Berpikir kritis siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan number sense / Eka Darmayanti
Main Author: | Darmayanti, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/160129/ |
Daftar Isi:
- PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanberpikirkritissiswakelasVIISMPdalammemecahkanmasalahmatematikaberdasarkankemampuannumbersense.Penelitianinimemberikangambaranmengenaikomponenberpikirkritisyangmeliputifocusreasoninferencesituationclaritydanoverviewyangdilakukansiswaselamaprosesmemecahkanmasalahmatematika.Penelitiandilakukanpada3siswadari23siswakelasVIIMTsSuryaBuanaMalangmateriBilanganBulat.Subjekpenelitiandikategorikanmenjadi3kategoriyaitu(1)siswanumbersensetinggi(2)siswanumbersensesedangdan(3)siswanumbersenserendah.Instrumenpenelitianberupateskemampuannumbersenseyangdigunakanuntukmemilihsubjekpenelitiantesmasalahmatematikadanpedomanwawancara.Datapenelitiandiperolehdarihasiltesmasalahmatematikadanhasilwawancara.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaberpikirkritissubjekNS1dalammemecahkansoal1melakukanempatkriteriadenganrincianfocusreasoninferencedanclarity.BerpikirkritissubjekNS1dalammemecahkansoal2melakukanlimakriteriadenganrincianfocusreasoninferencesituationdanclarity.BerpikirkritissubjekNS2dalammemecahkansoal1melakukanempatkriteriadenganrincianreasoninferencesituationdanoverview.BerpikirkritissubjekNS2dalammemecahkansoal2melakukanduakriteriadenganrincianreasondaninference.BerpikirkritissubjekNS3dalammemecahkansoal1melakukanlimaindikatordengankriteriafocusreasoninferencesituationdanclarity.BerpikirkritissubjekNS3dalammemecahkansoal2melakukantigakriteriadenganrincianfocusreasondaninference.