Berpikir kritis siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan number sense / Eka Darmayanti

Main Author: Darmayanti, Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/160129/
Daftar Isi:
  • PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanberpikirkritissiswakelasVIISMPdalammemecahkanmasalahmatematikaberdasarkankemampuannumbersense.Penelitianinimemberikangambaranmengenaikomponenberpikirkritisyangmeliputifocusreasoninferencesituationclaritydanoverviewyangdilakukansiswaselamaprosesmemecahkanmasalahmatematika.Penelitiandilakukanpada3siswadari23siswakelasVIIMTsSuryaBuanaMalangmateriBilanganBulat.Subjekpenelitiandikategorikanmenjadi3kategoriyaitu(1)siswanumbersensetinggi(2)siswanumbersensesedangdan(3)siswanumbersenserendah.Instrumenpenelitianberupateskemampuannumbersenseyangdigunakanuntukmemilihsubjekpenelitiantesmasalahmatematikadanpedomanwawancara.Datapenelitiandiperolehdarihasiltesmasalahmatematikadanhasilwawancara.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaberpikirkritissubjekNS1dalammemecahkansoal1melakukanempatkriteriadenganrincianfocusreasoninferencedanclarity.BerpikirkritissubjekNS1dalammemecahkansoal2melakukanlimakriteriadenganrincianfocusreasoninferencesituationdanclarity.BerpikirkritissubjekNS2dalammemecahkansoal1melakukanempatkriteriadenganrincianreasoninferencesituationdanoverview.BerpikirkritissubjekNS2dalammemecahkansoal2melakukanduakriteriadenganrincianreasondaninference.BerpikirkritissubjekNS3dalammemecahkansoal1melakukanlimaindikatordengankriteriafocusreasoninferencesituationdanclarity.BerpikirkritissubjekNS3dalammemecahkansoal2melakukantigakriteriadenganrincianfocusreasondaninference.