Identifikasi tahap berpikir kreatif siswa tingkat SMP yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik dalam memecahkan masalah matematika / Fitri Kumala Dewi
Main Author: | Dewi, Fitri Kumala |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/160171/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANDewiFitriKumala.2019.IdentifikasiTahapBerpikirKreatifSiswaTingkatSMPyangMemilikiGayaBelajarVisualAuditorialatauKinestetikdalamMemecahkanMasalahMatematika.TesisProgramStudiMagisterPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SusiswoM.Si.(2)Prof.AkbarSutawidjajaM.EdPh.D.KataKunciTahapberpikirkreatifpemecahanmasalahgayabelajarBerpikirkreatifmerupakankemampuanyangmenjadisalahsatutujuanpembelajarandanpendidikanmatematika.Berpikirkreatifdalammatematikamencakupbanyakaktivitassalahsatunyadalampemecahanmasalah.AdapuntahapanberpikirkreatifyangdigunakandalampenelitianiniadalahtahapanyangdikembangkanSiswonodanBudayasayaknimensintesisidemembangunidemerencanakanpenerapandanmenerapkanide.Namunkemampuanberpikirkreatifsiswaberbeda-bedahalinidisebabkanolehbanyakfaktoryangsalahsatunyaadalahgayabelajar.Gayabelajarmerupakansuatuteknikyangdilakukansiswadalammendapatkandanmengkomunikasikaninformasi.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengidentifikasitahapberpikirkreatifsiswatingkatSMPyangmemilikigayabelajarvisualauditorialataukinestetikdalammemecahkanmasalahmatematika.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif.InstrumenyangdigunakanterdiridariangketgayabelejaryangdiadaptasidaridariVAKLearningStylesSelf-AssessmentQuestionnairetespemecahanmasalahdanpedomanwawancara.Tesdanwawancaradilakukankepadasiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialdankinestetik.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwasiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialataukinestetikmemenuhiempattahapanyaknimensintesisidemembangunidemerencanakanpenerapandanmenerapkanide.Padatahapmensintesisidesaattelahmembacamasalahsiswayangmemilikigayabelajarvisualdankinestetiklangsungdapatmemahamidanmengidentifikasiinformasipadamasalah.Sedangkansiswayangmemilikigayabelajarauditorialharusmembacamasalahsecaraberulangkaliterlebihdahulu.Walaudemikiansiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialdankinestetikmampumenjelaskankembaliinformasiyangterdapatpadamasalah.Sertasubjekmengetahuipengetahuanrelevanyangdigunakanuntukmemecahkanmasalahyangdiberikan.Padatahapmembangunidesemuasubjekmembacakembalimasalahyangdiberikansetelahitumembuatilustrasigambarberdasarkaninformasiyangdidapatdarimasalah.Salahsatusiswadengangayabelajarvisualdanauditorialmengilustrasikangambardenganmenambahkaninformasibaruyangakandigunakandalammemecahkanmasalah.Informasitersebutdidapatsiswaberdasarkanpengetahuanyangdimilikisebelumnya.Sedangkansiswadengangayabelajarkinestetikhanyamemanfaatkaninformasiyangadadalammasalahsaatmengilustrasikangambar.Padatahapmerencanakanpenerapansemuasubjekdapatmenyusunstrategipemecahanmasalahberdasarkaninformasiyangdiberikanmasalahmaupuninformasitambahanyangdianggappenting.Danidepenyelesaianyangdipakaiialahrumusluaspersegipanjangdanluassegitiga.Padatahapmenerapkanidesemuasubjekmampumenerapkanstrategiyangdisusunsebelumnyahinggamenemukansolusiyangdiinginkanpadamasalah.