Pengembangan LKS matematika sosial berbantuan potongan harga melalui pembelajaran kontekstual di SMP / Halim, Fuad Abdul
Main Author: | Halim, Fuad Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16058/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHalimFuadAbdul2017.PengembanganLKSMatematikaSosialBerbantuanPotonganHargaMelaluiPembelajaranKontekstualdiSMP.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbingProf.Dr.GatotMuhsetyoM.Sc.KataKunciLembarKegiatanSiswaKontekstualPotonganHargaBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganseoranggurumatematikadiSMP15MalangLKSyangdigunakansaatinimasihberuparingkasanmateridanlatihan-latihansoalsehinggaLKShanyadigunakanuntuklatihansoalsaja.DarikurangnyapenggunaanLKSpadasaatinimakamasihperludaripembuatLKSuntukmengadakanperbaikanlagi.PerbaikanyangdilakukanbisaberupamenggunakanpendekatanataumetodeyangcocokuntuksiswakelasVII.Pendekatankontekstualadalahkonsepbelajaryangmembantumengaitkanantaramateriyangdiajarkandengansituasikehidupan.sehari-hari(dailylife).PendekatankontekstualakandiperkuatlagidenganmenggunakansalahsatustrategiyangadapadapendekatankontekstualyaitustrategiREACT.Untukmateriaritmetikasosialterutamapadabagianpotonganhargaataudiskonkontekstualdirasasangatcocokuntukprosespembelajaranyangakandilakukankarenaprosesjualbelidanpenggunaanpotonganhargatidaklahasinguntukmereka.BerkaitandenganhaltersebutmakadilakukanpenelitianPengembanganLKSMatematikaSosialBerbantuanPotonganHargaMelaluiPembelajaranKontekstualdiSMP.PenelitianpengembanganinidilaksanakandengantujuanmenghasilkanbahanajarberupaLembarKegiatanSiswa(LKS)matematikasosialberbantuanpotonganhargamelaluipembelajarankontekstualdiSekolahMenengahPertamayangvalidpraktisdanefektif.ModelpenelitianinimengacupadamodelpengembangandariPlompyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedisain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisidan(5)faseimplementasi.ProdukyangdikembangkanakandivalidasiolehseorangdosenmatematikadangurumatematikaSMPN15Malang.UjicobakepraktisandilakukandengancarapembagianangketbersertasaranuntukmengetahuinilaidaritesyangakandilakukansetelahpenggunaanLKSdilakukan.Berdasarkanhasilujicobadiperolehhasil347dengankriteriasangatvaliduntuknilaikevalidandariLKS.Untukpenghitunganteknikanalisisdatayangdilakukanpadahasildariujicobakepraktisandiperolehnilai315625sehinggadapatdikatakanbahwaLKSyangdikembangkanadalahpraktistetapimasihmelaluiprosesrevisi.Padaujiefektifitasdiketahui28dari32siswaatau875%siswayangmengerjakansoaltesmampumencapainilaidiatasKKM.Karenapersentaseyangdiperolehlebihdari80%makaprodukdikatakanefektif.BerdasarkanhasilanalisisyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwaLKSmatematikasosialberbantuanpotonganhargayangdikembangkantelahmencapaikriteriavalidpraktisdanefektif.MengetahuiDr.SubanjiM.SiPengujiUtamaNIP197106051998021001Prof.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc.PengujiINIP195005071974031002Dr.SwasonoRahardjoS.PdM.SiPengujiIINIP19661010199203100