Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model learning cycle 5E materi teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Qoimatus Saadah
Main Author: | Saadah, Qoimatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16019/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaadahQoimatus.2016.PengembanganPerangkatPembelajarandenganModelLearningCycle5EMateriTeoremaPythagorasuntukSiswaSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematika.FMIPA.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoDwiCahyowatiM.Pd.KatakuncipengembanganperangkatpembelajaranmodelLearningcycle5EteoremaPythagoras.Matematikamerupakanilmudasaryangsangatpentinguntukmeningkatkankualitaspendidikannamunkenyataannyabanyaksiswayangmenganggapbahwamatematikamerupakanpelajaranyangsulitdanmembosankan.SalahsatumateriyangdianggapsulitolehsiswaadalahmateriteoremaPythagoras.Masalahtersebutdapatdiminimalisirdenganmodelpembelajaranyangdigunakan.Modelyangdipilihharusbisamemfasilitasisiswauntukmenemukankonsepsendirisehinggasiswaterlibataktifdalampembelajaran.OlehkarenaitudipilihmodelLearningcycle5Eyangmerupakansalahsatumodelpembelajarandenganparadigmakonstruktivistikyangmelibatkansiswaaktifdalampembelajaranmelalui5tahapyaituengagementexplorationexplanationelaborationdanevaluation.Modelyangdipilihdalamkegiatanpembelajaranakanlebihefektifjikaditunjangolehperangkatyangsesuai.PerangkatyangsesuaidenganmodeldanmateriiniadalahLKSyangdilengkapidenganalatperagauntukmenemukanteoremaPythagoras.MakatujuandaripenelitianiniadalahmengembangkanperangkatpembelajarandenganmodelLearningcycle5EpadamateriteoremaPythagorasuntuksiswakelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganpadapenelitianinidiadaptasidarimodelPlompyangdimodifikasi.TahappengembanganpadamodelPlompterdiridarilimafaseyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisi(5)faseimplementasi.Namunpadapengembanganperangkatinihanyadilakukansampaifasekeempatyaitufaseevaluasitesdanrevisi.AdapunperangkatyangdikembangkanadalahLKSdanRPPdenganmodelLearningcycle5E.Berdasarkanhasilvalidasidariseorangdosendangurumatematikadiperolehbahwaskorrata-ratakevalidanLKSsebesar3755danskorrata-ratakevalidanRPPsebesar3705.BerdasarkanhasilanalisistersebutmakaLKSdanRPPyangdikembangkandinyatakanvaliduntukselanjutnyasiapdiujicobakan.UjicobaLKSdilakukankepada9siswaSMP.DatayangdiperolehdarikegiatanujicobaterdiridarihasilujikepraktisanLKSdanRPPyangdiisiolehgurupraktisisertahasiltesujikompetensidanhasilangketresponsiswayangdiisiolehsiswa.Hasilujikepraktisanmenunjukkanbahwaskorrata-ratakepraktisanLKSsebesar3585danskorrata-ratakepraktisanRPPsebesar3585.Dengandemikianperangkatyangdikembangkandikatakanpraktis.Sedangkanhasilujikompetensisiswamenunjukkanlebihdariatausamadengan80%siswamendapatkannilaidiatasStandarKetuntasanMinimal.Selanjutnyaangketresponsiswamenunjukkanbahwalebihdariatausamadengan80%siswamemberikanskorrata-rata88053.Darikeduahaltersebutdapatdisimpulkanbahwaperangkattermasukkategoriefektif.