Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Malang pada materi lingkaran / Reni Setiyowati
Main Author: | Setiyowati, Reni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16060/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetiyowatiReni.2017.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIISMPNegeri4KotaMalangpadaMateriLingkaran.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingLatifahMustofaLestyantoS.SiM.Pd.KataKuncipembelajarankooperatifteamsgamestournamenthasilbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangterbuktimeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri4KotaMalang.Materimatematikayangdipelajariselamapenelitianiniadalahlingkarandanjenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianberlangsungsebanyakduasiklusdenganpendekatankualitatifdankuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri4KotaMalangpadadasarnyaadalahsamadenganlangkah-langkahmodelTGTpadaumumnya.AkantetapiadabeberapahalpentingyangperludilaukanagarpelaksanaanTGTtersebutbenar-benarberhasilmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Hal-halpentingtersebutadalah(1)padasaatpresentasikelaskegiatanapersepsimotivasidanpengantarmateridilakukandenganbantuanslidepowerpoint(2)padasaatberkelompok(teams)gurumenyediakanmediamanipulatifuntukmembantusiswamenyelesaikanLKSsecarabermakna(3)pelaksanaangamesdantournamentdijadikansatudengancarasetiapkelompokdimintauntukmendelegasikansetiappasanganggotanyadengankemampuansama(4)padasaatrekognisitimkelompokyangmendapatpredikattertinggidiberihadiahyangbermanfaatuntukkeperluanbelajarnyasepertibukudanpena.