Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Kedamean / Desi Tri Anggrayni
Main Author: | Anggrayni, Desi Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16046/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggrayniDesiTri.2017.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanPemahamanMatematikaSiswaKelasVII-CSMPNegeri1Kedamean.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoDwiCahyowatiM.Pd.KatakunciNumberedHeadsTogether(NHT)PemahamanMatematika.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)yangdapatmeningkatkanpemahamanmatematikasiswakelasVII-CSMPN1Kedamean.PenelitianinidilaksanakandiSMPN1Kedamean.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-CSMPN1Kedameanyangterdiridari34siswa.Penelitiantindakankelas(PTK)inidilaksanakandalamduasiklus.Tahapan-tahapanpadapenelitiantindakankelasiniterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Datayangdikumpulkanmeliputi(1)datahasillembarobservasikegiatangurudansiswaselamapembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)dan(2)datatespemahamanmatematikasiswayangdiperolehdarihasiltesakhirpadasetiapsiklus.Adapunlangkah-langkahdalampembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)adalahsebagaiberikut(1)penomoranyaitusetiapsiswadalamkelompokdiberinomorkepalasesuaidenganbanyaknyajumlahsiswadalamkelompok.(2)pengajuanpertanyaanyaitugurumengajukanpertanyaanyangbercirikandalamtahapansaintifikpadaLembarKegiatanSiswa(LKS).(3)berpikirbersamayaitusiswaberdiskusidalamkelompokuntukmenyelesaikanLKSyangtelahdiberikandangurusebagaifasilitator.(4)menjawabpertanyaanyaitudengancarasiswayangditunjuknomorkepalanyamempresentasikanhasiljawabanmerekakedepankelassedangkansiswayangmemakainomorkepalasamadarikelompoklainmenanggapijawabandarikelompokyangpresentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanpemahamanmatematikasiswakelasVII-CSMPN1Kedamean.PeningkatandapatdilihatdaripresentasesiswayangtelahmemperolehnilailebihdariatausamadenganKKMyangtelahditentukansekolahyaitu75.PadasiklusIpresentasesiswayangnilainyamemenuhiKKMadalah62%dari34siswayangmengikutitessedangkanpadasiklusIIsiswayangnilainyamemenuhiKKMmeningkatyaitudenganpresentase88%dari34siswayangmengikutites.Hasilobservasiaktivitasgurudanaktivitassiswapadakeduasiklussudahmencapaikategorisangatbaik.Malang20April2017DewanPengujiDr.ErryHidayantoM.SiPengujiUtamaNIP196609061992031004Dra.EtyTejoDwiCahyowatiM.PdPengujiINIP196203181990022001LatifahMustofaLestyantoS.SiM.PdPengujiIINIP198508162010122005