Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII SMP / Diana Indah Kurnia

Main Author: Kurnia, Diana Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16025/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniaDianaIndah.2017.PengembanganPerangkatPembelajarandenganPendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)MateriLuasPermukaandanVolumeBangunRuangSisiDataruntukSiswaKelasVIIISMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingLathifulAnwarS.SiM.Sc.KataKunciperangkatpembelajaranRealisticMathematicsEducation(RME)bangunruangsisidatarPerangkatpembelajaranyangdigunakandiSMPN24Malangadalahperangkatpembelajarandenganpendekatansaintifik.Namunpembelajaranyangdilaksanakangurutidaksesuaidenganperangkatpembelajaranyangdisusun.Gurucenderungmenggunakanpembelajarankonvensionalsehinggapembelajarantidakmenunjukkanadanyainteraksidanpartisipasisiswadalammembangunpengetahuannyasendiri.SelainitubahanajaryangdigunakanhanyabukusiswadanjarangmenggunakanLembarKerjaSiswa(LKS).LKSyangbiasanyadigunakanberisilatihansoalbukanLKSyangbersifatmembangunpengetahuansiswasehinggasiswakesulitandalammenyelesaikansoalkarenasiswacenderungmenghafalkanrumus.HaliniberdasarkanulasandarigurumatematikadanobservasipadapembelajaranmatematikakelasVIIASMPN24Malang.PemahamansiswaterhadapkonsepluaspermukaandanvolumebangunruangsisidatardiSMPN24Malangdapatdikatakanrendahkarenalebihdari50%siswakelasVIIItahunajaran2015/2016tidaktuntasdalampembelajaran.UntukmembantusiswadalammemahamiluaspermukaandanvolumebangunruangsisidatarperlumenggunakanperangkatpembelajaranajaryangmemilikilimakarateristikRME.PendekatanRMEditerapkanpadaperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS).ModelpenelitiandanpengembanganperangkatpembelajaraninimenggunakanFour-DModelyangtelahdimodifikasimenjaditigatahapyaitu1)tahapdefine(pendefinisian)2)tahapdesign(perancangan)dan3)tahapdevelop(pengembangan).ProdukhasilpengembangandivalidasiolehsatudosenjurusanmatematikadansatugurumatematikaSMP.ProdukyangtelahdivalidasiakandirevisiuntukkemudiandiujicobakanpadasiswakelasVIIIBSMPN24Malang.Pengambilandataujivalidasimenggunakanlembarvalidasi.PengambilandataujikepraktisanRPPdilakukanolehtigaobservermenggunakanlembarobservasikegiatangurusedangkanpengambilandataujikepraktisanLKSdilakukanoleh38siswamenggunakanlembarangketresponsiswa.Pengambilandataujikeefektifandilakukanmelaluievaluasimenggunakanlembartesujikompetensi.Datayangdiperolehberupadatakualitatifdandatakuantitaif.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisskorrata-rata.PerangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)dinyatakanvalidpraktisdanefektifsehinggalayakdigunakandalampembelajaran.Dariprosesvalidasiperangkatpembelajarandinyatakanvaliddenganrata-rataskorvalidasiRPPLKSlembartesujikompetensilembarobservasikegiatangurulembarangketresponsiswamasing-masingadalah3.423.323.213.63.6.Perangkatpembelajaranjugadinyatakanpraktisyaituditunjukkandenganrata-rataskorlembarobservasikegiatangurudanlembarangketresponsiswaadalah3.46dan3.54.Selainituperangkatpembelajarandinyatakanefektifkarenapresentaseketuntasanbelajarsiswaadalah8158%.ABSTRACTKurniaDianaIndah.2017.DevelopmentofInstructionalEquipmentbyRealisticMathematicsEducation(RME)ApproachonSurfaceAreaandVolumeofThree-DimensionalShapeTopicfor8thGradeofJuniorHighSchool.UndergraduateThesisMathematicsDepartmentMathematicsandScienceFacultyStateUniversityofMalang.AdvisorLathifulAnwarS.SiM.Sc.KeywordsinstructionalequipmentRealisticMathematicsEducation(RME)three-dimensionalshapeTheinstructionalequipmentusedinSMPN24Malangisainstructionalequipmentwithascientificapproach.Howevertheteachersinstructiondoesntmatchtheinstructionalequipmentdeveloped.Teachertendstouseconventionalinstructionsothattheinstructiondoesntindicateinteractionandparticipationofstudentsinbuildingtheirownknowledge.InadditionteachingmaterialsonlyusestudentbooksandrarelyuseStudentworksheet.Studentworksheetthatusuallyusedcontainsexercisenotstudentworksheetthatisbuildstudentknowledgesostudentsaredifficultsolvingtheproblemsbecausestudentstendtomemorizetheformula.ThisisbasedonthereviewsfromamathematicsteacherandobservationonmathematicsinstructioninclassVIIASMPN24Malang.Studentsunderstandingoftheconceptofsurfaceareaandthevolumeofthree-dimensionalshapetopicinSMPN24Malangcanbesaidtobelowbecausemorethan50%ofstudentsofgradeVIIIofacademicyear2015/2016arenotcompleteininstruction.Toassiststudentsinunderstandingthesurfaceareaandvolumeofthree-dimensionaltopicitisnecessarytouseinstructionalequipmentthathavefivecharacteristicsofRME.TheRMEapproachisappliedtoinstructionalequipmentintheformofLessonPlanandStudentWorksheet.TheresearchanddevelopmentmodelthatisusedbyresearcherisFour-DModelwhichismodifiedtothreephasesthoseare1)definephase2)designphaseand3)developphase.Theproductofdevelopmentisvalidatedbyamathematicslecturerandajuniorhighschoolmathematicsteacher.AfterthattheproductisrevisedandtestedinVIIIBstudentsofSMPN24Malang.Dataofvalidationistakenbyusingvalidationsheet.Dataofpracticabilityoflessonplanistakenbythreeobserverthroughteacheractivityobservationsheetmeanwhilethedataofpracticabilityofstudentworksheetistakenby38studentsbyusingstudentresponsequestionnaire.Dataofeffectivenessistakenthroughevaluationbyusingcompetencytestsheet.Theresultsarequalitativeandquantitativedata.Theanalysistechniqueismeananalysis.Theinstructionequipmentconsistoflessonplanandstudentworksheetarestatedvalidpracticalandeffectivesothattheinstructionalequipmentisfeasibleusedininstruction.Basedonvalidationprocesstheinstructionequipmentisvalidwithaveragevalidationscoreoflessonplanstudentworksheetcompetencytestsheetteacheractivityobservationsheetstudentresponsequestionnaireare3.423.323.213.63.6.Theinstructionequipmentisalsoconsideredpracticalwhichisindicatedbytheaveragescoreofteacheractivityobservationsheetandstudentresponsequestionnaireare3.46and3.54.Inadditiontheinstructionequipmentisstatedeffectivebecausethepercentageofstudentslearningmasteryis81.58%.Malang4Mei2017DewanPenguji