Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan peluang untuk siswa kelas VIII SMPN 12 Malang / Beldy Franklin Kissya

Main Author: Kissya, Beldy Franklin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16056/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKissyaBeldyFranklin.2017.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPendekatanSaintifikPadaPokokBahasanPeluangUntukSiswaKelasVIIISMPN12Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoDwiCahyowatiM.Pd.KataKunciPerangkatpembelajaranpendekatansaintifikpeluangKurangnyaperangkatpembelajaranberupaRPPdanLKSyangdapatmemfasilitasisiswadalammengonstrukpengetahuannyasendirimenjadialasandilakukannyapenelitianini.Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranberuparencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)danlembarkerjasiswa(LKS)berbasispendekatansaintifikpadapokokbahasanpeluanguntuksiswakelasVIIISMPN12Malang.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanolehpenelitiadalahmodelpengembanganyangmengacupadamodelDickCareydenganlangkah-langkahsebagaiberikut(1)analisiskebutuhandantujuan(2)analisispembelajaran(3)analisispebelajar(siswa)dankonteks(4)merumuskantujuanperfomansi(5)mengembangkaninstrumen(6)mengembangkanstrategipembelajaran(7)mengembangkandanmemilihbahanpembelajaran(8)merancangdanmelakukanevaluasiformatif(9)melakukanrevisi.Selanjutnyaperangkatpembelajarandiujikepraktisandankeefektifannyadenganmelibatkan9siswakelasVIIISMPN12Malangdanduaorangobserver(mahasiswamatematikaUniversitasNegeriMalang).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanberkriteriavalidpraktisdanefektif.Skorkevalidanperangkatpembelajaranyangdiperolehyaitu345untukRPPdan352untukLKS.Skorkepraktisanperangkatpembelajaranyaitu365untukRPPdan35untukLKS.SedangkanPerangkatpembelajaraninijugadinyatakanefektifdikarenakan89%siswayangmendapatnilaiakhirdiatasKKMyaitu75.Dengandemikianperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdigunakandalampembelajaran.