Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan kaidah pencacahan untuk siswa SMA kelas XI / Mega Mora
Main Author: | Mora, Mega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16086/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMoraMega.2017.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)BerbasisPendekatanSaintifikpadaPokokBahasanKaidahPencacahanuntukSiswaSMAKelasXI.SkripsiJurusanmatematika.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AbdulQoharM.TKataKuncilembarkegiatansiswapendekatansaintifikkaidahpencacahanSalahsatumasalahyangdihadapiduniapendidikandiIndonesiaadalahlemahnyaprosespembelajaran.PenyebabnyaadalahdalamprosespembelajaransiswamasihmenggunakanLKSyanghanyamenampilkanrumuscontohsoaldansedikitmateri.Halinimenyebabkanpembelajaranmenjadiberpusatkepadaguru.SehinggasalahsatucarayangdapatdigunakanagarpembelajaranberpusatkepadasiswaadalahpembelajaranmenggunakanLKSberbasispendekatansaintifik.DenganmenggunakanLKSberbasispendekatansaintifikdiharapkansiswamampumenemukansuatukonseppadamateriyangtelahdipelajari.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanLKSberbasispendekatansaintifikpadamaterikaidahpencacahanuntuksiswaSMAkelasXIyangvalidprkatisdanefektif.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganPlompdenganmodifikasi(Hobri2010).Padapenelitianiniterdapatempatfaseyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedisain(3)faserealisasi/konstruksidan(4)fasetesevaluasidanrevisi.Datahasilvalidasilembarkegiatansiswadiperolehdarihasilpenilaianvalidatorahlidanpraktisiterhadapprodukpengembanganyangtelahdisusun.BerdasarkananalisisdatahasilvalidasidiperolehpenilaianvaliditasRencanaPelaksanaanPembalajaran(RPP)adalah.PenilaianvaliditasLKSadalah.Penilaianvaliditaslembartesadalah.OlehkarenaituLembarLKSberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasankaidahpencacahanuntuksiswaSMAkelasXIdapatdinyatanvalid.UntukdatahasilkepraktisanLKSdiperolehdaripenilaianobserverterhadapaktivitassiswadanpengisianangketresponsiswayangdilakukanolehseluruhsiswayangmengikutiujicoba.Berdasarkananalisisdatahasilujikepraktisanuntuklembarobservasiaktivitassiswadiperoleh.Danuntukpenilaianangketresponsiswadiperoleh.OlehkarenaituLKSberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasankaidahpencacahanuntuksiswaSMAkelasXIdapatdinyatakanpraktis.SedangkanuntukdatahasilkeefektifanLKSdiperolehdarihasiltesseluruhsiswayangmengikutiujicoba.Berdasarkananalisisdatanilaitessiswadiperolehsebanyak8378%siswatelahmemperolehnilaiminimal75dengan31siswamendapatnilaiminimal75dan6siswamendapatnilaidibawah75.OlehkarenaituLKSberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasankaidahpencacahanuntuksiswaSMAkelasXIdapatdinyatakanefektif.PengujiIIPengujiISyaifulHNS.SiS.PdM.PdDr.AbdulQoharM.TNIP198411232012121001NIP196803212003121001PengujiUtamaDrs.DwiyonoM.Pd.Ph.DNIP195403061982031005SUMMARYMoraMega.2017.DevelopmentofStudentsWorkSheetBasedonScientificApproachonCountingRulesforEleventhGraderstudents.ThesisMathematicsEducation.FacultyofMathematicsandScience.StateUniversityofMalang.AdvisorDr.AbdulQoharM.T.KeyWordsStudentsworksheetscientificapproachcountingrulesOneofsomeproblemsthatarefacedbytheworldofeducationinIndonesiaisabouttheweaknessoflearningprocess.Itisbecausethestudentslearningprocessstillusesstudentsworksheetwhichonlyshowingtheformulasexampleofquestionsandlesslearningmaterialssothatthelearningprocessisfocusingtotheteachernotstudents.Oneofthewaystomakethelearningprocessthatisfocusingtothestudentsislearningusingstudentsworksheetbasedonthescientificapproach.Byusingstudentsworksheetbasedonthescientificapproachstudentsareexpectedtobeabletofindaconceptonthematerialthathasbeenlearned.Thisresearchhasapurposetoproducethestudentsworksheetbasedonthescientificapproachoncountingrulesasthemaindiscussionforeleventhgraderstudentswhichisvalidpracticalandeffective.ThisresearchdevelopmentusesPLOMPmodeldevelopmentwithsomemodification(Hobri2010).Therearefourphasesasfollow(1)Theinitialinvestigativephase(2)Designphase(3)Construction/realizationphaseand(4)testingevaluatingandrevisionphase.Thevalidityresultofthestudentsworksheetcomesfromvalidatorandpractitionersassessmenttothedevelopmentproductthathasbeenarranged.Basedontheanalyzingofthedataitisstatedthatthevalidityofthelessonplanis.Studentsworksheetassessmentvalidityis.Testassessmentvalidityis.Hencestudentsworksheetbasedonthescientificapproachoncountingrulesasthemaindiscussionforeleventhgraderstudentsisvalid.Thepracticalityresultofthestudentsworksheetisgottenfromobserversassessmentaboutstudentsactivityandstudentsquestionnaireintheresearchclass.Basedontheanalysisofthepracticalitydataresultforobservationsheetofthestudentsactivityitisgottenthatandforthestudentsquestionnaireassessmentitisgottenthat.Thereforestudentsworksheetbasedonthescientificapproachoncountingrulesasthemaindiscussionforeleventhgraderstudentsispractical.Whiletheeffectivenessresultofthestudentsworksheetisgottenfromtheresultoftheteststhathavefollowedbyallthestudentsintheresearchclass.Basedontheanalysisofthestudentstestscoreitisgottenthat83.78%studentshavegottenminimumscoreabove75with31studentsgotminimumscoreabove75andsixstudentsgotunder75.Hencestudentsworksheetbasedonthescientificapproachoncountingrulesasthemaindiscussionforeleventhgraderstudentsiseffective.ExaminerIIExaminerISyaifulHNS.SiS.PdM.PdDr.AbdulQoharM.TNIP198411232012121001NIP196803212003121001MainExaminerDrs.DwiyonoM.Pd.Ph.DNIP195403061982031005