Analisis kesalahan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dan pemberian scaffoldingnya / Heri Apriyanto

Main Author: Apriyanto, Heri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/160174/
Daftar Isi:
  • RINGKASANApriyantoHeri.2019.AnalisisKesalahanRepresentasiMatematisSiswadalamMenyelesaikanSoalPemecahanMasalahMatematikadanPemberianScaffoldingnya.Tesis.ProgramStudiMagisterPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TjangDanielChandraM.SiPh.D(II)Dr.HendroPermadiM.SiKataKunciRepresentasiMatematisScaffoldingAnalisisKesalahanRepresentasiadalahbentuknyatayangdapatdipahamidandapatmewakiliataumenggambarkantentangsesuatuyangdapatberupatampilanvisualsimbolataugrafik.Representasimatematisdiperlukandalampembelajaranmatematikayangdapatmembentusiswamemahamikonsepmemecahkanmasalahsertamemodelkanfenomenamatematika.Ketikasiswamenyelesaikansoalpemecahanmasalahmatematikakesalahanrepresentasidapatterjadi.Kesalahanrepresentasididefinisikansebagaikesalahandalammengungkapkanideataugagasanmatematissiswadarisuatupermasalahanyangdiberikan.Untukmemperbaikikesalahantersebutmakapenelitimemberikanbantuanberupascaffolding.Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptifyangbertujuanuntukmendeskripsikanterjadinyakesalahanrepresentasimatematissiswadanscaffoldingyangdilakukanuntukmengatasikesalahanrepresentasimatematisdalammenyelesaikansoalpemecahanmasalahmatematikapadamateripertidaksamaanliniersatuvariabelsegiempatdansegitiga.PenelitianinidilakukandikelasVIIIeSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Tesawaldiberikanuntukmemilihsubjekberdasarkanjeniskesalahanyangdilakukanyatukesalahanrepresentasivisualkesalahanrepresentasiverbaldankesalahanrepresentasisimbolik.Berdasarkanhasiltesawal2orangsubjekdipilihmewakilisetiapjeniskesalahanrepresentasidenganmempertimbangkanmasukandarigurumatapelajaranyangmengajardikelasVIIIeSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Enamsubjekdiberikansoaltespemecahanmasalahdanscaffoldingdiberikansaatsubjekmengalamikesulitanataukesalahan.Selanjutnyapenelitimelakukanwawancaraterhadapmasing-masingsubjek.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaketigajeniskesalahanrepresentasimatematisdilakukanolehsemuasubjek.Subjekyangdipilihdenganjawabanyangbenarpadasoalasaattesawaljugamelakukankesalahanpadasoalapadasaattespemecahanmasalahdiberikan.Kesalahanrepresentasimatematisyangdilakukanmasing-masingsubjekberbedasatudenganyanglainnya.Kesalahanrepresentasivisualyangdilakukanpadaawalpengerjaanmenyebabkankesalahanverbaljugaterjadikarenabentukgambaryangdibuatpadasoalsebelumnyamempengaruhipengerjaanpadasoalbyangmenggunakanrepresentasiverbal.Kesalahanrepresentasisimbolikterjadikarenasubjekkurangmemahamisimbolpertidaksamaansalahmengoperasikanperkaliandengansifatdistributifdansiswasalahdalammengoperasikanpertidaksamaanyangtelahdibuat.Darikeempatlangkahpemecahanmasalahtidaksemuatahapandilakukanolehsubjek.Beberapasubjektidakmelakukantahaplookingbackkarenamerasajawabanyangditulissudahbenar.Kemudianbeberapasubjektidakmenuliskaninformasidanmasalahyangdipahamidarisoalsebagaitahapanmemahamimasalah(understandtheproblem).Selaindariitusubjekyangmelakukankesalahanpadatahapmemahamimasalah(understandingtheproblem)membuatlangkahpenyelesaianmasalahselanjutnyamenjadisalah.Scaffoldinguntuksemuasoaldiberikankepadasemuasubjek.Scaffoldingyangdiberikanpadapenelitianadalahscaffoldinglevel2yangmengacupadateoriAnghileriyaitureviewingrestructuringdanexplaining.Scaffoldingpadatahapreviewingdiberikanberupapertanyaanpenyelidikanpertanyaanyangmengarahkandancontohsejenissehinggasubjekdapatmemperbaikikesalahanataumengatasikesulitannya.Selainitupenelitijugamemberikanpenjelasanterhadapbeberapakonsepkhususnyatentanggarisbantupadasebuahbidang.Sehinggadenganscaffoldingyangdiberikansiswadapatmenyelesaikansoaldenganbenar.