Pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS materi bentuk aljabar dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning) untuk siswa SMP kelas VII SMPN 1 Pronojiwo / Fitrotul Avivah
Main Author: | Avivah, Fitrotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16016/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAvivahFitrotul.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranRPPdanLKSMateriBentukAljabardenganModelPembelajaranPenemuanTerbimbing.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.DwiyanaM.PdPh.DKataKunciPerangkatPembelajaranpenemuanterbimbingBentukAljabarPenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)padamateriBentukAljabardenganmodelpembelajaranpenemuanterbimbinguntuksiswaSMPkelasVIIsemesterI.Penelitianinijugabertujuanuntukmengetahuikualitasprodukditinjaudariaspekvalidpraktisdanefektif.JenispenelitianiniadalahpenelitianpengembanganyangmengacumodelpengembanganADDIEdengantahapanAnalysisDesignDevelopmentImplementationdanEvaluation.ObjekdalampenelitianiniadalahperangkatpembelajaranmateribentukaljabardenganmodelpembelajaranpenemuanterbimbinguntuksiswaSMPkelasVII.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarpenilaianperangkatpembelajaranRPPdanLKSuntukmengukurkevalidanperangkatpembelajaranlembarobservasipembelajarandanangketresponsiswauntukmengukurkepraktisanperangkatpembelajaransertateshasilbelajarberupakuisuntukmengukurkeefektifanperangkatpembelajaran.HasilpenelitianiniadalahperangkatpembelajaranberupaRPPdanLKSdenganmodelpembelajaranpenemuanterbimbinguntuksiswaSMPkelasVII.(1)BerdasarkanhasilvalidasiRPPdiperolehskor405dengankriteriaBaik.(2)BerdasarkanhasilvalidasiLKSdiperolehskor395dengankriteriaBaiksehinggaperangkatpembelajarandapatdikatakanvalid.(3)Berdasarkanhasillembarobservasidiperolehpersentase9735%dengankriteriaSangatBaikdanhasilangketresponsiswadiperolehskor365dengankriteriaSangatBaiksehinggaperangkatpembelajarandapatdikatakanpraktis.(4)Berdasarkanhasilteshasilbelajarsiswadidapatpersentaseketuntasanbelajarklasikalsebesar8636%dengankriteriaSangatBaiksehinggaperangkatpembelajarandapatdikatakanefektif.