPAitisknownthatgroupdiscussionactivitiesdonotrunoptimallybecausethegroupisnotheterogeneous.Inadditionthelearningprocessisstilldominatedbyteachersandstudentsarenotactivelyinvolvedinthelearningprocess.ThepurposeofthisstudyistodescribethecooperativelearningstepsoftypeTGT(TeamsGamesTournaments)byansweringthequestionsrelatedtothematerialequationoflinearabsolutevalueofonevariableatthestageofthetournamentthatcanbeusedtoimprovelearningresultsofclassXLanguageinSMANegeri7Malang.Thisresearchisaclassroomactionresearchwhichlastfor2cycleswitheachcyclethatis2timesmeeting.Thedatacollectedarequantitativedatawhichincludestournamentscoreandcycletestresultandobservationdataofstudentandteacheractivity.Thesuccesscriteriaofthisresearchare(1)morethanorequalto70%ofstudentsofXLanguageClassgetvaluemorethanorequalto75where75areSKMwhichhasbeenestablishedbytheschooland(2)observationresultofteacheractivityandstudentreachgoodcriterionOrverygood.Theresultofthisresearchistheincreaseofstudentsclassicalcompleteness.ThepercentageofclassicaldemiseofclassXLanguagestudentsreached53.33%incycle1andincreasedto76.67%incycle2.Whiletheobservationofteacherandstudentactivitiesreachedthecriteriabothincycle1andachievedverygoodcriteriaincycle2.ResultsofresearchConcludedthatlearningwithTGTinthisstudycanimprovestudentlearningoutcomesinthematerial.ThestepsofapplyingTGTlearningthatcanimprovestudentlearningoutcomesnamely(1)teachingteachersremindthematerialthathasbeenstudiedandprovidemotivationrelatedtodailyproblemsthenprovidetheintroductorymaterialtostudents(2)learntheteamtheclassisdividedinto8groups(3)gamesandtournamentsseparatestudentswiththeirowngroupstoplayamonopolyagainststudentsfromothergroupswithequalabilitywherethescoresobtainedeachStudentsinthetournamentwillbegroupscores(4)teamrecognitionteachersrewardgroupsaccordingtothenumberofgroupscoresobtainedatthetimeofthetournament.BoardofExaminerDra.RiniNurhakikiM.Pd.ChairNIP195603201982032001LuckyTriOktovianaS.Si.M.Kom.MemberNIP196810031997022001AningWidaYantiS.Si.M.Pd.MemberNIP198012072008012010