Identifikasi tahap berpikir kreatif siswa tingkat SMP yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik dalam memecahkan masalah matematika / Fitri Kumala Dewi

Main Author: Dewi, Fitri Kumala
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/160171/
Daftar Isi:
  • RINGKASANDewiFitriKumala.2019.IdentifikasiTahapBerpikirKreatifSiswaTingkatSMPyangMemilikiGayaBelajarVisualAuditorialatauKinestetikdalamMemecahkanMasalahMatematika.TesisProgramStudiMagisterPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SusiswoM.Si.(2)Prof.AkbarSutawidjajaM.EdPh.D.KataKunciTahapberpikirkreatifpemecahanmasalahgayabelajarBerpikirkreatifmerupakankemampuanyangmenjadisalahsatutujuanpembelajarandanpendidikanmatematika.Berpikirkreatifdalammatematikamencakupbanyakaktivitassalahsatunyadalampemecahanmasalah.AdapuntahapanberpikirkreatifyangdigunakandalampenelitianiniadalahtahapanyangdikembangkanSiswonodanBudayasayaknimensintesisidemembangunidemerencanakanpenerapandanmenerapkanide.Namunkemampuanberpikirkreatifsiswaberbeda-bedahalinidisebabkanolehbanyakfaktoryangsalahsatunyaadalahgayabelajar.Gayabelajarmerupakansuatuteknikyangdilakukansiswadalammendapatkandanmengkomunikasikaninformasi.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengidentifikasitahapberpikirkreatifsiswatingkatSMPyangmemilikigayabelajarvisualauditorialataukinestetikdalammemecahkanmasalahmatematika.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif.InstrumenyangdigunakanterdiridariangketgayabelejaryangdiadaptasidaridariVAKLearningStylesSelf-AssessmentQuestionnairetespemecahanmasalahdanpedomanwawancara.Tesdanwawancaradilakukankepadasiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialdankinestetik.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwasiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialataukinestetikmemenuhiempattahapanyaknimensintesisidemembangunidemerencanakanpenerapandanmenerapkanide.Padatahapmensintesisidesaattelahmembacamasalahsiswayangmemilikigayabelajarvisualdankinestetiklangsungdapatmemahamidanmengidentifikasiinformasipadamasalah.Sedangkansiswayangmemilikigayabelajarauditorialharusmembacamasalahsecaraberulangkaliterlebihdahulu.Walaudemikiansiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialdankinestetikmampumenjelaskankembaliinformasiyangterdapatpadamasalah.Sertasubjekmengetahuipengetahuanrelevanyangdigunakanuntukmemecahkanmasalahyangdiberikan.Padatahapmembangunidesemuasubjekmembacakembalimasalahyangdiberikansetelahitumembuatilustrasigambarberdasarkaninformasiyangdidapatdarimasalah.Salahsatusiswadengangayabelajarvisualdanauditorialmengilustrasikangambardenganmenambahkaninformasibaruyangakandigunakandalammemecahkanmasalah.Informasitersebutdidapatsiswaberdasarkanpengetahuanyangdimilikisebelumnya.Sedangkansiswadengangayabelajarkinestetikhanyamemanfaatkaninformasiyangadadalammasalahsaatmengilustrasikangambar.Padatahapmerencanakanpenerapansemuasubjekdapatmenyusunstrategipemecahanmasalahberdasarkaninformasiyangdiberikanmasalahmaupuninformasitambahanyangdianggappenting.Danidepenyelesaianyangdipakaiialahrumusluaspersegipanjangdanluassegitiga.Padatahapmenerapkanidesemuasubjekmampumenerapkanstrategiyangdisusunsebelumnyahinggamenemukansolusiyangdiinginkanpadamasalah.