Profil kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII-H SMP Negeri 2 Gandusari, Blitar pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan kognitifnya / Asti Putri Alfasani
Main Author: | Alfasani, Asti Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16053/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAlfasaniAstiPutri.2017.ProfilKemampuanKomunikasiMatematisTulisSiswaKelasVIII-HSMPNegeri2GandusariBlitarpadaMateriSistemPersamaanLinearDuaVariabelDitinjaudariKemampuanKognitifnya.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.Pd.KataKuncikomunikasimatematistuliskemampuankognitifsistempersamaanlinearduavariabelMatematikamerupakanmatapelajaranyangsangatpentingdandiajarkandiberbagaijenjangpendidikan.Matematikajugamerupakandasardariberbagaibidangilmudanperkembanganteknologi.Karenaitulahpesertadidikharusdibekalidenganpenguasaanmatematikayangkuatsejakdini.Salahsatuindikatorkeberhasilanpembelajaranmatematikayaitukemampuankomunikasimatematis.Pendidikharusmengetahuikemampuankomunikasimatematispesertadidiknyaterutamakemampuankomunikasimatematistulis.Olehkarenaituperluadanyapenelitianuntukmengetahuikemampuankomunikasimatematistulispesertadidiksalahsatunyadenganmelihatperbedaannyapadasiswadenganberagamkemampuankognitif.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifdenganpendekatankualitatifyangpengambilandatanyamenggunakanteskemampuankognitifdanteskemampuankomunikasimatematistulis.SubjekdalampenelitianiniadalahtigaorangsiswakelasVIII-HdiSMPNegeri2GandusariBlitaryangmasing-masingberasaldarikelompoksiswadengankemampuankognitifyangberbeda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasubjekdengankemampuankognitiftinggimemilikikemampuankomunikasimatematistulisyangmenempatilevel4padakeduasoalyangdiberikan.Level4berartisubjekmampumemahamimengungkapkandanmenafsirkangagasanmatematisdenganbaik.Subjekdengankemampuankognitifsedangmemilikikemampuankomunikasimatematistulislevel4padasoalpertamadanlevel1padasoalkedua.Level1berartisubjeksecaraumumcukupmampumengungkapkandanmenafsirkangagasanmatematisdenganbaiknamunkurangmampumemahamigagasanmatematis.Subjekdengankemampuankognitifrendahmemilikikemampuankomunikasimatematistulislevel2untuksoalpertamadanlevel0untuksoalkedua.Level2berartisubjekmampumemahamigagasanmatematisdenganbaiknamunkurangmampumengungkapkandanmenafsirkaninformasi.Padasoalkeduakemampuankomunikasimatematistulissubjekmenempatilevel0yangberartisubjekkurangmampumemahamimaupunmengungkapkangagasanmatematisdengantepat.