Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model learning cycle 5E materi teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Qoimatus Saadah

Main Author: Saadah, Qoimatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16019/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaadahQoimatus.2016.PengembanganPerangkatPembelajarandenganModelLearningCycle5EMateriTeoremaPythagorasuntukSiswaSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematika.FMIPA.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoDwiCahyowatiM.Pd.KatakuncipengembanganperangkatpembelajaranmodelLearningcycle5EteoremaPythagoras.Matematikamerupakanilmudasaryangsangatpentinguntukmeningkatkankualitaspendidikannamunkenyataannyabanyaksiswayangmenganggapbahwamatematikamerupakanpelajaranyangsulitdanmembosankan.SalahsatumateriyangdianggapsulitolehsiswaadalahmateriteoremaPythagoras.Masalahtersebutdapatdiminimalisirdenganmodelpembelajaranyangdigunakan.Modelyangdipilihharusbisamemfasilitasisiswauntukmenemukankonsepsendirisehinggasiswaterlibataktifdalampembelajaran.OlehkarenaitudipilihmodelLearningcycle5Eyangmerupakansalahsatumodelpembelajarandenganparadigmakonstruktivistikyangmelibatkansiswaaktifdalampembelajaranmelalui5tahapyaituengagementexplorationexplanationelaborationdanevaluation.Modelyangdipilihdalamkegiatanpembelajaranakanlebihefektifjikaditunjangolehperangkatyangsesuai.PerangkatyangsesuaidenganmodeldanmateriiniadalahLKSyangdilengkapidenganalatperagauntukmenemukanteoremaPythagoras.MakatujuandaripenelitianiniadalahmengembangkanperangkatpembelajarandenganmodelLearningcycle5EpadamateriteoremaPythagorasuntuksiswakelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganpadapenelitianinidiadaptasidarimodelPlompyangdimodifikasi.TahappengembanganpadamodelPlompterdiridarilimafaseyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisi(5)faseimplementasi.Namunpadapengembanganperangkatinihanyadilakukansampaifasekeempatyaitufaseevaluasitesdanrevisi.AdapunperangkatyangdikembangkanadalahLKSdanRPPdenganmodelLearningcycle5E.Berdasarkanhasilvalidasidariseorangdosendangurumatematikadiperolehbahwaskorrata-ratakevalidanLKSsebesar3755danskorrata-ratakevalidanRPPsebesar3705.BerdasarkanhasilanalisistersebutmakaLKSdanRPPyangdikembangkandinyatakanvaliduntukselanjutnyasiapdiujicobakan.UjicobaLKSdilakukankepada9siswaSMP.DatayangdiperolehdarikegiatanujicobaterdiridarihasilujikepraktisanLKSdanRPPyangdiisiolehgurupraktisisertahasiltesujikompetensidanhasilangketresponsiswayangdiisiolehsiswa.Hasilujikepraktisanmenunjukkanbahwaskorrata-ratakepraktisanLKSsebesar3585danskorrata-ratakepraktisanRPPsebesar3585.Dengandemikianperangkatyangdikembangkandikatakanpraktis.Sedangkanhasilujikompetensisiswamenunjukkanlebihdariatausamadengan80%siswamendapatkannilaidiatasStandarKetuntasanMinimal.Selanjutnyaangketresponsiswamenunjukkanbahwalebihdariatausamadengan80%siswamemberikanskorrata-rata88053.Darikeduahaltersebutdapatdisimpulkanbahwaperangkattermasukkategoriefektif.