Perbedaan motivasi belajar siswa yang berasal dari keluarga utuh dengan siswa yang berasal dari keluarga broken home di SMK Negeri 2 Malang / Herlina Effendi

Main Author: Herlina Effendi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/1601/
Daftar Isi:
  • Banyakhalyangmempengaruhimotivasibelajarsiswadiantaranyaadalahfaktorkeadaankeluargasiswa.Dalamsuatukeluargayangutuhdalamartimasihlengkapstrukturnya(ayahdanibumasihhidup)tidakberceraidantidakseringcekcokperhatianorangtuaterhadapkegiatanbelajaranakakanlebihbanyakkesempatannya.Interaksisosialyangharmonisdankesepahamanmengenainorma-normapadadiriayahdanibuakanberpengaruhpulaterhadapkemajuanbelajaranak.Sebaliknyadalamsuatukeluargajikasalahsatuataukeduaorangtuameninggalberceraiataumeninggalkankeluargadalamwaktuyangrelatifcukuplamajelastidakdapatmemperhatikananak-anakdenganbaik.Anakkurangmendapatkankasihsayangyangselanjutnyaakanberdampakpadamotivasidanhasilbelajarnyadisekolah.Tujuanpenelitianuntukmendeskripsikan(1)MotivasibelajarsiswaSMKNegeri2Malangyangberasaldarikeluargautuh(2)MotivasibelajarsiswaSMKNegeri2Malangyangberasaldarikeluargabrokenhomedan(3)MengujiadatidaknyaperbedaanmotivasibelajarsiswayangberasaldarikeluargautuhdengansiswayangberasaldarikeluargabrokenhomediSMKNegeri2Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifdankomparatif.Populasipenelitianseluruhsiswakelas1dankelas2SMKNegeri2Malang.Teknikpengambilansampel(metodesampling)yangdigunakanuntukpenarikansampeldalampenelitianiniadalahclusterrandomsamplingdantotalsampling.Clusterrandomsamplingdigunakanuntukpenarikansampeldarisiswayangberasaldarikeluargautuhdantotalsamplingdigunakanuntukpenarikansampeldarisiswayangberasaldarikeluargabrokenhome.Pengambilansampeluntuksiswayangberasaldarikeluargabrokenhomedenganmenggunakansampeltotaldaripopulasisiswayangberjumlah535siswadiperoleh79siswayangberasaldarikeluargabrokenhome.Sedangkanpengambilansampeluntuksiswayangberasaldarikeluargautuhditetapkansebesar92siswa(20%dari456).Instrumenpenelitianmengenaikeadaankeluargamenggunakanangkettertutupsedangkanmotivasibelajarangketberstrukturdengan4(empat)skalajawaban.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisispersentasedanUji-t.Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwamotivasibelajarsiswadarikeluargautuhyangmemilikimotivasibelajarsangattinggi(11%)(989%)memilikimotivasibelajartinggi(0%)yangmemilikimotivasibelajarsedangdanrendah.Sedangkandiketahuibahwa(0%)siswaSMKNegeri2Malangberasaldarikeluargabrokenhomeyangmemilikimotivasibelajarsangattinggi(165%)memilikimotivasibelajartinggi(835%)siswamemilikimotivasibelajarsedangdansiswayangmemilikimotivasibelajarrendahadalah0%.HasilanalisisUji-tdiperoleh(t-value)sebesar30796dengankoefisienprobabilitasnya(P)0000.Jika(P)dari005makaHipotesisNihil(Ho)ditolakdanHipotesisAlternatif(Ha)diterimasedangkanjika(P)005makaHipotesisNihil(Ho)diterimadanHipotesisAlternatif(Ha)ditolak.Hasilpenelitianmenunjukkan(P)0000005sehinggaHoditolakdanHaditerima.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanmotivasibelajarsiswayangberasaldarikeluargautuhdengansiswayangberasaldarikeluargabrokenhomediSMKNegeri2Malang.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutpenulismengemukakanbeberapasarankepada(1)KepalaSekolahsebagaibahaninformasidalamusahasekolahuntukmeningkatkankerjasamasekolahdenganorangtuasiswauntukmenciptakansuasanayangmendukungmotivasibelajarsiswa(2)KonselordiharapkankepadakonselorlebihmeningkatkanperannyadalammemotivasisiswaSMKNegeri2Malangyangmemilikimotivasibelajarsedangdenganupayamemberikanbimbinganbelajarsehinggasiswadapatmemilikimotivasibelajaryangsamadengansiswayanglainnya.Sedangkanpadasiswayangsudahmemilikimotivasibelajaryangsudahoptimalmakakonselordapatmembantudanmeningkatkanlagimotivasibelajarsiswa(3)Gurudiharapkankepadagurudapatmengertiakansiswayangmemilikimotivasibelajarsedangdenganmembantudanmeningkatkansemangatpadaanakdengancaramemberikanbantuandalamhalprosesbelajaryanglebihaktifantaragurudansiswa(4)OrangTuadiharapkankepadaorangtualebihmeningkatkanperhatiandanbimbinganterhadapanak-anaknyaagardapatmembantuanaksupayalebihmeningkatkanmotivasibelajar(5)Siswadiharapkankepadasiswayangmemilikimotivasibelajarsedanglebihberusahadanjanganragudalammeningkatkanmotivasibelajarnyaagartidakterjadidampakyangnegatifantarasiswayangsatudenganyanglainnya.Bagisiswayangmemilikimotivasibelajartinggidaharapkansiswadapatkembalimeningkatkanmotivasibelajarnyaagarsiswamampubersaingdalammeraihprestasiyangbaik(6)PenelitiLanjutanpenelitianmengenaiperbedaansiswadenganmelihatdarikeadaanlatarbelakangkeluargadiMalangmasihjarangdilakukansehinggabagiparapenelitiyangtertarikuntukmelakukanpenelitianlanjutanhendaknyamemperluasruanglingkuppenelitianmencarihubunganantaralatarbelakangkeadaankeluargadanfaktor-faktoryangmempengaruhinyasertamenelitisekolahyangmemilikilatarbelakangberbedasepertiSMAMANatauSMK.