Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 8 Malang pada materi statistika dan peluang / Bertha Maya Anika
Main Author: | Anika, Bertha Maya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16015/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnikaBerthaMaya.2016.PenerapanPembelajaranProblemPosinguntukMeningkatkanKemampuanPemecahanMasalahSiswaKelasVII-ESMPNegeri8MalangpadaMateriStatistikadanPeluang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.M.ShohibulKahfiM.PdKataKunciproblemposingkemampuanpemecahanmasalahstatistikapeluangBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurumatematikakelasVII-ESMPNegeri8Malangdiperolehinformasibahwakemampuanpemecahanmasalahsiswamasihkurang.Siswakesulitanmenyelesaikansoal-soalaplikasiatausoalyangmembutuhkanbeberapalangkahpengerjaan.Dari32siswakelasVII-E24diantaranyatidakdapatmenyelesaikanulanganharianmateritransformasiyangmembutuhkankemampuanpemecahanmasalah.OlehkarenaitudiperlukansuatupembelajaranuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsiswakelasVII-E.Pembelajaranyangditerapkanadalahproblemposingyangdisesuaikandengankurikulum2013melaluipendekatansaintifik.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberjalanselamaduasiklus.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranproblemposingyangdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsiswakelasVII-ESMPNegeri8Malang.DatayangdikumpulkanberupadatakualitatifdankuantitatifyaituhasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasidancatatanlapangansertahasilskorLKSdanhasilskortesakhirsiklus.DatahasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanpemecahanmasalahsiswakelasVII-Emeningkatsetelahmenerapkanpembelajaranproblemposing.PeningkatantersebutdiketahuidaripeningkatanskorLKSdantesakhirpadasiklusIdibandingkandenganpadasiklusII.PersentaseketuntasansiswasecaraklasikaldarihasilskorLKSsiklusIadalah322%padapertemuanpertamadan58%padapertemuankedua.PersentaseketuntasansiswasecaraklasikaldarihasilskorLKSsiklusIIadalah87%padapertemuanpertamadan903%padapertemuankedua.Sedangkanpersentaseketuntasansiswasecaraklasikaldarihasiltesakhirsiklusadalah58%padasiklusIdan774%padasiklusII.PeningkataninijugadidukungolehhasilobservasiaktivitasgurudansiswadengankategoriminimalbaikpadasiklusImaupunsiklusII.Berdasarkanpenelitiantersebutdidapatkanlangkah-langkahpembelajaranproblemposingyangdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsiswakelasVII-ESMPNegeri8Malangadalahsebagaiberikut.(1)Gurumenjelaskancontoh-contohpenerapanmateristatistikadanpeluangkepadasiswadisertaipemberianuraiansingkatpadalembarkegiatansiswa(LKS)(2)siswamengerjakanlatihansoalkemudiandibahassecaraklasikaluntukmengonfirmasidanmenguatkanpemahamanmateri(3)siswasecaraindividualmengajukansoalterkaitmateriyangbarudipelajarikemudiansiswamenyelesaikansoalbuatannyatersebut(4)beberapasiswamempresentasikansoalyangtelahdiselesaikannya8195