Pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS materi bentuk aljabar dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning) untuk siswa SMP kelas VII SMPN 1 Pronojiwo / Fitrotul Avivah

Main Author: Avivah, Fitrotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16016/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAvivahFitrotul.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranRPPdanLKSMateriBentukAljabardenganModelPembelajaranPenemuanTerbimbing.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.DwiyanaM.PdPh.DKataKunciPerangkatPembelajaranpenemuanterbimbingBentukAljabarPenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)padamateriBentukAljabardenganmodelpembelajaranpenemuanterbimbinguntuksiswaSMPkelasVIIsemesterI.Penelitianinijugabertujuanuntukmengetahuikualitasprodukditinjaudariaspekvalidpraktisdanefektif.JenispenelitianiniadalahpenelitianpengembanganyangmengacumodelpengembanganADDIEdengantahapanAnalysisDesignDevelopmentImplementationdanEvaluation.ObjekdalampenelitianiniadalahperangkatpembelajaranmateribentukaljabardenganmodelpembelajaranpenemuanterbimbinguntuksiswaSMPkelasVII.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarpenilaianperangkatpembelajaranRPPdanLKSuntukmengukurkevalidanperangkatpembelajaranlembarobservasipembelajarandanangketresponsiswauntukmengukurkepraktisanperangkatpembelajaransertateshasilbelajarberupakuisuntukmengukurkeefektifanperangkatpembelajaran.HasilpenelitianiniadalahperangkatpembelajaranberupaRPPdanLKSdenganmodelpembelajaranpenemuanterbimbinguntuksiswaSMPkelasVII.(1)BerdasarkanhasilvalidasiRPPdiperolehskor405dengankriteriaBaik.(2)BerdasarkanhasilvalidasiLKSdiperolehskor395dengankriteriaBaiksehinggaperangkatpembelajarandapatdikatakanvalid.(3)Berdasarkanhasillembarobservasidiperolehpersentase9735%dengankriteriaSangatBaikdanhasilangketresponsiswadiperolehskor365dengankriteriaSangatBaiksehinggaperangkatpembelajarandapatdikatakanpraktis.(4)Berdasarkanhasilteshasilbelajarsiswadidapatpersentaseketuntasanbelajarklasikalsebesar8636%dengankriteriaSangatBaiksehinggaperangkatpembelajarandapatdikatakanefektif.