Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 21 Malang pada materi segiempat dan segitiga / Ivy Masyita
Main Author: | Masyita, Ivy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16076/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMasyitaIvy.2017.PenerapanModelPembelajaranJigsawUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIISMPN21MalangPadaMateriSegiempatdanSegitiga.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SlametM.Si.KataKuncimodelpembelajaranjigsawhasilbelajar.HasilobservasiawaldikelasVII.8SMPNegeri21KotaMalangmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikatersebutmasihtergolongrendah.Haliniditunjukkanolehnilaipre-testsiswayaituhanya466%siswayangnilainyatuntasataumemenuhiKKMyangditentukan.Selainitudarifaktadilapangandiketahuibahwamodelpembelajaranyangdigunakanolehgurumasihbelumbervariasisehinggaberdampakbagihasilbelajarsiswayangmasihrendah.OlehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasalahsatunyayaitupembelajarankooperatiftipeJigsaw.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilakukandalamduasiklusdenganpendekatankualitatifdankuantitatif.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatifmodelJigsawyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterisegiempatdansegitigakelasVIISMPNegeri21Malang.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandidapatkanlangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri21Malangpadamaterisegiempatdansegitigaadalahsebagaiberikut.(1)pembentukankelompokyangdilakukanolehguru(2)pembagianmateri.Padamaterisegiempatterdapat6jenissegiempat.Dalamsatukelompok6jenissegiempatdibagimenjadi3yangdibedakandenganlembarkerjasiswadengan3warnayangberbedayaitumerahkuningdanhijau.Setiapsiswadalamsatukelompokasalmendapatkanlembarkerjasiswayangberbedayangartinyamendapatmateriyangberbedasesuaidenganwarnalembarkerjasiswabegitujugadenganmaterisegitiga(3)diskusikelompokahli(4)diskusikelompokasal(5)presentasikelas(6)kuis/tesakhir.Penelitianyangtelahdilakukanmenunjukkanbahwapersentasebanyaknyasiswayangmemperolehnilaiakhirlebihdariatausamadengan75mengalamipeningkatanyaitu466%padasaatpre-testdanmeningkatmenjadi633%padaakhirsiklusI.PenelitiandilanjutkankesiklusIIkarenabelummencapaikriteriakeberhasilan.Persentasetersebutkembalimeningkatmenjadi867%padaakhirsiklusII.PeningkataninididukungolehtarafketerlaksanaanprosespembelajaranyangdapatdilihatdarihasilobservasiaktivitassiswadanguruyangmenunjukkankategoriBaikpadasiklusIdankategoriSangatBaikpadasiklusII.