Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan penemuan terbimbing materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII / Khalimatus Sa'diyah

Main Author: Sa'diyah, Khalimatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/16069/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSadiyahK.2017.PengembanganPerangkatPembelajaranBercirikanPenemuanTerbimbingMateriKubusdanBalokuntukSiswaKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingLatifahMustofaLestyantoS.Si.M.Pd.KataKunciperangkatpembelajarankubusdanbalokpenemuanterbimbingKurikulummerupakansalahsatuhalyangmempengaruhiduniapendidikan.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradisalahsatusekolahmenengahpertamadikotaMalangdiperolehbeberapainformasi.Informasitersebutyaitu(1)pembelajaranyangditerapkancenderungberpusatpadaguru(2)siswacenderungmenghafalrumuspadamoduldan(3)bahanajaryangdigunakanlangsungdiberikanrumusjadi.Keadaantersebutmenunjukkanbahwasiswatidakdapatmengonstrukkonsepdenganbaik.Olehkarenaitudiperlukansuatuinovasidalamperangkatpembelajaranagarsiswadapatmengostrukkonsepsertalebihmengertidanmampumenerapkankonseppengetahuanyangdiperolehkedalamkonteksyanglain.TujuanpengembanganiniuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranbercirikanpenemuanterbimbingyangvalidpraktisdanefektifpadamaterikubusdanbalokuntuksiswakelasVIII.PengembanganperangkatpembelajaraninimenggunakanmodelpengembanganPlompyangdireduksiyaitutahapinvestigasiawaltahapdesaintahaprealisasi/konstruksidantahaptesevaluasidanrevisi.Ujicobadilakukankepada36siswakelasVIII-CSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang(UM).HasilpengembanganperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)LembarKegiatanSiswa(LKS)dansoaltes.Perangkatpembelajaranyangdikembangkantelahdiujikevalidankepraktisandankeefektifannya.KevalidanperangkatpembelajaranyangberupaRPPLKSdansoaltessecaraberurutanmemperolehskorrata-rata3.6253.47dan3.5darinilaimaksimal4dengankategorivalid.Kepraktisanperangkatpembelajaranditinjaudarihasilobservasiterhadapkegiatanguruhasilobservasiterhadapkegiatansiswadanhasilangketresponsiswasecaraberurutanmemperolehskorrata-rata3.4693.33dan3.33dengankategoripraktis.KeefektifanperangkatpembelajaranditinjaudaripersentaseketuntasanhasilbelajarsiswayangdilihatdarinilairerataLKSdannilaites.Persentaseketuntasanhasilbelajarsiswadiperolehbahwa917%siswamemperolehnilailebihdariatausamadengan75daninidikategorikanefektif.DatainimenunjukkanbahwaperangkatpembelajaranbercirikanpenemuanterbimbingmaterikubusdanbalokyangdihasilkanvalidpraktisdanefektifsehinggadapatdigunakandenganbaikuntuksiswaVIII-Catausiswadikelaslaindengankarakteristikyangserupa.ABSTRACTSadiyahK.2017.DevelopmentofLearningInstrumentswithGuidedDiscoveryLearningonCubesandRectangularPrimsforEighthGraders.Thesis.MathematicsFacultyofMathematicsandScienceStateUniversityofMalang.AdvisorsLatifahMustofaLestyantoS.Si.M.Pd.KeywordlearninginstrumentcubesandrectangularprimsguideddiscoverylearningCurriculumisoneofmatterswhichimpactstheeducation.BasedontheresultofobservationandinterviewinoneofschoolatMalangitwasobtainedsomeinformations.Theinformationsare(1)thelearningsystemwhichwasappliedinclinetoteacherscentered(2)thestudentsoftenmemorizedtheformulaatthemoduland(3)thelearningmaterialwhichwasuseddirectlygivetheformula.Thisconditionshowedthatstudentcantconstructthematerialthathasbeenlearnt.Henceitisneededaninnovationinlearninginstrumentsinordertomakethestudentsmoreunderstandandcanapplytheobtainedconcepttoanothercontext.Theaimofthisdevelopingistoproducelearninginstrumentswithguideddiscoverylearningthatisvalidpracticalandeffectiveoncubesandrectangularprimsforeighthgraders.ThisresearchusedPlompsmodelthatwasreducednamelybeginninginvestigationstagedesigningstagerealizingorconstructingstageandtestingevaluatingandrevisingstage.Thetrialwasconductedto36studentsofVIII-C(SMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang).Theresultoflearninginstrumentswasintheformoflessonplanthestudentworksheetandthetestquestion.Thelearninginstrumentshasbeentestedforvaliditypracticalityandeffectiveness.Thevalidityoflearninginstrumentsnamelylessonplanstudentworksheetandtestquestionsinorderobtained3.6253.47and3.5frommaximumscoreof4withcategorizedtobevalid.Thepracticalityoflearninginstrumentsreviewedfromobservationresulttoteachersactivitystudentsactivityandstudentsquestionnaireinorderobtained3.4693.33and3.33withcategorizedtobepractical.Theeffectivenessreviewedfrompercentageofthestudentscompletenesscanbeseenfromtheaverageofstudentsactivityandtestscore.Thepercentageofthestudentscompletenessobtainedthat917%ofstudentswhosegetscoregreaterorequaltoseventyfiveandthisiscategorizedtobeeffective.ThosedatashowedthatlearninginstrumentsbasedontheguideddiscoverylearningincubesandrectangularprimsmaterialswasvalidpracticalandeffectivesoitcouldbeusedfortheeighthgradersofVIII-Coranotherclasswithsimilarcharacteristic.