Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar SMP kelas VIII / Puspita Ratnasari

Main Author: Ratnasari, Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16009/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRatnasariPuspita.2016.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)DenganPendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)PadaMateriBangunRuangSisiDatarSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.Pd.KataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)pendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)bangunruangsisidatar.SumberbelajarberupaLKSyangtidakkonstruktivismasihditemuidalampembelajarandisekolah.LKStersebuthanyamemuatrumusdanlatihansoalsaja.LKStersebutjugabelummemuattahapanuntukmenuntunsiswamenemukankonsepmateri.Berdasarkanhasilwawancarajugadiketahuibahwamasihbanyaksiswayangbelummemahamikonsepbangunruangsisidatar.OlehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanLKSdenganpendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)padamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPkelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahhasilmodifikasidarimodelPlomp(Hobri201017)yangterdiridariempatfaseyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksiserta(4)fasetesevaluasidanrevisi.Padapenelitianinidilakukanujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehduavalidatoryaknisatuorangdosenmatematikadansatuoranggurumatematika.SetelahLKSdinyatakanvalidkemudiandilakukanujicobalapanganterhadapLKSuntukmengetahuikepraktisandankeefektifanLKS.Ujicobalapangandilakukanpada32siswaSMPkelasVIIIsebagaisubjekujicoba.Hasilujikepraktisandidapatdarinilairata-ratalembarpengamatanaktivitassiswadanguru.Hasilujikeefektifandidapatdaripersentasesiswayangmemperolehnilairata-ratatesdiatas80(diatasSKM)danyangmemberikanresponpositif.BerdasarkanhasilanalisisdatadidapatkannilaihasilujikevalidandankepraktisanLKSsecaraberturut-turutadalah357dan353dengannilaimaksimalnyaadalah4.Persentasesiswayangmemperolehnilairata-ratadiatas80(diatasSKM)adalah9062%danyangmemberikanresponpositifadalah9062%.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.