Kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa smpn 2 tegalsiwalan pada materi bangun datar berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari teori van hiele / Lutfi Fatkhurrohman

Main Author: Fatkhurrohman, Lutfi Fatkhurrohman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Online Access: http://repository.um.ac.id/160122/
Daftar Isi:
  • Kecepatanpenyelesaianmasalahuntuksetiapindividuberbeda-bedatergantungdarijumlahpengetahuanyangdimilikinyakecepatandalammengingatpengetahuansebelumnyatingkatkreativitassiswadankemampuansiswadalammembedakankonsep.Darihasilstudipendahuluanmenyatakanbahwatingkatpengetahuangeometrisiswadalammenyelesaikanmasalahgeometriberbed-beda.Halinidapatdilihatdarihasiljawabansiswa.Adasiswayangtelahpahammateribangundatardenganbaikdanadapulasiswayangbelumpahammateribangundatar.TeoriVanHielemengkajitentangtingkatpengetahuansiswadalammemahamimaterigeomatri.PnelitianinibrtujuanuntukmendeskripsikankmampuanpenyelesaianmasalahmatematikasiswaSMPN2Tegalsiwalanpadamateribangundatarberdasarkanlangkah-langkahPolyaditinjaudariteoriVanHiele.SubjekdaripenelitianiniadalahsiswakelasIXyangterdiridari2siswatingkat0(visualisasi)2siswatingkat1(analisis)serta2siswatingkat2(dduksiinformal).LangkahpenyelesaianmasalahyangdigunakandalampenelitianinimenggunakanlangkahpenyelesaianmasalahyangdikemukakanolehPolya.Siswapadatingkat2(DeduksiInformal)dalammenyelesaikanmasalahmampumemahamimasalahmampumenyusunrencanapenyelesaianmampumelaksanakanrencanapenyelesaiansertamampumemeriksasolusiyangdidapat.Merekajugamampumemeriksakemungkinancaralaindarisoalyangdiberikan.Siswapadatingkat1(Analisis)dalammenyelesaikanmasalahmampumemahamimasalahmampumenyusunrencanapenyelesaiantetapibelummampumenghubungkaninformsiyangadadenganinformasiyangbelumdiketahuimelaksanakanrencanapenyelesaianmampumelaksanakanstrategiyangdipilihsertalangkah-langkahpenyelesaiannyaakantetapisubjekpenelitianbelummampumemeriksasetiaplangkah-langkahyangdigunakanmerekajugabelummampumemeriksasolusiyangdidapat.Siswapadatingkat0(Analisis)dalammenyelesaikanmasalahmampumemahamimasalahtetapibelummampumenyusunrencanapenyelesaiandenganmenunjukkankonsepyangakandigunakanbelummampumelaksanakanrencanapenyelesaiankarenasalahsaatmenentukaninformasiyangbelumdiketahuibelummampumemeriksasolusiyangdidapatkarenamerekacenderungtidakmemeriksakembalisolusiyangdiperoleh.