Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 4 Malang / Laila Fahrunnisa
Main Author: | Fahrunnisa, Laila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16068/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFahrunnisaLaila.2017.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkWrite(TTW)untukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisSiswaKelasVIISMPN4Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SubanjiM.SiKataKunciKooperatifThinkTalkWriteKomunikasiMatematisBerdasarkanhasilobservasiterhadapsiswakelasVIIESMPN4Malangdanwawancarakepadagurumatematikakelastersebutdidapatkaninformasibahwakemampuankomunikasimatematistertulissiswamasihbelumoptimal.Hasilkuissiswapadabeberapapokokbahasansebelumnyamenunjukkanbahwasiswamasihbelummemperhatikancarapenulisanjawabansecaramatematisterutamapadasoalkontekstual.DibutuhkansuatuinovasidalampembelajaranuntukmeningkatkankemampuankomunikasimatematistertulissiswakelasVIIE.PembelajarantersebutadalahpembelajarankooperatiftipeThunkTalkWrite.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberjalanselama2siklusmelaluipendekatankualitatifdankuantitatif.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeThinkTalkWrite(TTW)yangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswakelasVIIESMPN4Malang.DatahasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuankomunikasimatematistertulissiswameningkatsetelahmengikutipembelajarankooperatftipeThinkTalkWrite(TTW).Halinidibuktikandenganadanyapeningkatanpersentaseklasikalsiswayangmendapatkategoriminimalbaikyakniyangawalnyadarinilaikuisdanulanganmaterisebelumnyasebesar5313%kemudianmeningkatpadaakhirsiklusImenjadi6875%danmeningkatlagipadaakhirsiklusIImenjadi7813%.PeningkataninijugadidukungolehtarafketerlaksanaanprosespembelajaranyangdapatdilihatdarihasilobservasiaktivitasgurudansiswayangmenunjukkankriteriaminimalbaikdariseluruhobserverbaikpadasiklusImaupunsiklusII.Berdasarkanpenelitiantersebutdidapatkanlangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeThinkTalkWrite(TTW)yangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematistertulissiswakelasVIIEdenganuraiansebagaiberikut.(1)Mengamatisajiandarigurubaikberupagambarilustrasiatausoalkontekstualkemudianmemikirkandanmenuliskankemungkinan(hipotesis)solusiinformasikesulitandanpertanyaanterkaithasilpengamatantersebutpadaLembarMariBerpikir.(2)Mengumpulkandanmengaitkatinformasimelaluidiskusidalamkelompokmaupunantarkelompoklain.(3)Menuliskanhasilanalisis/pengaitaninformasiyangdidapatpadatempatyangdisediakankemudianmembahassecaraklasikaluntukmengonfirmasidanmenguatkanpemahamanlalumenuliskankesimpulanhasilbelajarpadaLembarMariMenyimpulkan.ABSTRACTFahrunnisaLaila.2017.TheImplementationofCooperativeLearningThinkTalkWriteTypetoImproveMathematicsCommunicationCompetenceofVIIGradeStudentsatSMPN4Malang.Thesis.EducationofMathematicsMathematicsDepertmentfacultyofMathematicsandScienceUniversitasNegeriMalang.AdvisorDr.SubanjiM.SiKeywordsCooperativeThinkTalkWriteMathematicsCommunicationDuetheresultofobservationtoVIIEstudentsatSMPN4Malangandinterviewtheirmathematicsteachershowthatstudentswrittenmathematicscommunicationcompetencestillneedstobeimproved.TheresultofmathematicsquizinsometopicsgiventoVIIEstudentsbeforeshowsthatthestudentsdonotansweramathquestionespeciallymathcontextualquestionmathematically.Thereforeitneedsalearninginnovationtoimprovestudentswrittenmathematicscommunicationcompetence.ThatkindoflearningiscooperativelearningThinkTalkWrite(TTW)type.Thisresearchisaclassroomactionresearchdoneintwocycles.Thedataoftheresearchisanalysedqualitativelyandquantitatively.TheaimofthisresearchistodescribestepsofcooperativelearningThinkTalkWrite(TTW)typetoimprovewrittenmathematicscommunicationcompetenceofVIIEstudentsatSMPN4Malang.ThefindingoftheresearcgshowsthatcooperativelearningThinkTalkWrite(TTW)typecanimprovewrittenmathematicscommunicationcompetence.Itisprovenbyimprovementstudentspost-testformstudentsprevioustest(pretest).Thepercentageofstudentspretestof5313%increasesto6875%attheendoffirstcycleandincreasesto7813%aththeendofsecondcycles.Theimprovementisalsoverifiedbylearningaccomplishmentlevelwhichcanbeseenfromtheresultofobservationsheetsofteacherandstudentactivity.Bothareingoodorhighercriterionfromfirstcycletosecondcycle.AccordingtotheresearchthestepsofcooperativelearningThinkTalkWrite(TTW)typewhichcanimprovewrittenmathematicscommunicationcompetenceofVIIEstudentsatSMPN4Malangareobtained.(1)ObservingpictureillustrationorcontextualquestionsgivenbytheteacherthenthinkingandwritingthehypothesisinformationdifficultyorquestionrelatedtotheobservationresultonThinkNotesheet.(2)Collectingandassociatinginformationbydiscussinginagrouporothergroup.(3)WritingtheanalysisreportorassociatedinformationgotfromthediscussionthenclassicallyconfirmingandreinforcingtheunderstandingandlastmakingaconclusionoflearningresultwrittenonMakingConclusionsheet.