Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 3 Sumbermanjing / Wahyu Novita

Main Author: Novita, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16070/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNovitaWahyu.2017.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifTipeTeamGameTournament(TGT)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIASMPN3Sumbermanjing.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PebimbingTjangDanielChandraDrsM.SiPh.DKataKunciTeamGameTournamentHasilBelajar.PenelitianinidilaksanakandikelasVIIASMPNegeri3Sumbermanjing.Penelitianinidilaksanakandikelastersebutkarenapadasaatpembelajaranmatematikakesiapansiswasaatmelakukanpembelajaransangatkurang.Padasaatpembelajaranberlangsungsiswacenderungdiamdansekedarmencatatmateriyangdisampaikanolehguru.Untukmeningkatkankeaktifantersebutgurusudahberupayauntukmelibatkankeaktifansiswadengancaramembuatkelompok.Namunsaatpembelajarandalamkelompokkebanyakansiswahanyamengandalkantemansekelompoknya.Haltersebutmengakibatkanhasilbelajarsiswarendah.Salahsatumetodepembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswaadalahmetodepembelajarankooperatiftipeteamgametournament.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuilangkah-langkahpenerapanmetodepembelajarankooperatiftipeTeamGameTournament(TGT)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadanuntukmengetahuihasilbelajarsiswasetelahditerapkanmetodepembelajarankooperatiftipeTGT.Penelitianinidirancangmenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelas.Penelitianinidilaksanakandalam2siklusdimanatiapsiklusmeliputitahap1)perencanaan2)pelaksanaan3)observasidan4)refleksi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasitesdandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaitusecarakualitatifdankuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodepembelajarankoopertaiftipeTGT(TeamsGamesTournament)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIASMPNegeri3Sumbermanjing.Haltersebutditunjukkandenganpeningkatannilairata-ratatessiswasebelumtindakanyaitu6931setelahtindakansiklusIyaitu7014dansetelahtindakansiklusIIyaitu7972.Langkah-langkahpenerapanpembelajarankooperatiftipeTGTyaitu1)Presentasikelas2)Teams(belajardalamkelompok)3)Gameatautournament4)PenghargaanKelompok.