Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Khusnul Latifa
Main Author: | Latifa, Khusnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16008/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLatifaKhusnul.2016.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)BerbasisPendekatanSaintifikpadaPokokBahasanTransformasiuntukSiswaSMPKelasVII.Skripsi.JurusanMatematika.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.TotoNusantaraM.Si.KataKuncilembarkegiatansiswapendekatansaintifiktransformasiSumberbelajardapatdimanfaatkangurudalamprosespembelajaran.Salahsatusumberbelajaryangdapatdigunakanadalahlembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifik.Denganmenggunakanlembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikdiharapkansiswadapatmenemukansuatukonsepmateriyangdipelajari.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanlembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasantransformasiuntuksiswaSMPkelasVIIyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembangandarilembarkegiatansiswainiadalahmodelpengembanganPlompdenganmodifikasi(Hobri2010).Datahasilvalidasilembarkegiatansiswadiperolehdaripenilaianvalidatorahlidanpraktisiterhadapprodukpengembanganyangtelahdisusun.BerdasarkananalisisdatahasilvalidasidiperolehpenilaianvaliditasRencanaPelaksanaanPembelajaranV_a3.PenilaianvaliditaslembartesdiperolehV_a316danpenilaianvaliditaslembarkegiatansiswadiperolehV_a311.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwalembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasantransformasidinyatakanvalid.Datahasilujikepraktisanlembarkegiatansiswadiperolehdariresponsiswasebagaisubjekujicobalapanganterhadaplembarkegiatansiswadanpenilaianobserverterhadapkesesuaiankegiatansiswadengankegiatanpadalembarkegiatansiswa.BerdasarkananalisisdataujikepraktisandiperolehpenilaianresponsiswaterhadaplembarkegiatansiswaRT34dandarilembarobservasidiperolehRT35.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwalembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasantransformasidinyatakanpraktis.Datahasilujikeefektifandiperolehdarihasiltesevaluasibelajarsubjekujicobalapangan.Berdasarkananalisisdatahasiltesevaluasibelajarsiswadapatdiketahuibahwanilaireratanyaadalah878yangberartimemenuhiSKMyaitu75.Sehinggadapatdinyatakanbahwalembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasantransformasiefektifuntukdigunakan.