Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Malang pada materi lingkaran / Reni Setiyowati

Main Author: Setiyowati, Reni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16060/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetiyowatiReni.2017.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIISMPNegeri4KotaMalangpadaMateriLingkaran.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingLatifahMustofaLestyantoS.SiM.Pd.KataKuncipembelajarankooperatifteamsgamestournamenthasilbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangterbuktimeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri4KotaMalang.Materimatematikayangdipelajariselamapenelitianiniadalahlingkarandanjenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianberlangsungsebanyakduasiklusdenganpendekatankualitatifdankuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri4KotaMalangpadadasarnyaadalahsamadenganlangkah-langkahmodelTGTpadaumumnya.AkantetapiadabeberapahalpentingyangperludilaukanagarpelaksanaanTGTtersebutbenar-benarberhasilmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Hal-halpentingtersebutadalah(1)padasaatpresentasikelaskegiatanapersepsimotivasidanpengantarmateridilakukandenganbantuanslidepowerpoint(2)padasaatberkelompok(teams)gurumenyediakanmediamanipulatifuntukmembantusiswamenyelesaikanLKSsecarabermakna(3)pelaksanaangamesdantournamentdijadikansatudengancarasetiapkelompokdimintauntukmendelegasikansetiappasanganggotanyadengankemampuansama(4)padasaatrekognisitimkelompokyangmendapatpredikattertinggidiberihadiahyangbermanfaatuntukkeperluanbelajarnyasepertibukudanpena.