Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Khusnul Latifa

Main Author: Latifa, Khusnul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16008/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLatifaKhusnul.2016.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)BerbasisPendekatanSaintifikpadaPokokBahasanTransformasiuntukSiswaSMPKelasVII.Skripsi.JurusanMatematika.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.TotoNusantaraM.Si.KataKuncilembarkegiatansiswapendekatansaintifiktransformasiSumberbelajardapatdimanfaatkangurudalamprosespembelajaran.Salahsatusumberbelajaryangdapatdigunakanadalahlembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifik.Denganmenggunakanlembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikdiharapkansiswadapatmenemukansuatukonsepmateriyangdipelajari.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanlembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasantransformasiuntuksiswaSMPkelasVIIyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembangandarilembarkegiatansiswainiadalahmodelpengembanganPlompdenganmodifikasi(Hobri2010).Datahasilvalidasilembarkegiatansiswadiperolehdaripenilaianvalidatorahlidanpraktisiterhadapprodukpengembanganyangtelahdisusun.BerdasarkananalisisdatahasilvalidasidiperolehpenilaianvaliditasRencanaPelaksanaanPembelajaranV_a3.PenilaianvaliditaslembartesdiperolehV_a316danpenilaianvaliditaslembarkegiatansiswadiperolehV_a311.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwalembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasantransformasidinyatakanvalid.Datahasilujikepraktisanlembarkegiatansiswadiperolehdariresponsiswasebagaisubjekujicobalapanganterhadaplembarkegiatansiswadanpenilaianobserverterhadapkesesuaiankegiatansiswadengankegiatanpadalembarkegiatansiswa.BerdasarkananalisisdataujikepraktisandiperolehpenilaianresponsiswaterhadaplembarkegiatansiswaRT34dandarilembarobservasidiperolehRT35.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwalembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasantransformasidinyatakanpraktis.Datahasilujikeefektifandiperolehdarihasiltesevaluasibelajarsubjekujicobalapangan.Berdasarkananalisisdatahasiltesevaluasibelajarsiswadapatdiketahuibahwanilaireratanyaadalah878yangberartimemenuhiSKMyaitu75.Sehinggadapatdinyatakanbahwalembarkegiatansiswaberbasispendekatansaintifikpadapokokbahasantransformasiefektifuntukdigunakan.