Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar SMP kelas VIII / Puspita Ratnasari
Main Author: | Ratnasari, Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16009/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRatnasariPuspita.2016.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)DenganPendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)PadaMateriBangunRuangSisiDatarSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.Pd.KataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)pendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)bangunruangsisidatar.SumberbelajarberupaLKSyangtidakkonstruktivismasihditemuidalampembelajarandisekolah.LKStersebuthanyamemuatrumusdanlatihansoalsaja.LKStersebutjugabelummemuattahapanuntukmenuntunsiswamenemukankonsepmateri.Berdasarkanhasilwawancarajugadiketahuibahwamasihbanyaksiswayangbelummemahamikonsepbangunruangsisidatar.OlehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanLKSdenganpendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)padamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPkelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahhasilmodifikasidarimodelPlomp(Hobri201017)yangterdiridariempatfaseyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksiserta(4)fasetesevaluasidanrevisi.Padapenelitianinidilakukanujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehduavalidatoryaknisatuorangdosenmatematikadansatuoranggurumatematika.SetelahLKSdinyatakanvalidkemudiandilakukanujicobalapanganterhadapLKSuntukmengetahuikepraktisandankeefektifanLKS.Ujicobalapangandilakukanpada32siswaSMPkelasVIIIsebagaisubjekujicoba.Hasilujikepraktisandidapatdarinilairata-ratalembarpengamatanaktivitassiswadanguru.Hasilujikeefektifandidapatdaripersentasesiswayangmemperolehnilairata-ratatesdiatas80(diatasSKM)danyangmemberikanresponpositif.BerdasarkanhasilanalisisdatadidapatkannilaihasilujikevalidandankepraktisanLKSsecaraberturut-turutadalah357dan353dengannilaimaksimalnyaadalah4.Persentasesiswayangmemperolehnilairata-ratadiatas80(diatasSKM)adalah9062%danyangmemberikanresponpositifadalah9062%.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.