Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 21 Malang pada materi segiempat dan segitiga / Ivy Masyita

Main Author: Masyita, Ivy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16076/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMasyitaIvy.2017.PenerapanModelPembelajaranJigsawUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIISMPN21MalangPadaMateriSegiempatdanSegitiga.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SlametM.Si.KataKuncimodelpembelajaranjigsawhasilbelajar.HasilobservasiawaldikelasVII.8SMPNegeri21KotaMalangmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikatersebutmasihtergolongrendah.Haliniditunjukkanolehnilaipre-testsiswayaituhanya466%siswayangnilainyatuntasataumemenuhiKKMyangditentukan.Selainitudarifaktadilapangandiketahuibahwamodelpembelajaranyangdigunakanolehgurumasihbelumbervariasisehinggaberdampakbagihasilbelajarsiswayangmasihrendah.OlehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasalahsatunyayaitupembelajarankooperatiftipeJigsaw.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilakukandalamduasiklusdenganpendekatankualitatifdankuantitatif.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatifmodelJigsawyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterisegiempatdansegitigakelasVIISMPNegeri21Malang.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandidapatkanlangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri21Malangpadamaterisegiempatdansegitigaadalahsebagaiberikut.(1)pembentukankelompokyangdilakukanolehguru(2)pembagianmateri.Padamaterisegiempatterdapat6jenissegiempat.Dalamsatukelompok6jenissegiempatdibagimenjadi3yangdibedakandenganlembarkerjasiswadengan3warnayangberbedayaitumerahkuningdanhijau.Setiapsiswadalamsatukelompokasalmendapatkanlembarkerjasiswayangberbedayangartinyamendapatmateriyangberbedasesuaidenganwarnalembarkerjasiswabegitujugadenganmaterisegitiga(3)diskusikelompokahli(4)diskusikelompokasal(5)presentasikelas(6)kuis/tesakhir.Penelitianyangtelahdilakukanmenunjukkanbahwapersentasebanyaknyasiswayangmemperolehnilaiakhirlebihdariatausamadengan75mengalamipeningkatanyaitu466%padasaatpre-testdanmeningkatmenjadi633%padaakhirsiklusI.PenelitiandilanjutkankesiklusIIkarenabelummencapaikriteriakeberhasilan.Persentasetersebutkembalimeningkatmenjadi867%padaakhirsiklusII.PeningkataninididukungolehtarafketerlaksanaanprosespembelajaranyangdapatdilihatdarihasilobservasiaktivitassiswadanguruyangmenunjukkankategoriBaikpadasiklusIdankategoriSangatBaikpadasiklusII.