Pengembangan perangkat pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan teori APOS (Action, Process, Object, Schema) untuk siswa kelas VII / Ratna Ayu Kurniawati
Main Author: | Kurniawati, Ratna Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16027/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKurniawatiRatnaAyu.2017.PengembanganPerangkatPembelajaranPersamaanDanPertidaksamaanLinearSatuVariabelBerdasarkanTeoriAPOS(ActionProcessObjectSchema)UntukSiswaKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.CholisSadijahM.PdM.A.KataKunciperangkatpembelajaranteoriAPOSpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabel.Dalamprosespembelajaranmemerlukanperangkatpembelajaranyangdigunakandikelas.Gurumengembangkanperangkatpembelajaranyangmembantusiswadalammengonstruksipengetahuannya.BerdasarkanhasilobservasiRancanganPelaksanaanPembelajaran(RPP)yangdigunakangurutidaksesuaidengankurikulumyangditetapkanyaituKurikulum2013Revisi2016.SelainituLembarKegiatanSiswa(LKS)yangdiberikantidakmemuatmateriyangsebenarnya.Materipersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelmerupakanmateriawaldalamsistempersamaansehinggadibutuhkanpendekatanuntukmengonstrukpengetahuannyasendiri.TeoriAPOSsebagaiteorikonstruktivisdapatmembantusiswamengonstrukpengetahuan.OlehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanperangkatpembelajaranpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelberdasarkanteoriAPOS(ActionProcessObjectSchema)untuksiswakelasVII.PerangkatpembelajaranberdasarkanteoriAPOS(ActionProcessObjectSchema)memuatfase-faseteoriAPOSpadaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS).Fase-fasetersebutadalahfaseAksifaseProsesfaseObjekdanfaseSkema.TujuanpengembanganyangdilakukanyaituuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranmateripersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelberdasarkanteoriAPOSyangvalidpraktisdanefektif.PadapenelitianinimenggunakanmodelpenelitianpengembanganPlompyangterdiridaritahappenelitianawalfasemembuatprototipefaseasesmen.Terdapattigakaliujidalampengembanganiniyaitu(1)UjiKevalidan(2)UjiKepraktisan(3)UjiKeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehduavalidatoryaituvalidatorahlidanvalidatorpraktisi.Ujikepraktisandilakukandenganobservasikegiatanguruolehduaobserverdanangketresponsiswa.Ujikeefektifandilakukandenganobservasikegiatansiswaolehduaobserverdankuisindividu.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah350dan361dengankriteriavalid(2)skorkepraktisanberdasarkanhasillembarobservasikegiatangurudenganskor375dengankriteriapraktisdanhasilangketresponsiswadenganskor364danmendapatresponpositifdan(3)ujikeefektifanditunjukkandenganskordarilembarobservasikegiatansiswayaitu372yangmenunjukkantingkatkeefektifannyatinggidan8333%siswamendapatkannilaidiatasKKMyangditentukanyaitu75.Dalammenyempurnakanprodukyangdikembangkanpenulismelakukanrevisiberdasarkandarivalidatordanhasilujicobaperangkatpembelajaran.