Kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa smpn 2 tegalsiwalan pada materi bangun datar berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari teori van hiele / Lutfi Fatkhurrohman
Main Author: | Fatkhurrohman, Lutfi Fatkhurrohman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/160122/ |
Daftar Isi:
- Kecepatanpenyelesaianmasalahuntuksetiapindividuberbeda-bedatergantungdarijumlahpengetahuanyangdimilikinyakecepatandalammengingatpengetahuansebelumnyatingkatkreativitassiswadankemampuansiswadalammembedakankonsep.Darihasilstudipendahuluanmenyatakanbahwatingkatpengetahuangeometrisiswadalammenyelesaikanmasalahgeometriberbed-beda.Halinidapatdilihatdarihasiljawabansiswa.Adasiswayangtelahpahammateribangundatardenganbaikdanadapulasiswayangbelumpahammateribangundatar.TeoriVanHielemengkajitentangtingkatpengetahuansiswadalammemahamimaterigeomatri.PnelitianinibrtujuanuntukmendeskripsikankmampuanpenyelesaianmasalahmatematikasiswaSMPN2Tegalsiwalanpadamateribangundatarberdasarkanlangkah-langkahPolyaditinjaudariteoriVanHiele.SubjekdaripenelitianiniadalahsiswakelasIXyangterdiridari2siswatingkat0(visualisasi)2siswatingkat1(analisis)serta2siswatingkat2(dduksiinformal).LangkahpenyelesaianmasalahyangdigunakandalampenelitianinimenggunakanlangkahpenyelesaianmasalahyangdikemukakanolehPolya.Siswapadatingkat2(DeduksiInformal)dalammenyelesaikanmasalahmampumemahamimasalahmampumenyusunrencanapenyelesaianmampumelaksanakanrencanapenyelesaiansertamampumemeriksasolusiyangdidapat.Merekajugamampumemeriksakemungkinancaralaindarisoalyangdiberikan.Siswapadatingkat1(Analisis)dalammenyelesaikanmasalahmampumemahamimasalahmampumenyusunrencanapenyelesaiantetapibelummampumenghubungkaninformsiyangadadenganinformasiyangbelumdiketahuimelaksanakanrencanapenyelesaianmampumelaksanakanstrategiyangdipilihsertalangkah-langkahpenyelesaiannyaakantetapisubjekpenelitianbelummampumemeriksasetiaplangkah-langkahyangdigunakanmerekajugabelummampumemeriksasolusiyangdidapat.Siswapadatingkat0(Analisis)dalammenyelesaikanmasalahmampumemahamimasalahtetapibelummampumenyusunrencanapenyelesaiandenganmenunjukkankonsepyangakandigunakanbelummampumelaksanakanrencanapenyelesaiankarenasalahsaatmenentukaninformasiyangbelumdiketahuibelummampumemeriksasolusiyangdidapatkarenamerekacenderungtidakmemeriksakembalisolusiyangdiperoleh.