Profil kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar berdasarkan gaya kognitif / Fitratur Rahmah
Main Author: | Rahmah, Fitratur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/160164/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANRahmahFitratur2019.ProfilKemampuanRepresentasiMatematisdalamMenyelesaikanMasalahBangunDatarBerdasarkanGayaKognitif.TesisPendidikanMatematika.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Drs.GatotMushetyoM.Sc.(2)Dra.SantiIrawatiM.Si.P.hD.KataKunciKemampuanRepresentasiMatematisMasalahMatematikaGayaKognitif.Representasisiswadalammengomunikasikanpenyelesaianmasalahmatematikamerupakansalahsatukesulitanbagisiswa.SalahsatuStandarNasionalPendidikandalampembelajaranmatematikaadalahmenyelesaikanmasalahmatematikadenganbaikmerupakanagardapatmenyelesaikandenganbaikdibutuhkanberbagaikemampuanmatematissalahsatunyakemampuanrepresentasi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanprofilkemampuanrepresentasimatematissiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaberdasarkangayakognitifsiswayaitugayareflektifdangayaimpulsif.MenurutNCTM(2000)terdapattigastandarkemampuanrepresentasimatematisyaitusebagaiberikut1)Menyatakanide-idematematikadenganmembuatdanmenggunakanrepresentasi.2)Menyelesaikanmasalahdenganmemilihdanmenerjemahkanantarrepresentasi.3)Membuatmodeldanmenginterpretasifenomenamatematisfisikdansosialdenganmengggunakanrepresentasi.Jenispenelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.PenelitiandilakukandikelasVIIISMPIslamMaarif02Malangdengan2subjekbergayakognitifreflektifdan2subjekbergayakognitifimpulsifyangdiambildari24siswa.PemilihansubjekpenelitiandenganmenggunakaninstrumenMatchingFamiliarFigureTest(MFFT)masalahmatematikadanpedomanwawancara.Hasilpenelitianpadaprofilsiswareflektifpadaprosesmemahamimasalahdanmengemukakaninformasilebihbervariasidanmenggunakanberbagaibentukrepresentasimatematisyaknivisualdanverbal.Sementaraitupadaprosespenyelesaianmasalahmenggunakanrepresentasiekspresimatematis.Siswareflektifdapatmenuliskanlangkah-langkahpenyelesaianwalaupunadabeberapayangsalahterhadaphasilkarenakesalahandalamberhitung.Padaprosespengerjaansangatberhati-hatidalammenuliskanataumenggambarkaninformasiuntukmenghindarikesalahandalamprosespenyelesaianya.Profilsiswaimpulsifdalammenyelesaikanmasalahmengerjakandengancarayangkurangbervariasidalammengungkapkaninformasipadamasalahdanjugapadaprosespenyelesaian.Siswainicenderunglangsungmengerjakanpenyelesaiantanpamenuliskaninformasiyangterdapatpadamasalahmatematika.Prosesyangdilakukansepertiitumemberikancerminanbahwasiswainitanpaberpikirpanjangdantanpaberpikirlebihdetail.